Tips Memulai Bisnis Dimasa Pandemi

Di pertengahan tahun 2020 lalu, pertumbuhan ekonomi sempat mengalami penurunan, bahkan hingga mencapai minus. Pemerintah pun terus berupaya untuk mengatasi dampak buruk dari penyebaran virus Covid-19 ini. Salah satunya adalah dengan memberikan subsidi gaji untuk beberapa karyawan yang namanya terdaftar di BPJS ketenagakerjaan dengan kriteria tertentu.

Tips Mulai Bisnis di Masa Pandemi

Namun, disisi lain, para pengusaha harus memutar otak agar bisnisnya tetap berjalan. Mengingat, ada beberapa sektor usaha yang menanggung kerugian cukup besar akibat Covid-19 ini. Meski demikian, ada banyak inovasi yang bisa kamu lakukan agar bisnismu tetaap berjalan. Berikut ini ada beberapa tips memulai bisnis di tengah masa pandemi.

Menentukan Media Jualan yang Tepat

Meskipun memang memulai bisnis di masa sulit seperti saat ini terasa berat, namun kamu tetap bisa melakukannya dengan mudah. Caranya, tentukan dan rencanaka media penjualan apa yang akan kamu gunakan nantinya. Dimasa seperti saat ini, yang lebih baik adalah memilih penjualan digital. Namun, persiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Pertimbankan Peluang Pasar

Tips kedua yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis di masa pandemi adalah dengan mempertimbangkan peluang pasar. Kamu harus bisa melihat apa yang saat ini sedang diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat di masa pandemi ini.

Kamu bisa mencoba bejualan jamu, obat herbal, makanan atau minuman sehat yang tentunya sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Hal ini tentu bisa menjadi peluang baru untuk kamu memulai bisnis.

Jadilah Poraktif

Tips yang tak kalah penting dalam memulai sebuah bisnis ditengah masa pandemi seperti saat ini adalah menjadi proaktif. Ketika kamu sudah mempersiapkan media pmasaran dengan matang, dan sudah memahami peluang pasar dengan baik, maka usahakan untuk tetap proaktif.

Untuk rekomendasi bisnis yang bisa kamu coba ditengah masa pandemi ini diantaranya adalah menawarkan pelayanan kebersihan, layanan antar jemput, persewaan alat olahraga maupun membuat kelas olahraga, bahkan kamu juga bisa membuka bisnis masker yang tentunya menjadi bahana pokok yang banyak dibutuhkan masyarakat di masa pandemi ini.

Kumpulan Berita dan Informasi untuk Warganet dapat kamu akses di Berita Warganet.