Waspadai 7 Tanda-Tanda Kanker Endometrium Stadium Awal Ini

Kesehatan

tanda kanker endometrium

Kanker Endometrium merupakan salah satu bentuk kanker rahim. Kanker yang cukup banyak ditemukan pada wanita dan memiliki tingkat resiko metastasis yang tinggi. Dan mengutip dari deherba.com, berikut adalah sejumlah tanda kanker endometrium yang perlu Anda waspadai.

Memahami Kanker Pada Endometrium?

Pada dinding rahim, terdapat lapisan sel bernama endometrium. Lapisan ini menyimpan darah dan berfungsi sebagai bantalan untuk perlekatan janin dalam rahim, bila proses pembuahan berjalan sukses.

Ini akan menjadi tempat hidup janin selama dalam rahim dan darah di dalamnya menjadi suplai nutrisi untuk janin. Bila pembuahan gagal terjadi, jaringan ini akan luruh dan kemudian keluar sebagai darah haid.

Kanker endometrium terbentuk dari sel sel endometrium yang berkembang dengan abnormal. Memperbanyak diri dengan berlebihan, bersifat agresif dan invasif. Menyebabkan liang rahim menciut karena perkembangan massa kanker, namun akan membengkak di sisi luar.

Resiko kanker endometrium untuk bermetastasis cukup tinggi, karena sel kanker dengan mudah terbawa oleh sel darah. Sehingga resiko kematian juga bisa relatif tinggi. Kanker Endometrium berada pada posisi ketiga kanker yang paling sering menyerang wanita. Dengan tingkat kematian cukup tinggi.

Itu sebabnya, penting untuk memastikan kanker ini dapat terdiagnosa lebih awal. Memahami apa saja tanda kanker endometrium akan membantu lebih awal menyadari adanya kanker dari sejak stadium awal.

Tanda tanda Kanker Endometrium Stadium Awal

Ada sejumlah gejala yang terbilang mudah untuk dikenali ketika seseorang mengalami gangguan dengan endometrium, termasuk kanker endometrium. Berikut adalah sejumlah tanda tanda kanker Endometrium pada stadium awal.

Menstruasi berlebihan

Kanker ini berkaitan dengan sel yang memang berfungsi menyimpan darah pada periode subur. Sedang pasien kanker endometrium akan memproduksi sel endometrium dalam jumlah lebih banyak. Dan itu sebabnya, ketika masa menstruasi tiba, biasanya pasien akan mendapati volume darah menstruasi mereka sangat banyak dan bisa dikatakan berlebihan.  Semakin berlebihan darah menstruasi keluar, semakin layak pasien untuk waspada dan memeriksakan diri.

Perdarahan

Sejumlah besar kasus kanker endometrium berkembang pada wanita usia premenopause dan menopause. pada masa ini, seharusnya darah yang keluar sudah relatif sedikit atau malah sama sekali hilang. Namun bila pada masa demikian tetapi kemudian pasien mengalami perdarahan selayaknya menstruasi di usia subur, sebaiknya Anda juga memeriksakan diri.

Spot darah

Masalah lain yang berkaitan dengan tanda kanker endometrium adalah keluhan spot darah di luar masa menstruasi. Spot darah ini bisa jadi tanda bahwa terjadi peluruhan di luar jadwal akibat penebalan masif dari sel-sel endometrium dalam rahim.

Nyeri hebat saat menstruasi

Seiring dengan menebalnya dinding, terjadi efek kaku pada dinding rahim yang menyebabkan kontraksi rahim saat proses peluruhan menstruasi terasa lebih menyakitkan. Kadang rasa sakitnya bisa menjadi sangat hebat dan menusuk.

Nyeri saat hubungan seksual

Ada kontraksi ringan yang terjadi saat seseorang melakukan aktivitas seksual. Dan pada penderita kanker endometrium, kontraksi ini bisa pula sangat menyakitkan. Lagi-lagi karena otot pada rahim lebih kaku dari seharusnya.

Perut membesar

Akibat pembesaran rahim dan penebalan dinding rahim dalam. Secara fasad mata pasien akan terihat memiliki perut lebih buncit dan terpusat pada area bawah. Bila diraba Anda akan menemukan pembesaran pada area perut tengah.

Sering keputihan

Keputihan selalu bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem genital dan reproduksi wanita. Anda akan mengenali gejala kanker endometrium dengan munculnya keputihan berwarna putih pekat dengan semburat merah muda, cokelat atau jingga muda. Ini tanda terjadi peluruhan kecil dari sel endometrium pada dinding rahim Anda.

Demikian tadi sejumlah tanda kanker endometrium pada stadium awal. Kadang pasien sulit mengenali gejala yang muncul. Tetapi akan lebih baik Anda waspada sebelum kanker berkembang lebih jauh dan semakin sulit diatasi.