25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Social Media Marketing: Strategi dan Manfaatnya

5 min read

social media

 

Social media marketing (SMM) menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling diminati karena jangkauannya luas dan cocok untuk semua skala bisnis. Media sosial tentu bukan sesuatu yang asing bagi pengguna internet.

Seiring perkembangan dunia digital dan internet, semakin banyak orang beraktivitas dengan smartphone mereka, terutama untuk mengakses media sosial.

Banyaknya populasi inilah yang menjadikan pemasaran media sosial sebagai lahan basah bagi para marketer untuk memasarkan bisnis mereka.

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing adalah adalah bentuk digital marketing yang memanfaatkan internet dan social media untuk mempromosikan bisnis. Secara global, sebanyak 3,6 miliar penduduk dunia menggunakan media sosial pada tahun 2020.

Angka tersebut diproyeksikan akan meningkat sampai 4,41 miliar pengguna pada 2025 mendatang. Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna internet terbesar tentunya menjadi pasar potensial untuk pengaplikasian teknik digital marketing ini.

Menurut laporan Hootsuite, terdapat 175,4 juta penduduk Indonesia yang menggunakan internet. Dan 160 juta di antaranya adalah pengguna social media aktif. Artinya, platform ini sangat layak digarap serius untuk mengembangkan bisnis Anda.

Melalui sosial media, Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan, memberikan konten informasi umum, penawaran produk maupun jasa, menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen, hingga membangun komunitas.

Platform ini juga memungkinkan Anda mendapatkan pelanggan baik secara organik (tidak berbayar) maupun berbayar (paid ads).

Melalui konten menarik, Anda dapat menjangkau pelanggan, membangun brand awareness, promosi, hingga mengkonversi leads menjadi penjualan.

 

Jenis-Jenis Social Media Marketing

Perkembangan media sosial dari tahun ke tahun menghadirkan beragam platform dengan karakteristiknya masing-masing. Untuk itu, salah satu kunci sukses menjalankan pemasaran ini adalah memilih platform media sosial secara tepat.

Berikut ini beberapa platform social media potensial untuk mengembangkan bisnis Anda:

 

1.        Facebook

Facebook termasuk pionir jaringan media sosial yang hingga saat ini masih menjadi platform dengan pengguna terbanyak. Tercatat pada 2020 sebanyak 2,7 miliar orang secara aktif menggunakan Facebook setiap bulannya.

Di platform ini Anda bisa melakukan promosi melalui konten hingga kampanye berbayar dengan Facebook ads. Pengguna Facebook antara lain orang-orang pada rentang usia 18-45 tahun ke atas.

 

2.        Instagram

Strategi pemasaran media sosial menggunakan Instagram juga terbukti efektif menjaring pelanggan. Sebanyak 1 miliar pengguna internet memiliki akun Instagram dan didominasi oleh anak muda.

Instagram menyediakan beragam fitur menarik untuk melakukan SMM. Fitur akun bisnis semakin mempermudah Anda dalam menganalisis serta evaluasi strategi pemasaran.

Banyak perusahaan menggunakan jasa social media agency untuk mengelola Instagram mereka. Mulai dari sisi design hingga strategi feed maupun story nya. Sehingga bisnis mereka tetap terhubung dengan pelanggan dengan biaya seefisien mungkin. 

Ada banyak jasa social media agency saat ini, salah satunya adalah Social Media Agency Surabaya, Saturated Works.

 

3.        YouTube

YouTube seolah memiliki 3 peran sekaligus yakni media sosial, situs streaming, sekaligus mesin pencari. Penggunanya mencapai 2 miliar dan tersebar di seluruh dunia.

Selain menayangkan iklan berbayar, Anda juga dapat membuat channel bisnis untuk menjangkau pelanggan lebih banyak sekaligus meningkatkan brand awareness.

 

4.        Twitter

Sebanyak 330 juta pengguna internet beraktivitas di platform Twitter. Sebagai pelopor penggunaan hashtag, Twitter menyajikan informasi terkini secara real time. Jika Anda menyasar pelanggan usia 30-49 tahun, platform ini layak dicoba.

 

5.        TikTok

Platform berbagi video ini memang terbilang baru. Namun penggunanya sudah mencapai 689 juta dan didominasi oleh Gen Z. Populasi TikTok yang semakin gemuk efektif untuk menjaring pelanggan terutama generasi Z.

 

Manfaat Pemasaran dengan Media Sosial

Pemasaran digital memang tidak jarang memerlukan strategi terintegrasi beberapa channel sekaligus. Karena tiap-tiap saluran pemasaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lantas, apa saja kelebihan atau manfaat pemasaran melalui media sosial?

 

1.        Jangkauan Berskala Besar

Selain Google, media sosial terutama Facebook memiliki scalability yang tinggi. Artinya, konten marketing Anda sangat potensial dalam menjangkau audiens sebanyak mungkin.

 

2.        Biaya Murah

Saluran ini dapat diakses secara gratis dan mendatangkan trafik secara organik. Pengelolaan yang tidak memakan biaya besar memungkinkan Anda menghemat biaya pemasaran.

Agar akun perusahaan Anda terkelola dengan maksimal, tidak ada salahnya memakai jasa social media marketing agency.

 

3.        Membangun Brand Awareness

Media sosial adalah platform terbaik untuk terhubung langsung dengan audiens tanpa memakan biaya tinggi. Ciptakan brand awareness bisnis Anda melalui konten menarik yang mencuri perhatian.

 

4.        Meningkatkan Kunjungan Website

Membagikan informasi menarik lewat gambar maupun video dapat menarik pengguna untuk datang ke website bisnis Anda. Ini adalah cara efektif untuk memperoleh leads prospektif.

 

5.        Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

Melalui fitur like, follow, share, hingga komentar, Anda dapat mengukur seberapa efektif strategi pemasaran yang telah dilakukan. Umpan balik pelanggan atas produk Anda juga penting untuk meningkatkan kualitas.

 

Strategi Menjalankan Social Media Marketing

Secara umum, terdapat beberapa strategi yang penting untuk Anda terapkan dalam melakukan pemasaran melalui media sosial. Ingin tahu seperti apa? Berikut jawabannya.

1.        Kenali Audiens Anda

Mengenali audiens yang Anda targetkan adalah hal mutlak. Pahami identitas, minat, pekerjaan, hingga behaviour mereka.

Strategi ini bertujuan agar tercipta konten yang disukai audiens dan membuat mereka tertarik dengan brand maupun produk/layanan yang ditawarkan.

2.        Tentukan Platform yang Tepat

Setiap platform memiliki fiturnya masing-masing. Begitu pula penggunanya yang memiliki karakter berbeda antara satu socmed dengan lainnya. Pemilihan secara tepat dapat mengoptimalkan engagement dengan target market.

3.        Ciptakan Konten Berkualitas

Konten dalam social media marketing adalah raja. Buatlah konten semenarik mungkin agar audiens Anda tertarik dan memutuskan untuk memberikan feedback hingga membeli produk.

4.        Atur Jadwal Posting

Kebanyakan orang membuka media sosial mereka di waktu-waktu senggangnya. Usahakan membagikan konten secara rutin dan terjadwal.

5.        Lakukan Evaluasi

Pelajari setiap unggahan di akun bisnis Anda, dan evaluasi kinerjanya. Cara ini membantu untuk memperbaiki konten selanjutnya agar kinerjanya lebih maksimal. Manfaatkan fitur yang menyajikan data-data aktivitas akun untuk mempermudah evaluasi.

Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Social Media Marketing Agency?

Efektivitas pemasaran melalui media sosial menghadirkan tantangan baru bagi para marketer. Social media marketing agency Surabaya hadir sebagai solusi pemasaran digital. Apa saja keuntungannya?

1.        Memperkuat Brand Persona

Percaya atau tidak, brand adalah elemen penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Agensi ini membantu bisnis Anda memiliki brand persona lebih kuat. Sehingga mampu menyasar audiens secara efektif.

2.        Memasarkan Produk/Jasa

Tugas utama agensi ini tentu saja membuat strategi pemasaran yang efektif dan efisien agar produk/layanan Anda dikenal publik. Optimalisasi semua platform sosmed akan memaksimalkan hasil pemasaran tersebut.

3.        Audit Media Sosial

Perusahaan agensi ini memiliki keahlian dalam mengaudit kinerja social media bisnis. Dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan sosmed bisnis, Anda dapat memperbaiki dan meningkatkan keberhasilan pemasaran.

4.        Analisis Kompetitor

Perusahaan agensi berpengalaman dalam banyak aspek pemasaran, salah satunya mempelajari kompetitor. Melalui analisis yang tepat, bisnis Anda dapat mengungguli para pesaing.

Sudah saatnya Anda bekerja sama dengan social media marketing agency  yang berpengalaman untuk meningkatkan performa bisnis. Dengan strategi yang tepat, penjualan pun bisa meningkat drastis.