20/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Tips Mudah Memilih Cincin Kawin yang Tepat

3 min read

Tips Mudah Memilih Cincin Kawin yang Tepat

Cincin kawin merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah pernikahan. Selain simbol cinta, cincin kawin juga menjadi pengikat antar suami dan istri nantinya. Oleh sebab itu, memilih cincin pernikahan tak boleh sembarangan.

Berikut ini beberapa hal yang patut kamu pertimbangkan sebelum membeli cincin kawin agar sesuai kepribadian dan juga bujet yang dimiliki dan simak cara mudah memilih cincin kawin yang tepat berikut ini.

1. Persempit pemilihan model dan desain dari cincin kawin

Memang sih, model cincin kawin yang beragam pasti membuatmu bingung dan pusing untuk memilih. Rasanya ingin sekali memiliki semuanya. Tapi rasa itu justru yang patut dihilangkan.

Sebelum hendak membeli, tips yang pertama harus kamu lakukan adalah untuk mempersempit pilihan model dan desain dari cincin nikah yang kamu inginkan. Pikirkan dengan baik, model cincin pernikahan seperti apa yang benar-benar kamu inginkan.

Kamu bisa memulai dengan memilih bahan dasar apa yang kamu inginkan, model cincin nikah simpel atau unik dan mewah, hingga ornamen-ornamen yang diinginkan. Dengan menentukan aspek-aspek tersebut kamu pasti berhasil mempersempit pilihan cincin pernikahan. Seperti yang ada di website Adelle Jewellery.

2. Tentukan bujet sebelum membeli cincin kawin

Sebelum memilih model cincin emas pernikahan, hal petama yang harus kamu lakukan ialah menentukan bujet untuk sepasang cincin pernikahan. Langkah awal ini akan membantu kamu untuk menjalankan langkah-langkah berikutnya. Bujet untuk pembelian cincin kawin harus masuk akal.

Bujet terendah harus disesuaikan dengan harga pasaran terendah. Dengan begitu, meskipun bujet yang disisihkan untuk cincin pernikahan tidak begitu besar, kamu tetap bisa memperoleh cincin yang pantas. Saat menentukan bujet masukan juga biaya-biaya tambahan lain, seperti biaya grafir dan ongkos kirim.

3. Mulai mencari dari jauh-jauh hari

Memang saking banyaknya yang harus diurus menjelang pernikahan, memilih cincin kawin jadi suka terselip. Beberapa pasangan pun berpikiran bahwa cincin kawin bisa dibeli dadakan. Padahal sebaiknya kamu mulai mencari cincin kawin dari jauh-jauh hari.

Jika kamu sudah memiliki bayangan cincin kawin seperti apa yang kamu inginkan, mulailah survei untuk menentukan toko yang menyediakan cincin emas pernikahan impianmu. Semakin lama waktu yang dipersiapkan dalam pemilihan, kamu jadi bisa membandingkan harga dari toko yang satu ke toko yang lain.

Selain itu jika ingin membuat cincin pernikahan yang didesain sendiri pasti membutuhkan waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Jadi kalau kamu memulai proses pencarian cincin kawin lebih awal pasti akan lebih aman untuk hal ini, jadi tidak takut cincin kawin telah, deh!

4. Pilih bahan dasar cincin pernikahan

Umumnya cincin pernikahan terbuat dari emas. Besar kecilnya kadar emas pada cincin pernikahan pun akan memengaruhi harga emas per gram. Namun, kamu pun dapat meyesuaikan dengan bujet yang dimiliki.

Untuk harga cincin kawin yang lebih murah kamu dapat memili jenis bahan perak, platinum, palladium. Besaran gramasi dari bahan-bahan tersebut juga akan memengaruhi harganya. Cincin emas pernikahan dengan lingkar yang lebih tipis akan lebih murah dibanding cincin dengan lingkar besar.

5. Model cincin tunangan bisa menjadi pertimbangan

Ada beberapa pasangan yang memilih cincin nikah hanya melanjutkan dari cincin tunangan saja. Tapi tentu saja ditambahkan beberapa ornamen agar tampak lebih elegan. Kalau kamu ingin mengikuti cara ini, yang harus kamu lakukan adalah mempertimbangkan pemilihan cincin tunangan pada awal membeli.

Pastikan cincin tunangan tersebut bisa diberikan ornamen kembali ketika dijadikan cincin pernikahan. Dengan begitu kamu hanya perlu memikirkan untuk memilih ornamen yang tepat.

Selain itu, jika ingin mengenakan cincin baru saat pernikahan nanti, kamu bisa memilih cincin kawin yang memiliki model senada dengan cincin tunanganmu. Sehingga lebih mudah, kan?

6. Pilih cincin nikah sesuai karakter

Menentukan model cincin pernikahan memang tahapan yang paling sulit. Meski banyak cincin kawin bagus yang kamu temukan, akan lebih baik lagi jika kamu dapat memilih model yang sesuai dengan kepribadianmu dan pasangan.

7. Pemilihan logam cincin yang berbeda itu tidak apa-apa, lho!

Terkadang ketika memilih model cincin nikah, kamu dan pasangan bisa berbeda pendapat. Kamu menginginkan cincin kawin emas kuning, sedangkan pasanganmu menginginkan cincin kawin emas putih. Tenang saja hal itu biasa terjadi, kok.

Kamu juga bisa memilih cincin pernikahan dengan logam berbeda dengan pasanganmu. Malah hal ini akan terasa lebih personal. Yang harus kamu lakukan adalah mencari benang merah dari cincin nikah pilihanmu tersebut.

Karena logam yang sudah berbeda, kamu bisa memilih ornamen yang senada. Atau kamu bisa mencoba cara penggabungan emas putih dan emas kuning dalam satu cincin kawin. Misalnya kamu memilih emas kuning, berikan sentuhan emas putih pada cincinmu, begitu pun sebaliknya pada cincin pernikahan pasanganmu.