23/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Sejarah Mobil Honda Civic dan Harga Bekasnya

4 min read

Bagi yang belum familiar dengan brand Honda pasti sudah tidak asing lagi dengan Honda Civic dari tahun 1970-an hingga awal tahun 2000-an. Pabrikan asal Jepang ini memang terkenal dengan mobil-mobil legendarisnya, termasuk Honda Civic. Ini adalah mobil pertama Honda yang berhasil diekspor ke luar Jepang, yang berdampak besar pada reputasi Honda di industri otomotif, khususnya industri roda empat.

Honda Civic pertama kali diproduksi dalam bentuk hatchback kompak pada tahun 1972. Saat itu, kemunculan mobil kompak ini sangat tepat, karena bertepatan dengan krisis minyak yang melanda dunia. Namun seiring berjalannya waktu, Honda menjadikan Civic sebagai mobil dengan sejarah 10 generasi di dunia dan Indonesia.

Sejak Honda Civic series dipasarkan pada tahun 1972, penjualan global kumulatif telah mencapai sekitar 27 juta kendaraan. Di Indonesia, model Honda Civic telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976, dan saat ini meliputi sedan Honda Civic, Honda Civic hatchback dan Honda Civic Type R.

Simak sejarah Honda Civic dari hatchback hingga mobil kompak di bawah ini.

Sejarah Mobil Honda Civic Generasi pertama (1972-1979)

Honda Civic generasi pertama ini menjadi pilihan banyak orang karena dilengkapi dengan teknologi CVCC (Composite Vortex Controlled Combustion) dan dikenal irit. Terobosan ini membuat mesin Civic irit dan gas buangnya lebih sedikit. Mesin 1.169cc berkode ED1 ini juga memungkinkan pemiliknya bebas menentukan jenis bahan bakar yang sesuai dengan kemampuannya.

Saat itu, Civic juga memiliki fungsi yang lengkap, seperti rem cakram depan dan panel instrumen kayu. Di Amerika Serikat, Honda menjual Civic generasi pertama, dengan pilihan hatchback 3 pintu dan 5 pintu serta station wagon. Di Indonesia hanya menawarkan model 5 pintu.

Meskipun mobil civic ini terbilang cukup mahal, tapi kamu bisa menyewanya dengan harga murah di tempat jasa rental mobil batam.

Generasi kedua (1979-1983)

Civic generasi kedua keluar pada 1979 dan diproduksi hingga 1983. Perubahan desain lampu depan dan belakang membuatnya terlihat lebih modern dari generasi pertama, sedangkan bumpernya terbuat dari plastik.

Kapasitas mesinnya sedikit lebih besar, dan ada dua pilihan, yakni mesin 1.335cc dan 1.488cc dengan transmisi otomatis Hondamatic. Civic generasi kedua ini juga dikenal sebagai Civic Excellence.

Generasi ketiga (1983-1987)

Memasuki generasi ketiga, Honda Civic juga dikenal sebagai keajaiban “besi” karena bentuknya yang panjang dan hanya memiliki 3 pintu, Honda menyebutnya kammback. Civic generasi ketiga ini merupakan salah satu model tersukses di Indonesia dan menjadi legenda hingga saat ini. Mesinnya adalah 4 silinder 1.500cc seri D dengan teknologi 12 katup.

Pada tahun 1984, Honda merilis varian Civic Si yang menjadi varian tertinggi di pasar Jepang, dilengkapi dengan mesin DOHC 4 silinder yang mampu menghasilkan 122 tenaga kuda. Hanya butuh 6,8 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam.

Generasi keempat (1987-1991)

Di Indonesia, Civic generasi keempat ini lebih dikenal dengan nama Grand Civic atau Civic Nouva hatchback, dan menawarkan pilihan mesin 4 silinder 1.500cc SOHC karburator. Dalam perkembangannya, Honda juga memperkenalkan mesin 1,5 liter dengan sistem injeksi.

Ada perubahan besar pada sistem suspensi yang sudah menggunakan model double wishbone di keempat rodanya. Di penghujung tahun 1989, Honda meluncurkan varian SiR termahalnya dengan bentuk kammback, dilengkapi dengan mesin baru B16A DOHC VTEC, yang mampu menghasilkan 158 tenaga kuda, dan menjadi mesin pertama yang mengadopsi teknologi VTEC.

Sejarah Mobil Honda Civic Generasi kelima (1991-1995)

Honda Civic generasi kelima ini menggunakan desain yang lebih dinamis, ketimbang terlalu boxy. Generasi kelima Civic yang diproduksi 1991-1995 juga dikenal sebagai Honda Genio. Karena gayanya yang lebih elegan, model ini menjadi model yang disukai banyak anak muda dan modder saat itu.

Hatchback tersebut diberi nama Honda Estilo, dan diproduksi dari tahun 1992 hingga 1994. Masa pakainya yang singkat membuat Civic Estilo ini menjadi produk langka, dan harga barang bekasnya sangat mahal. Mesinnya sendiri dibekali dengan mesin 1600cc DOHC.

Generasi keenam (1996-2000)

Honda generasi penerus melanjutkan desain Civic hatchback untuk pasar global, sedangkan di pasar Indonesia hanya versi sedan yang dijual dari tahun 1995 hingga 2000. Generasi keenam Honda Civic juga dikenal sebagai Civic Ferio di Indonesia.

Sejarah Mobil Honda Civic Generasi ketujuh (2000-2005)

Honda Civic generasi ketujuh ini telah membawa perubahan yang cukup besar pada desain dan fungsi, namun sayangnya Honda Civic generasi ketujuh ini kurang diminati konsumen Indonesia. Perubahan paling dramatis adalah bahwa suspensi menggunakan strut mantan McPherson. Dan mesinnya sudah menggunakan mesin K series yang bertenaga.

Generasi kedelapan (2005-2011)

Di penghujung tahun 2005, Honda merilis generasi terbaru dari Civic yaitu Civic FD. Desain sport Honda Civic generasi kedelapan sangat sukses. Civic FD diproduksi tahun 2011 dan laris manis di pasar AS, dengan penjualan 7,3 juta unit. Civic FD juga merupakan model Honda paling populer di dunia. Di Indonesia, ada dua jenis mesin, 1.800cc dan 2.000cc, dan mobil bekas masih banyak dicari konsumen.

Generasi kesembilan (2011-2016)

Untuk generasi selanjutnya, Honda menghadirkan desain yang lebih aerodinamis pada Civic. Civic generasi kesembilan ini diproduksi dari tahun 2011 hingga 2016. Dilengkapi dengan kode bodi FB. Pada saat yang sama, Civic ini juga dilengkapi dengan rem ABS, EBD, bantuan stabilitas kendaraan dan banyak fungsi baru lainnya. Sayangnya, Honda Civic generasi kesembilan ini dinilai belum terlalu populer di pasaran.

Sejarah Mobil Honda Civic Generasi kesepuluh (2016-sekarang)

Honda Civic ini juga dibekali mesin baru yakni 1.500cc turbocharged 4 silinder, namun mesin 1.800cc dan 2.000cc masih bisa digunakan di beberapa pasar. Pasar Indonesia hanya menawarkan pilihan mesin turbo 1,5 liter, dan mendapat respon yang cukup positif. Bahkan PT Honda Prospect Motor juga meluncurkan versi hatchback dan versi performa, Civic Type-R generasi kesepuluh.

Biaya perawatan Honda Civic dan harga bekasnya

Dalam hal perawatan sendiri, Honda Civic dilengkapi dengan mesin turbocharged, tetapi seperti mobil lainnya, setiap kali jarak tempuh mencapai kelipatan 10.000 kilometer atau enam bulan, perawatan rutin dilakukan pada kecepatan tercepat.

Honda Civic masih menjadi incaran masyarakat Indonesia, terutama yang hobi modifikasi. Untuk mobil bekas, harga Civic sendiri terbilang lumayan. Di sini, untuk menarik Honda Civic, ada berbagai model dan tahun pembuatan yang bisa dipilih.