Promosi Produk Online

Promosi Produk Online : Promosi suatu produk memegang peranan penting dalam Manajemen Pemasaran. Perusahaan dapat menjalankan kampanye iklan dan promosi yang sama secara berdampingan, di pasar dalam negeri atau memodifikasinya untuk setiap pasar lokal.

Penggunaan media untuk promosi juga memerlukan adaptasi internasional karena ketersediaannya bervariasi dari satu negara ke negara lain. Pada dasarnya semua iklan menampilkan gambar tunggal yang sama. Majalah, TV dan internet memainkan peran utama untuk promosi suatu produk.

Tetapi mereka semua bervariasi dalam ketersediaan dan efektivitas. Strategi marketing online saat ini di media sosial, bagaimana postingan produk bisa memiliki engagement rate luaxs, cara promosi di instagram menjangkau banyak orang dan memiliki tingkat interaksi dengan followers/subscribers tinggi. Misalnya surat kabar memiliki jangkauan nasional di Inggris tetapi pengiklan hanya dapat membeli liputan lokal di sebagian besar negara.

Menurut saya, internet tidak akan menjadi media periklanan utama seperti radio, TV dan media cetak, karena pengguna internet lebih tertarik dengan kegunaan lain, tetapi iklan muncul di layar. Alasan-alasan ini dapat menjadi alasan perusahaan harus memutuskan media mana yang hemat biaya untuk promosi produk. Portal populer seperti MSN dan yahoo dapat membebankan biaya besar karena audiensnya yang besar.

Iklan banner yang berisi teks dan mungkin gambar adalah alat promosi yang paling banyak digunakan.

Situs mikro relevan untuk perusahaan yang menjual produk berbunga rendah, seperti asuransi. Orang jarang mengunjungi situs web perusahaan asuransi.

Interstisial adalah iklan yang muncul di antara perubahan pada situs web.

Sponsor paling baik ditempatkan di situs yang ditargetkan dengan baik di mana seseorang dapat menawarkan informasi atau layanan yang relevan.

Perusahaan dapat mengatur aliansi dan program afiliasi di mana satu perusahaan internet bekerja dengan yang lain. Perusahaan dapat menawarkan untuk mencetak konten dan meningkatkan target audiens yang ingin menerimanya. Iklan menjangkau audiens yang benar-benar tertarik dengan produk. Biayanya juga masuk akal dibandingkan dengan media iklan lainnya.

Promosi menjadi bagian penting dari 5 P harus dipertimbangkan pada tingkat optimal untuk pemasaran produk dan media harus dipilih dengan mempertimbangkan semua faktor.