22/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Tips Memilih Water Heater Yang Tepat Untuk Kalian

3 min read

Tips Memilih Water Heater Yang Tepat Untuk Kalian

Water heater sekarang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia ,bahkan sampai masyarakat luar negeri pun menggunakan alat tersebut. Alat tersebut memiliki banyak merek di dunia ini termasuk Indonesia ,selanjutnya water heater juga memiliki beberapa jenisnya yang ada . Nah Water Heater ini berfungsi sebagai pemanas air yang bisa memudahkan kita saat akan mandi menggunakan air hangat . Kalian pasti bingung mau pilih water heater yang mana ,nah sebelum membeli kalian harus mengecek tips untuk memilih water heater yang tepat bagi kalian .

Water Heater atau pemanas air adalah salah satu peralatan kamar mandi yang biasa ditemui. Baik di kamar mandi utama ataupun kamar mandi tamu. Kehadiran water heater memudahkan kita karena tidak perlu lagi merebus air ketika akan mandi ataupun kebutuhan lainnya.

Sama seperti yang barang yang lainnya , Kalian jangan sampai asal saat memilih water heater nantinya bisa saja itu abal abal atau biasa disebut barang kw .Nantinya sama saja buang buang uang dan itu tidak baik .Nah apa saja sih tips untuk memiilih water heater yang tepat ? yuk kia simak tips memilih water heater..

1.Menentukan Jenis Water Heater

Pertama yang harus kita pertimbangkan adalah menentukan jenisnya yang memang sesuai kebutuhan. Water heater sendiri tersedia dalam beberapa jenis, yaitu water heater tanpa tabung, solar water heater, gas water heater, Water Heater Listrik dan tak lupa ada water heater tabung. Nah kalian harus memilih jenis tersebut sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan memiliki kualitas yang bagus .

2.Ukuran Water Heater

Yang Kedua adalah mengetahui ukuran water heater yang akan digunakan karena Bukan rahasia lagi pastinya jika ukuran antara satu tangki water heater dengan lainnya berbeda-beda dan kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Jangan sampai kita salah memilih tangki water heater yang terlalu besar karena waktu mengisi tangkinya pun akan semakin lama.Misalnya saja kita bisa memilih tangki 15 liter untuk rumah yang dihuni dua orang. Sebaiknya kita memilih tangki water heater yang berukuran lebih besar seperti 30 liter untuk rumah yang dihuni 3 sampai 4 orang.

3.Mempertimbangkan Sistem Keamanan

Selanjutnya adalah yang ketiga yaitu mempertimbangkan system keamanan pada water heater , Sistem keamanan pun juga perlu dipertimbangkan dalam tips membeli water heater berikutnya. Seperti water heater yang aman untuk ibu hamil ataupun anak kecil. Sebaiknya kita juga memilih water heater yang memiliki sistem keamanan berlapis untuk meminimalisir terjadinya kebocoran gas.

4.Pilih Water Heater Yang Bergaransi

Yang ke empat adalah Memastikan adanya garansi produk itu memang penting sehingga kita bisa menukarkan produk tanpa biaya tambahan apapun apabila ada kecatatan produk. Biasanya water heater yang sudah memiliki garansi pun daya tahannya bisa lama, bahkan bisa sepuluh tahun lebih.Selain itu, kita juga bisa melakukan service tanpa dikenakan biaya apapun lho apabila garansi masih berlaku.

5.Perhatikan Istalasi Pipa di Rumah

Yang kelima ,kalian harus memperhatikan instalasi pipa di rumah kalian . Karena meskipun kelihatannya sepele, instalasi pipa yang asal-asalan juga akan memengaruhi kelancaran water heater ketika bekerja lho! Maka itu, pastikan terdapat dua instalasi pipa, yaitu pipa air panas dan air dingin. Sehingga aliran air di water heater pun juga berbeda.Sebaiknya kita juga meletakkan water heater berdekatan dengan shower sehingga jalannya air ke water heater pun bisa lebih cepat.

6.Pertimbangkan Daya Listrik di Rumah

Nah yang terakhir ini jangan sampai kalian lupa saat akan membeli water heater adalah besarnya daya listrik yang digunakan di rumah kita. Biasanya water heater membutuhkan daya sebesar 350 Watt dan bisa lebih besar lagi, tergantung pada ukuran water heater tersebut. Pastikan agar jangan sampai penggunaan water heater mengganggu aktivitas lainnya.

Dari 6 tips di atas kalian bisa gunakan saat akan membeli water heater kalian bisa memilihnya dengan tepat tanpa harus membuang uang karena salah dalam memilih water heater yang tepat. Nah itu dia bebrapa tips yang  bisa kalian gunakan semoga dengan tips tersebut kalian bisa menggunakan untuk memilih water heater dengan tepat . Semoga bermanfaat .

Baca Juga : Handal Water Heater