Tips dan Cara Berjualan Thrift Shop Untuk Pemula

Tahukah Kamu bagaimana cara jualan Thrift Shop? Tetapi awalnya, apakah itu Thrift Shop? Ya, Kamu barangkali sempat dengar pemasaran barang sisa, pemasaran produk berikut yang diberi nama sebagai Thrift Shop atau thrift toko. Jika Kamu ingin mengawali sebuah usaha, karena itu usaha ini dapat menjadi satu diantara opsi usaha modern untuk golongan milenial. Usaha yang tidak perlu modal besar, tetapi dapat hasilkan keuntungan yang banyak.

Umumnya beberapa produk yang dipasarkan dalam usaha thrift shop sendiri ialah produk beka syang masih pantas gunakan, dengan demikian selainnya harga dapat dijangkau, masih tetap menjaga kwalitasnya. Banyak konsumen yang berasa tertarik sama thrift shop, karena mereka sudah pasti dapat mengirit bujet bila akan belanja baju. Ditambah lagi, baju ialah sebuah keperluan. Karena itu belanja baju dapat dilaksanakan baik 1 bulan sekali sampai satu minggu sekali.

Berikut cara jualan thrift shop yang sudah rangkum oleh Barangku.

Pengertian Thrift Shop

cara jualan Thrift Shop
cara jualan Thrift Shop

Thrift Shop sendiri, diadaptasi dari 2 kata, yaitu thrift yang memiliki arti irit, dan shop sendiri maknanya berbelanja. Oleh karenanya, thrift shop mempunyai pemahaman sebagai wujud usaha yang meliputi jual-beli mode sisa. Adapun yang dijualbelikan umumnya bukan pakaian biasa, tapi produk mode sisa impor tetapi bermerek. Produk itu harga tambah mahal jika keadaannya baru.

Sebetulnya beberapa produk yang dipasarkan tidak detil cuman baju saja, tetapi sepatu, tas, dan aksesori.

Apa Saja Produk Thrift Shop?

Saat sebelum kita mengulas cara jualan thrift shop, Kamu harus tahu tipe produk thrift shop yang bisa dipasarkan, seperti berikut :

1. Pakaian

Baju atau pakaian sebagai keperluan primer, sudah pasti menjadi satu diantara komoditi yang selalu dicari beberapa orang. Beragam tipe opsi baju/pakaian beka syang bisa dipasarkan, salah satunya hoodie, baju floral, celana bahan, celana jeans, sweater dan lain-lain. Bila Kamu pintar memburu, Kamu bisa jadi menemui baju sisa branded tetapi tetap pantas gunakan dan jual, seperti Supreme, H&M, Uniqlo dan merek yang lain.

2. Tas

Selainnya pakaian branded, Kamu dapat jual tas sebagai salah satunya produk thrift shop. Umumnya kelompok pecinta tas ialah golongan wanita. Beberapa produk tas sisa bermerek yang bisa dipasarkan, seperti Kanal, Gucci, Louis Vuitton, dan yang lain.

3. Sepatu

Kamu bisa juga jual thrift shop berbentu sepatu sisa bermerk yang keadaannya bagus. Terutama bila sepatu yang Kamu jual terkategori limited edition, juga bisa mempunyai history tertentu, seperti pernah dipakai oleh orang populer. Berikut point utama yang bisa menarik customer untuk beli produk thrift shop yag Kamu jual.

4. Peralatan Rumah Tangga

Selainnya mode, Kamu bisa juga jual beragam barang unik dari perlengkapan rumah tangga, baik itu berupa gelas, piring, garpu, sendok, atau peralatan rumah tangga yang lain. Selain itu, Kamu bisa juga mendapati produk sangat jarang itu di pasar unik yang berada di Cikapundung Bandung atau wilayah lain di beberapa pasar barang unik.

Baca juga supplier thrift shop

Argumen Harus Pilih Thrift Shop

Untuk yang kebingungan cari tambahan pendapatan untuk setiap hari, Kamu sebetulnya dapat menambahkan thrift shop ke salah satunya kesempatan bisnis yang menggiurkan. Adapun argumen mengapa harus pilih cara jualan thrift shop, diataranya :

1. Modal Kecil Untung Besar

Tahukah Kamu bila produk baju sisa impor yang biasanya ditawarkan di thrift shop dipandang sekitaran Rp. 25 ribu sampai Rp. 150 ribu. Bahkan juga di toko thrift toko Kamu bisa juga memperoleh baju per bal/karung pada harga sekitaran 1-5 juta-an. Umumnya di dalam 1 karung pakaian bejas, berisi kurang lebih 50-100 pakaian yang terbagi dalam beragam jenis mode dan merek.

Misalnya, Kamu beli sekitar 1 karung pakaian dengan harga Rp. tiga juta, karena itu Kam akan mendapat 100 pcs baju. Lantas Kamu juga dapat menjualnya kembali dengan harga Rp. 50 ribu per potong. Bila produk yang Kamu jual habis karena itu Kamu akan memperoleh modalmu kembali berikut keuntungannya sampai Rp. lima juta.

2. Mempunyai Banyak Pecinta

Berdasar penelitian yang sudah dilakukan JRTI (Jurnal Penelitian Perlakuan Indonesia) tahun 2017 lalu, memperlihatkan bila sikap konsumtif yang riskan dirasakan umur remaja disebabkan sebagai periode peralihan mereka dari umur anak-anak ke arah dewasa.

Apa lagi di Indonesia sendiri, warga yang umurnya produktif ialah jumlah warga paling banyak. Sementara umur produktif itu condong mempunyai tingkat konsumtif tinggi, terutamanya terkait dengan mode.

Nach, dengan sasaran pasar semacam itu, Kamu bisa ambil kesempatan semakin besar. Karena komunitas warga di bentang umur ini  lebih besar dibanding komunitas lanjut usia. Berdasar ini bisa juga kita deskripsikan, bila mode usaha seperti thrift shop bisa bertahan di dalam periode panjang. Tetapi ini bergantung dari bagaimana Kamu bisa membaca hasrat pasar.

3. Lebih Modern

Tidak bisa disangkal bila tiap orang selalu ingin kelihatan menarik. Disamping itu, mereka sering ingin menunjukkan beberapa hal yang nikmat dilihat, entahlah itu untuk dirinya atau untuk seseorang. Ditambah dalam soal mode. Jika Kamu sanggup menjawab semua kebutuhan pasar itu, Kamu dapat memperoleh keuntungan sekalian bisa memberikan kepuasan orang.

Usaha thrift shop di Indonesia termasuk masih baru. Disamping itu, masih sedikit yang cobanya tetapi keinginan pasarnya makin tinggi. Berikut yang dapat kamu menjadikan kesempatan dengan usaha jualan thrift shop di tempatmu.

Cara Jualan Thrift Shop

Jualan Thrift Shop Untung Untuk Pemula

Bila Kamu ingin jualan thrift shop, khususnya untuk pemula yang ingin mengawali usaha dari sejak awalnya, karena itu Kamu dapat coba tutorial cara jualan thrift shop berikut ini :

1. Tentukan Produk yang Akan Kamu Jual

Bila ingin memiliki watak/keunikan yang lain dari toko lain, karena itu Kamu dapat coba pikirkan kekhasan tokomu. Misalkan saja, Kamu ingin jual baju thrift khusus untuk produk jeans, baju, sweater, hoodie, atau mode vintage. Kamu dapat mengawalinya dari tempatmu jualan, bahkan juga pemakaian account medsos.

2. Membeli Baju Thrift di Pasar

Cara jualan thrift shop seterusnya Kamu mulai bisa memburu baju thrift di pasar. Kamu dapat pilih Pasa Tanah Abang misalkan, karena ada banyak baju murah yang ditawarkan di Tanah Abang, dari range harga Rp. 5.000 sampai Rp. 25.000. Dapat disebut harga benar-benar murah, jadi walau Kamu menjualnya kembali karena itu Kamu masih tetap bisa memperoleh untung besar. Silakan tentukan pakaian sama sesuai trend dan kemauan golongan milenial.

3. Bersihkan dan Membersihkan Semua Pakaian Itu

Sesudah Kamu membeli, cara cara jualan thrift shop produk baju selanjutnya adalah bersihkan semua produk pakaian yang Kamu membeli awalnya. Ingat pakaian yang Kamu jual ialah pakaian tersisa, oleh karena itu lihat kebersihannya. Kamu dapat mencucinya di laundry. Apabila sudah, tinggal atur saja semua pakaian itu dan menghilangkan serat-serat benang atau potong benang yang lepas dan menyetrikanya jika memang perlu.

4. Photo Pakaian yang Telah Dibereskan

Cara jualan thrift shop untuk pemula seterusnya adalah tinggal photo baju yang telah dibereskan dengan kualita yang bagus. Kamu seharusnya photo pakaian menggunakan mode dengan memfotonya pada bagian depan, sisi kerah atau leher, sisi belakang dan yang menunjukkan kain dalam pakaian. Jika masih kelihatan labelnya, Kamu dapat perlihatkan. Seterusnya photo kekurangan pakaian itu.

5. Upload Photo ke Account Sosial Media

Cukup banyak beberapa praktisi thrift shop menggunakan Instagram dengan mengaplikasikan mekanisme request by shopee. Di mana ini sebagai tempat belanja terfavorit untuk konsumen. Minimal Kamu sediakan 2 account ini. Adapun untuk mengunggah produk yang Kamu jual seharusnya Kamu harus ketahui mekanismenya lebih dulu seperti apakah.

6. Tentukan Type Pembelian yang Diharapkan

Dalam usaha thrift, ada 2 sistem pembelian yakni first pay first get dan Siapa Cepat ia Bisa. Untuk first pay first get tujuannya siapakah yang lebih dulu melunasinya, karena itu dia yang memiliki hak memperoleh produk itu. Dan tujuan dari Siapa Cepat Ia Bisa adalah barang bisa di keep sampai konsumen yang keep mentranfer uangnya.

Kamu dapat memberikannya waktu sampai beberapa saat, bila dalam kurun waktu itu konsumen tidak bayar, barang itu dilempar ke konsumen lain.

7. Mulai Promo

Cara jualan thrift shop paling akhir adalah promo, sebagai point pemasti keberhasilan. Kamu dapat mempromokan produk lewat iklan instagram. Atau juga bisa Kamu minta account thrift lain mempromokan atau pasarkan account thrift-mu di Story IG mereka, lalu Kamu membalas dengan hal sama.

Bagaimana, tertarik coba cara jualan thrift shop di atas? Triknya benar-benar gampang, kan? Dan sekarang Kamu tinggal menanti banyak konsumen memboyong barang daganganmu. Janganlah lupa, bila Kamu ingin berjualanmu cepat laku Kamu dapat mencoba cara jualan online laku yang sudah dirangkum oleh articlebinet!