23/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Tips Haji Plus agar Ibadah jadi Khidmat

3 min read
Tips Haji Plus agar Ibadah jadi Khidmat

Haji plus menjadi salah satu opsi pemberangkatan ibadah haji, yang merupakan salah satu rukun Islam. Ibadah haji dilaksanakan di tanah suci Mekah dan Madinah, sehingga perlu berbagai persiapan maupun adaptasi agar ibadah haji menjadi khusyu, dibawah ini adalah tips dan trik agar ibadah haji di tanah suci menjadi nyaman dan khidmat.

Memahami Tata Cara dan Rukun Ibadah Haji

Ibadah haji plus yang dilakukan akan menjadi lebih nyaman, apabila jamaah telah memahami tata cara dan rukun pelaksanaan haji secara baik. Meskipun nantinya ibadah akan dibimbing oleh seorang pemandu.

Namun memahami sendiri semua rukun haji beserta tata caranya akan membuat ibadah lebih terfokus. Jiwa yang fokus terhadap ibadah akan menjadikan prosesi ibadah menjadi khusyu dan khidmat.

Anda dapat mencari berbagai pengetahuan umum seputar haji melalui persiapan haji di daerah, hingga membaca buku dan sumber online terpercaya.

Melakukan Antisipasi Terhadap Cuaca Panas

Sebagian besar proses ibadah haji dilakukan di luar ruangan, baik di Mekah maupun Madinah. Hal ini mengakibatkan jamaah haji rawan mengalami kelelahan akibat suhu tinggi. Hal ini dapat diantisipasi dengan beberapa cara.

Pertama adalah mengusahakan untuk menghindari dari sinar matahari langsung, baik menggunakan payung atau topi apabila diperbolehkan. Kedua perbanyak asupan air, baik air putih, jus atau apapun namun yang dianjurkan adalah air Zam-Zam.

Ketiga lakukan ibadah sesuai kapasitas, dalam kata lain jangan memaksakan diri. Meskipun ibadah haji adalah moment yang sangat penting dalam hidup, namun menjaga kondisi agar dapat melalui seluruh rukun haji juga hal yang penting.

Terakhir konsumsi berbagai vitamin dan suplemen yang dianjurkan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari dehidrasi.

Selalu Bersikap Sabar dan Tawadhu

Selama pelaksanaan haji plus akan selalu terjadi berbagai dinamika, baik dari perilaku jamaah lain, pihak panitia penyelenggara maupun dari cuaca yang asing bagi tubuh. Berbagai ketidaksempurnaan akan mengiringi sejak keberangkatan di tanah air.

Maka dari itu diperlukan banyak kesabaran terutama ketika berada di tanah suci, sebab kunci utama dari ibadah adalah fokus menyerahkan diri kepada sang Pencipta.

Memperhatikan Asupan Makanan

Untuk melakukan aktivitas ibadah haji di tanah suci, diperlukan keadaan fisik yang sehat dan optimal. Dianjurkan untuk menjaga asupan karbohidrat dan protein seimbang.

Sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi buah dan sayur, serta memperbanyak asupan air putih, diutamakan Zam-Zam.

Perlu diperhatikan juga agar jamaah tidak sampai terlambat mengkonsumsi makanan, karena jika sering dilakukan akan membawa dampak negatif bagi tubuh.

Minum Air Sesering Mungkin

Cuaca Arab Saudi yang relatif lebih panas dari Indonesia membuat tubuh dipaksa menyesuaikan diri. Diperlukan asupan air berlebih untuk mengatasi panas berlebih pada tubuh.

Sehingga jamaah haji plus dianjurkan untuk mempersering minum air putih terutama Zam-Zam. Konsumsi air Zam-Zam selain membawa manfaat bagi kesehatan tubuh, juga dapat diharapkan keberkahannya agar ibadah menjadi semakin khusyu.

Menggunakan Alas Kaki yang Sesuai dan Nyaman

Berbagai prosesi ibadah haji melibatkan aktivitas berjalan kaki yang cukup panjang, sehingga memperhatikan penggunaan alas kaki untuk melindungi kaki adalah hal yang penting.

Usahakan untuk mengenakan alas kaki yang memiliki bantalan empuk, dengan ukuran yang sesuai kaki Anda. gunakan pula pelembab pada bagian telapak kaki, untuk mengurangi efek gesekan dan juga kulit kering.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Kondisi alam yang sangat berbeda dengan Indonesia membuat tubuh bereaksi tidak seperti biasa, dalam beberapa kondisi tubuh sangat mudah terserang penyakit.

Maka dari itu selalu siapkan obat-obatan pribadi setiap saat bepergian, terutama jika jamaah mempunyai riwayat gangguan kesehatan tertentu.

Semua upaya diatas semata untuk menciptakan ibadah haji plus yang nyaman. Jika ibadah dilakukan dengan nyaman, maka jiwa akan dipenuhi ketenangan dan terfokus untuk berserah diri kepada sang Khaliq, sehingga ibadah haji akan menjadi khidmat.