28/07/2021

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Saung Angklung Udjo Tempat Wisata Budaya Bandung

Saung Angklung Udjo Tempat Wisata Budaya Bandung

foryoutour.co.id – Saung Angklung Udjo sudah berdiri sejak lama yaitu pada tahun 1966. Tempat wisata edukasi di Bandung Timur memiliki aula pertunjukan, bengkel alat musik dari bambu, dan juga terdapat berbagai macam kerajinan bambu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi turis. Para wisatawan tentunya sangat tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat bernuansa edukatif tradisional seperti rumah mode Bandung, ditambah dengan nuansanya yang sangat menyegarkan karena masih alami.

Keunikan dari Saung Angklung Udjo adalah memiliki desain interior yang didominasi oleh bambu sehingga memberikan tampilan dan dekorasi yang sangat eksotis. Apalagi jika ditambah dengan harmoni suara atau gemericik alat musik angklung akan memberikan kenyamanan lebih bagi setiap pengunjung yang datang.

Saung Angklung Udjo Tempat Wisata Budaya Bandung

Sejarah Saung Angklung Udjo di Bandung Timur didirikan oleh Udjo Ngalagena dan istrinya dengan tujuan untuk melestarikan budaya dan kesenian Sunda. Meski Mang Udjo telah meninggal dunia, namun kesepuluh anaknya telah melestarikan Saung Angklung hingga saat ini untuk mengedukasi seni dan budaya angklung kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

  1. Wayang Golek

Jika Anda berkunjung ke Saung Angklung Udjo, Anda akan menemukan pertunjukan wayang golek sebagai salah satu budaya dan kesenian di daerah Sunda. Wayang golek merupakan salah satu bentuk seni lakon wayang kayu khas Sunda yang juga dilengkapi dengan kostum. Biasanya pertunjukan wayang golek ditampilkan pada sesi pembukaan saat ada atraksi yang diadakan pada hari-hari tertentu. Pertunjukan wayang golek biasanya mengandung pesan moral yang bisa dipelajari pengunjung. Nah, durasi pertunjukan wayang kulit ini akan berlangsung sekitar 20 menit yang akan dilanjutkan dengan kegiatan kesenian lainnya.

  1. Helaran

Diakui bahwa helaran merupakan salah satu bentuk upacara khitanan dan upacara panen padi di daerah sunda. Ketahuilah bahwa atraksi ini dimaksudkan untuk menghibur dan mengungkapkan rasa syukur. Bentuk kesenian ini memang mengandung unsur semangat dan keceriaan, sehingga musiknya juga sangat membahagiakan. Di dalam Instagram Saung Angklung Udjo pada pertunjukan helaran terdapat berbagai macam tarian sunda yang juga diiringi lagu daerah. Kemudian pertunjukan angklung dipentaskan oleh sejumlah anak.

  1. Tari Topeng

Tari Topeng merupakan pertunjukan wajib yang disajikan setiap hari dalam wisata Saung Angklung Udjo, tarian ini memiliki cerita tersendiri yang berawal dari seorang pembawa berita dari Majapahit yang bertujuan untuk menyelidiki keistimewaan yang ada di situs kerajaan Blambangan tersebut. Kemudian diceritakan juga bahwa di dalam tarian tersebut ada seorang penari yang membawakan berita dengan menyamar menggunakan topeng. Hal ini dilakukan agar penari terlihat seperti orang yang pemberani melawan Raja Menakjingga.

  1. Orkestra Angklung

Dalam pertunjukan angklung orkestra dimainkan dengan pemain yang mampu menghasilkan suara yang sangat indah diiringi suara musik yang diiringi oleh tarian Jawa yang sangat luwes. Waspadai lagu-lagu yang dibawakan dengan alat musik angklung selama pertunjukan, yaitu Bintang Kecil Twinkle, Balonka, dan lagu daerah lainnya. Pertunjukan dari orkes angklung biasanya sangat membuat pengunjung terkesima dengan perpaduan musik budaya dan tarian Sunda.

  1. Bermain Angklung Bersama

Selain bisa menyaksikan pertunjukan orkes angklung, ternyata pengunjung juga bisa bermain angklung bersama. Dengan begitu pengunjung akan diajak bermain angklung bersama anak-anak yang mengajarnya. Setiap pengunjung akan dipinjamkan angklung untuk dimainkan sesuai isyarat yang diberikan. Nah, angklung itu terguncang saat dirjen memberi kode untuk menggerakkan tangannya. Sebelum bermain, pengunjung akan diajari cara membunyikan angklung dengan benar.