Sinopsis Episode Terbaru Upin Ipin Berjudul Buku Catatan Jarjit 

5 Alasan Kenapa Orang Dewasa Masih Suka Nonton Kartun Upin dan Ipin

Salah satu episode terbaru dari serial Upin Ipin yang menarik untuk ditonton adalah serial Upin Ipin yang berjudul “Buku Catatan Jarjit”. Episode ini mengisahkan Jarjit yang merasa sangat sedih saat buku catatan kesayangannya hilang, sehingga dia tidak bisa menari lagi. Jadi, detektif Upin Ipin terbaru lah yang mesti menyelesaikan kasus tersebut, dengan bantuan detektif baru lainnya. Apakah buku catatan Jarjit berhasil ditemukan, atau malah sebaliknya? Jawabannya berada ditangan enam detektif yang sedang berusaha menyelesaikan kasus tersebut.

Berikut sinopsis episode terbaru Upin Ipin yang berjudul Buku Catatan Jarjit :

  1. Bagian 1

Sebelum kelas dimulai, Jarjit sempat memberikan beberapa puisi teka-teki kepada teman-temannya. Awalnya, mereka berhasil menjawab, namun pada akhirnya, semuanya menemukan jalan buntu mencari jawaban.

Lalu, Cikgu Melati datang dan mereka melanjutkan sesi belajar dengan kegiatan menggambar serta mewarnai. Setelah kelas selesai, mereka berencana akan melanjutkan menyelesaikan tugas di penginapan pada sore hari.

Di penginapan tersebut, semuanya kecuali Mail yang sedang mencari jawaban puisi dari Jarjit sedang menyelesaikan tugas yang diberikan. Namun yang mengejutkan, Jarjitnya sendiri tidak muncul. Rupanya, Jarjit sedang bersembunyi dan merasa sangat sedih karena buku catatannya hilang sehingga tidak bisa bernyanyi lagi. Untungnya, Upin dan Ipin berhasil membujuk Jarjit dengan berubah menjadi Detektif Upin dan Ipin. Dan investigasi pun dimulai.

  1. Bagian 2

Proses investigasi pun dimulai, namun penyelidikan Upin dan Ipin terhenti karena yang lain juga ikut campur. Sehingga menyebabkan detektif Upin bertindak tegas dan mereka semua terdiam. Awalnya mereka menduga kalau buka catatan Jarjit tertinggal di Sekolah, namun Mail membantahnya dengan membuktikan bahwa buku catatan tersebut dibawa Jarjit saat mereka singgah untuk makan di Warung Paman Muthu.

Mail juga ingat saat mereka makan dan Jarjit sempat memberikan syair teka-teki kepadanya dan Paman Muthu. Namun, ceritanya terhenti saat mereka meninggalkan warung paman Muthu. Pada akhirnya, detektif Upin Ipin menemui jalan buntu saat tidak ada satupun dari mereka berempat yang dapat mengkonfirmasi kejadian tersebut.

Melihat situasi tersebut, Ehsan dan Fizi pun turun tangan siap membantu mengusut kasus tersebut dan mencurigai Paman Muthu sebagai tersangka utamanya. Mereka berdua pun segera menoleh kearah Detektif Ehsan dan Fizi.

  1. Bagian Ketiga

Semua orang berharap buku catatab Jarjit itu tertinggal. Di luar Toko, Detektif Upin Dan Ipin, serta Detektif Ehsan dan Fizi, dan Jarjit duduk murung karena gagal menemukan petunjuk dan buku catatan. Melihat keadaan kasus yang semakin menemukan jalan buntu, Mei Mei dan Susanti pun siap membantu memecahkan kasus tersebut.

Singkat cerita, Izham mengetahui bahwa buku catatan Jarjit itu sebenarnya tidak hilang, namun disimpan dalam tas Jarjit karena memang dia sendiri yang memasukkan kembali buku tersebut kedalam tasnya.

Di Sekolah, mereka semua membicarakan tugas sekolah sebelum Jarjit memberi tahu mereka bahwa buku catatan miliknya telah ditemukan. Kemudian Ehsan mengungkapkan kebahagiaannya dapat menjadi detektif dan berhasil menyelesaikan kasus tersebut dan berharap dapat berpartisipasi kembali.

Terakhir, keenam detektif tersebut yaitu Upin, Ipin, Ehsan, Fizi, Mei Mei, dan Susanti menyatakan bahwa kasus hilangnya buku catatan Jarjit tersebut telah berhasil diselesaikan.

Kemudian Cikgu Melati masuk kelas dan semuanya berjalan lancar hingga Mei Mei menginformsikan bahwa tugas sekolahnya sudah selesai.

Ini merupakan episode kesembilan yang menampilkan Upin dan Ipin layaknya seorang detektif.