18/05/2021

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Tips Menjadi Desainer Grafis Pro Hanya Dalam Semalam!

Tips Menjadi Desainer Grafis Pro

Tips Menjadi Desainer Grafis Pro Hanya Dalam Semalam! – Era digital ini menjadi desainer grafis merupakan sebuah keunggulan dan keuntungan tersendiri. Bukan hanya menarik, tapi kebutuhan pasar akan desainer grafis juga melimpah ruah. Pastinya Anda ingin menjadi seorang desainer juga, kan?

Nah, daripada bingung, simak penjelasan singkat berikut yuk. Berikut ini tips menjadi desainer grafis pro hanya dalam semalam!

Tips Menjadi Desainer Grafis Pro

1. Pemilihan font

Dalam desain grafis, pemilihan font sangat berpengaruh terhadap desain yang di hasilkan. Penggunaan font yang baik dan benar tentu akan memberikan sebuah gambaran dari pesan yang di sampaikan dalam desain yang sudah dibuat. Banyak sekali jenis font yang bisa Anda unduh secara gratis melalui google font, atau situs penyedia lainnya. Font akan sangat mempengaruhi kenyamanan pembaca/audience dalam menikmati hasil karya desain yang dibuat.

2. Pemilihan Warna

Kemudian yang kedua, pemilihan warna. Pemilihan warna juga sangat mempengaruhi kesan desain yang akan disampaikan. Penggunaan warna yang ngawur, pastinya akan sangat memperburuk citra desain yang dibuat.  Gunakan elemen warna yang harmonis dan saling berkolaborasi dengan font, typography, dll. Jika Anda masih bingung memberikan nuansa warna, Anda bisa mencari berbagai jenis referensi di situs penyedia seperti coolors.co.

Baca Juga : 17 Keuntungan Menjadi Desainer Grafis [Terlengkap!]

3. Pemakaian Ilustrasi dan Icon

Selanjutnya adalah penggunaan ilustrasi dan Icon pada desain kita. Penggunaan ilustrasi, gambar, dan icon juga banyak mengundang perhatian para audience pada desain kita. Penggunaan ilustrasi dan icon, selain akan mempercantik desain, juga akan memperindah desain yang Anda buat lho! Gunakan asset gambar yang banyak sekali beredar di situs penyedia gamabr seperti freepik.com, vectorstock.com, atau yang lainnya.

4. Pengaturan Highlight gambar

Hal yang penting untuk menjadikan Anda desainer pro selanjutnya adalah pengaturan highlight.  Highlight tak akalah penting dengan elemen lain. Highlight biasanya digunakan untuk mengatur kadar gelap dan terang dalam suatu desain. Seperti pemilihan saturation, brightness, contrast yang benar, sehingga dapat membuat desain yang diciptakan menjadi lebih keren dan profesional. Highlight perlu Anda atur dan konfigurasi agar gambar atau desain yang dihasilkan bisa lebih  bak dan seimbang (balance).

5. Layout pada Desain

Hal yang penting terakhir dan tak kalah penting lainnya adalah pengaturan layout. Pengaturan layout pada desain akan memberikan kesan baik dan enak dipandang oleh audience. Desain dibuat tentu agar bisa dinikmati banyak orang. Maka dari itu, pengaturan layout menjadi poin penting yang harus diusahakan. Anda bisa mengatur pengaturan layout seperti kerapatan gambar pada desain, komposisi, tata letak, dan kombinasi yang dibuat sehingga menghasilkan desain yang elegan dan proposional.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk bisa menjadi desainer hingga menjadi pro.

Semoga bermanfaat ya !

Share jika membantu.