11/08/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Rekomendasi Laptop Handal Buat Konten Kreator : ASUS VivoBook Pro M3401QC-OLED555

3 min read

 

Laptop andal untuk pembuat konten kini memiliki opsi yang lebih menarik. Salah satunya dari seri Asus VivoBook Pro M3401QC-OLED555. Hal yang baik dari laptop ini adalah potensi performa yang lebih baik, harga yang lebih terjangkau, dan kualitas visual layar yang lebih nyaman.

Asus VivoBook Pro M3401QC sendiri dibanderol sekitar 12,5 jutaan. Dengan harga tersebut, pengguna sudah bisa membeli laptop dengan ukuran layar 14 inci dan bobot yang sangat ringan hanya sekitar 1,4 kg.

Ini berarti dukungan seluler dapat lebih andal saat bepergian. Di sisi lain, laptop ini juga memiliki banyak keunggulan seperti aktivitas multitasking dan kualitas layar yang prima.

Di dalam Ryzen 5 5600H dan RTX 3050

Dilansir dari sumber abduweb.com, Kehadiran prosesor Ryzen 5 5600H dan GPU GeForce RTX 3050 jelas menjadi magnet utama. Baik mengedit, bermain game, streaming, atau aktivitas santai lainnya, kedua komponen tersebut akan meningkatkan kinerja pengguna.

Ryzen 5 5600H sendiri telah mengusung kekuatan 6 core dan 12 thread, clock speed hingga 4.2Ghz, L3 cache 16MB dan default TDP 45W. CPU ini adalah salah satu opsi kelas menengah terbaik untuk laptop modern saat ini, dan sebenarnya banyak digunakan sebagai bahan pokok di ruang laptop gaming juga.

Sedangkan untuk RTX 3050, VRAM 128-bit GDDR6 4GB default adalah basis utama untuk game atau aplikasi modern yang memerlukan kartu grafis khusus ekstra. CUDA Cores masif hingga 2048 juga memberikan kinerja yang lebih baik daripada GTX 1650 dan bahkan menyaingi RTX 2060. Di sisi lain, TGP default dapat dikonfigurasi hingga 80W (default 35W), sehingga kinerjanya bisa lebih cepat.

 

Penyimpanan bawaan bawaan 512GB juga memiliki kelebihan tersendiri. Selain efisien untuk transfer data, kinerja sistem juga akan lebih cepat. Padahal RAM bawaan yang digunakan laptop ini adalah 8GB DDR4. Sayangnya, ruang upgrade untuk masalah memori sangat terbatas.

Layar OLED dan resolusi tinggi

Nah, magnet bernilai tinggi lainnya untuk laptop ini juga datang dari layar OLED 14,0 inci. Menawarkan resolusi 2.8K (2880 x 1800), rasio aspek 16:10, dan PANTONE divalidasi untuk 100% gamut warna DCI-P3.

Yang menginginkan kualitas layar yang lebih nyaman, jernih dan presisi tinggi tentunya dapat memanfaatkan layar yang disediakan oleh VivoBook Pro M3401QC. Dan, laptop beranggaran 12 juta jarang menawarkan fitur ini. Bahkan, layar OLED yang ditawarkan Asus kini menjadi salah satu produk premium tersendiri bagi konsumen.

koneksi lengkap

Dukungan jaringan melalui Wi-Fi 6 (802.11ax)+Bluetooth 5.0 (dual band) 2*2. Ini berarti pengguna dapat memanfaatkan jaringan modern dengan kinerja yang lebih cepat. Nantinya, jika fitur ini dipopulerkan di negara kita, tentunya laptop bisa dengan mudah beradaptasi tanpa harus membeli perlengkapan lain.

Port USB juga banyak, dan fungsinya mumpuni. Ada total 4 USB, dibagi menjadi:

  • 1 USB 3.2 Gen 1 Tipe-A
  • 1 USB 3.2 Gen 1 Tipe-C
  • 2 USB 2.0 Tipe-A

Dan port lainnya yang ditawarkan laptop ini adalah jack audio combo 1x 3.5mm, 1x HDMI 1.4 dan 1x pembaca kartu DC-in//Micro SD.

Nilai Unggulan Lainnya

Keyboard mungkin bukan yang terbaik, tetapi lampu latar yang ditawarkannya juga sangat nyaman digunakan di area gelap. Fitur-fitur canggih seperti sidik jari juga tersedia, jadi setidaknya login mudah dan aman.

Juga, fitur hebat lainnya dari laptop ini adalah kualitas webcam. Resolusinya adalah kamera HD 720p, yang mendukung rana privasi. Jadi rapat seperti Zoom bisa lebih aman jika kualitasnya cukup baik.

Dukungan garansi penuh mungkin terbatas pada garansi satu tahun maksimum. Namun, pengguna sudah mendapatkan bonus tambahan saat membeli laptop ini dengan Windows 10 Home (dapat diupgrade ke Windows 11) dan Office Home and Student 2021.

Kesimpulan Awal

Asus VivoBook Pro M3401QC-OLED555 bisa dibilang salah satu laptop terbaik untuk para content creator dengan budget yang lebih terjangkau. Dengan harga sekitar $12,5 juta, Anda memiliki spesifikasi internal yang kuat, kualitas layar yang bagus, dan dukungan konektivitas yang canggih.

Mobilitasnya juga mantap, ringan, dan tentunya masih banyak fitur premium lainnya yang ditawarkan laptop ini. Sayangnya, RAM mungkin terbatas pada 8GB, dan sepertinya tidak dapat diupgrade (diperlukan referensi tambahan, Anda dapat memeriksa dengan Asus lagi). Pengguna mungkin harus hidup dengan kapasitas ini, meskipun itu lebih dari cukup untuk aplikasi modern.