Sejarah dan 4 Teknik Dasar Melempar Bola Kasti

Sejarah bola kasti – Bola kasti adalah satu di antara olahraga yang menggunakan medium bola kecil seperti badminton. Umumnya permainan bola kasti dimainkan secara beregu. Permainan ini pun adalah permainan tradisional yang paling mementingkan faktor kepaduan, kecekatan dan kesenangan.

Agar dapat bermain bola kasti dengan bagus, setiap pemain dituntut buat punya sejumlah keahlian, salah satunya ialah keahlian memukul, melemparkan, tangkap bola dan kapabilitas lari.

Dalam suatu kompetisi, permainan bola kasti dimainkan oleh 2 regu yang sama sama lengkapi secara akur, diantaranya jadi regu pemukul serta regu satunya jadi regu penjaga.

Oleh sebab itu, dalam suatu regu olahraga ini begitu butuh suatu kerja sama serta kepaduan pemain buat mencetak kemenangan.

Sejarah Bola Kasti di Indonesia

Di Indonesia, sejarah bola kasti udah diketahui oleh penduduk sejak zaman penjajahan Belanda juga Jepang.

Ada yang mengatakan kalau permainan bola kasti udah dimainkan oleh penduduk di era kerajaan-kerajaan di nusantara, yang temurun dimainkan sampai saat ini.

Ada saran yang mengucapkan kalau banyak penjajah yang perkenalkan olahraga ini ke penduduk, sebab penemu permainan bola kasti sendiri yaitu William G. Morgan, seseorang penduduk Negara Inggris.

Permainan bola kasti ini sudah dekat buat penduduk sebab kerap dimainkan di beberapa sekolah.

Kita barangkali sudah terbiasa lihat permainan ini dimainkan, terutama oleh anak-anak putra saja, atau oleh anak-anak putri saja.

Permainan bola kasti hebatnya dimainkan di dalam lapangan berumput dengan permukaan bersifat kotak persegi-panjang, di mana panjang serta lebarnya kira-kira berlawan 1:2.

Akan tetapi, beberapa waktu terakhir ini permainan bola kasti udah jarang-jarang sekali kita temui ditambah lagi dimainkan dalam kompetisi atau dalam pertandingan sah wilayah.

4 Teknik Dasar Melempar Bola Kasti

teknik melempar bola kasti

Buat dapat main bola kasti dengan benar serta baik, jadi setiap pemain semestinya mesti dapat kuasai sejumlah tehnik dasar pada permainan bola kasti.

Dalam telnik melemparkan bola paling tidak ada 4 teknik yang sebaiknya kita pelajari lebih dalam.

Teknik Melemparkan Bola Telusur Tanah

Di bawah ini trik melaksanakan teknik ini:

1. Pegang bola cocok pada sisi pangkal batas jemari tangan.
2. Usahain sikap badan kita lebih membungkuk.
3. Ayunkan lengan belakang kita di depan dari arah sisi bawah.
4. Setelah itu melakukan pelemparan bola telusur tanah dengan mengarahkannya ke tujuan.

Teknik Melempar Bola Mendasar

Buat melaksanakan teknik melemparkan bola mendatar, langkahnya yaitu sebagaimana berikut:

1. Pegang pangkal bola dengan batas jemari tangan, ialah di antara jemari telunjuk serta jemari tengah dan jemari manis. Saat itu anda mesti memeriksa bola dengan memanfaatkan batas jemari kelingking serta ibu jemari biar tak jatuh.
2. Condongkan tubuh kita ke belakang, setelah itu ayunkan lengan kita dari bawah ke atas.
3. Setelah itu lemparkan bola secara mendatar dengan tinggi dada menuju tujuan yang kita bidik.

Teknik Melempar Bola Melambung

Buat melaksanakan teknik ini langkahnya yaitu sebagaimana berikut:

1. Mulai sama menggenggam bola cocok di sisi pangkal batas jemari tangan, di antara jemari telunjuk serta jemari tengah dan jemari manis. Dan buat jemari kelingking serta ibu jemari kita dipakai buat memeriksa bola, biar bola tak jatuh.
2. Sedikit kita condongkan tubuh kita ke belakang, setelah itu ayunkan lengan kita dari bawah ke atas.
3. Setelah itu kita lemparkan sekeras – kuatnya dengan tangan, apabila kita melemparkan bola memanfaatkan tangan sisi kanan, jadi kaki kiri yang wajib ada dalam depan, sebaliknya.
4. Setelah itu lemparkan bola melambung dengan dituruti oleh pergerakan kelanjutan dengan melangkah kaki belakang menuju depan.
5. Konsentrasikan arah penglihatan mata kita menuju tujuan lemparan.

Teknik Melempar Bola Memantul Tanah

Langkahnya melaksanakan teknik ini sebagaimana berikut:

1. Condongkan tubuh kita menuju depan dengan status kaki sembari ditekuk.
2. Setelah itu kita ayunkan lengan menuju depan bawah.
3. Lemparkan bola dengan memantulkannya ke tanah tuju arah tujuan.

Nah, itulah sejarah bola kasti di Indonesia dan empat teknik dasar melempar bola kasti. Pahami dan pelajari ya jika kamu ingin fokus bermain olahraga ini.