24/07/2021

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Tips Mengatasi Pegal Di Leher Saat Melakukan Aktivitas

Pegal Di Leher

Banyak aktivitas yang bisa membuat Anda berasa nyeri dan pegal di leher. Aktivitas yang tidak disertai olahraga yang teratur dan kurang gerak saat bekerja membuat Anda rawan alami nyeri dan pegal pada bagian leher.

Bekerja didepan layar komputer atau laptop biasanya yang sering di serang nyeri pada bagian leher atau tengeng, terlalu banyak bermain hp pun juga sangat bisa menyebabkan sakit dileher. Ini disebabkan kepala kita yang terlalu lama menunduk melihat layar handphone.

Bisa juga disebabkan karena posisi salah saat tidur dimalam hari, ini juga yang sering dikeluhkan para pengguna layanan pijat panggilan Surabaya kata salah satu terapisnya. Posisi tidur yang tidak benar juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Seperti sakit punggung dan pinggang.

Tetapi, biasanya ada banyak hal yang bisa Anda kerjakan untuk menangani rasa pegal dan ngilu itu. Apa sich? Berikut panduan yang bisa Anda pakai sebagai penurun rasa nyeri dan pegal pada bagian leher:

Pegal Di Leher

Tips Mengatasi Saat Mengalami Pegal di Leher

1. Buat pergerakan yang melenturkan tubuh

Hal simpel yang bisa Anda kerjakan adalah dengan lakukan pengenduran hingga badan lebih terasa santai. Tempatkan ke-2 tangan Anda ada di belakang punggung, pegang ke-2 tangan Anda. Lantas angkat sampai otot-otot pundak ketarik. Tahan sepanjang beberapa menit, rilekskan badan, dan ulangi kembali sesering mungkin sampai badan Anda berasa semakin nyaman dan rileks.

2. Tidur dengan bantal yang tidak begitu tinggi

Kadang posisi tidur jadi salah satu pemicunya leher terasa pegal dan ngilu. Coba tidur dengan 1 bantal saja dan tidak begitu tinggi jika rasa nyeri dan pegal di leher masih terasa.

3. Kompres sama air hangat atau air es

Langkah ini bisa juga Anda pakai di dalam rumah. Anda dapat memakai handuk yang telah direndam di air hangat lalu dikompreskan di leher yang pegal atau nyeri. Langkah ini akan membuat aliran darah lebih lancar. Alternative yang lain dengan memakai air es. Anda dapat coba ke-2 nya untuk cari tahu yang mana paling cocok.

4. Kerjakan olahraga leher

Memutar leher Anda searah jarum jam 7-8 kali. Lantas ulang dengan arah yang sebaliknya dengan arah jarum jam. Ambil napas saat putar leher ke atas dan embuskan saat leher memutar ke bawah. Kerjakan perlahan-lahan saja karena tujuannya ialah membuat otot leher lebih santai dan tidak membuat semakin depresi.

5. Pijat

Bila memang susah untuk dilaksanakan dan pegal masih di rasa, meminta rekan atau famili untuk memijat Anda. Pijatlah dimulai dari otot pada bagian bawah tengkorak kepala sampai ke punggung dan pundak. Karena pijatan akan membuat otot-otot Anda kembali santai dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Itulah beberapa tips jika Anda mengalami rasa nyeri dan pegal di leher, Anda bisa melakukanya jika leher mulai terasa kaku dan tegang. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

(di ambil dari berbagai sumber)