Tips Memilih Calon Suami Sesuai Syariat Islam

Memiliki pasangan yang soleh adalah impian banyak kaum hawa. Apalagi mereka  yang usianya sudah mendekati angka 30-an. Menemukan pasangan menjadi harapan yang sangat di inginkan.

Hanya saja, kadang mendapatkan pasangan yang sesuai harapan itu terkesan agak tricky. Apalagi jika kita memiliki syarat-syarat yang cukup sulit untuk dipenuhi.

Tapi, Islam sebagai agama yang  sempurna sudah menuntun kita bagaimana caranya memilih pasangan yang benar menurut agama.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi pada anda. Bagaimana cara menemukan pasangan yang sesuai harapan dan sesuai dengan panduan agama.

Yuk kita bahas sama-sama

Beragama Islam

Sebagai seorang muslimah, kriteria yang paling penting menurut agama adalah mereka harus memeluk agama islam. Tidak diperkenan seorang muslimah menikah dengan pria yang berbeda agama, walaupun sudah cocok dari sisi kriteria yang lain.

Ini menjadi sangat penting karena ada larangannya di dalam Al Quran.

Taat Beragama

Kriteria yang kedua haruslah orang yang tahu agama dan taat menjalan segala perintah agama. Ini juga tidak kalah penting dan krusialnya.

Bagaimana tidak, jika seorang pria berani mengabaikan perintah agama yang notabenenya adalah perintah Allah maka sangat mungkin ia akan mengabaikan pasangannya juga.

Itulah mengapa seorang wanita disarankan untuk menikah dengan pasangan yang benar-benar paham agama dan mau menjalankan syariatnya.

Ini adalah salah satu probelum yang banyak dihadapi rumah tangga saat ini.

Jika teman-teman sering menyaksikan orang melakukan akad nikah, biasanya penghulu nikah juga memberikan nasehat yang kurang lebih sama dengan hal diatas.

Kecuali penghulu nikahnya belum berpengalaman, mungkin akan kelupaan. Soalnya saat ini banyak jasa penghulu nikah yang kurang kompeten dalam menangani akad nikah.

Menjauhi Kemaksiatan

Sebagai seorang muslimah tentunya kita berharap pasangan kita kelak adalah orang yang jauh dari maksiat. Karena jika itu tidak menjadi syarat bagi kita, maka suatu saat kita akan terjerembab pada lembah yang sama dengan pasangan.

Pastikan pasangan anda tidak terbiasa melakukan kemaksiatan. Walaupun akhirnya mereka harus memadu kita, itu jauh lebih baik dibandingkan dengan berzina.

Berasal Dari Keluarga Yang Baik

Ya, kita juga ingin pasangan kita berasal dari keluarga yang baik-baik.

Karena pada dasarnya ketika kita menikah, yang menikah itu tidak kita saja. Tapi juga keluarga besar kita. Mereka akan memiliki pengaruh yang sangat besar pada keluarga kita nantinya.

Itulah mengapa kita disarankan untuk menikah dengan orang yang keluarganya baik. Jangan sampai anda terjebak pada keluarga yang memiliki latar belakang tidak biak.

Masih banyak kriteria memilih pasangan soleh bagi seorang wanita. Namun, beberapa kriteria diatas adalah kriteria yang sangat krusia dan harus menjadi patokan.