25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Pilih Berlian atau Batu Mulia untuk Cincin Lamaran? Cek Karakternya Disini

2 min read

Seperti yang kita tahu, pernikahan merupakan suatu momen yang terjadi satu kali seumur hidup. Oleh karena itulah momen tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin supaya menjadi momen indah yang tidak terlupakan.

Pilih Berlian atau Batu Mulia untuk Cincin Lamaran? Cek Karakternya Disini

Sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, biasanya pasangan akan melakukan lamaran nikah terlebih dahulu. Nah, ketika lamaran pernikahan ini dilakukan, biasanya pasangan pria akan memberikan cincin untuk pasangan wanita sebagai bentuk keseriusan dan kemapanan finansial.

Anda tidak boleh asal dalam memberikan cincin tunangan kepada pasangan Anda. Anda harus memilih bahan yang tepat untuk cincin tersebut, Anda bisa memilih cincin berlian atau batu mulia sebagai bahannya.

Kedua bahan tersebut adalah bahan yang paling sering dipilih pasangan untuk cincin lamaran. Namun, manakah yang lebih bagus diantara kedua cincin tersebut. Berikut akan kami jelaskan secara singkat karakteristik dari cincin berlian dan batu mulia.

Karakter Berlian

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan cincin berlian, berlian ini dikenal sebagai perhiasan yang mewah dan mahal. Nah berikut ini adalah karakteristik dari berlian yang harus Anda ketahui:

  1. Berkualitas Tinggi

Berlian adalah perhiasan yang langka dan berkualitas tinggi dengan penampilan yang sangat cantik. Berlian mempunyai standar kualitas 4C, yaitu Cut, Color, Clarity, dan Carat. Berlian memiliki kualitas tinggi dalam keempat standar tersebut.

  1. Sangat Keras

Berlian merupakan material yang memiliki daya tahan tinggi, kuat, keras, dan tahan banting. Proses pembuatan berlian ini bisa memakan waktu sampai dengan 1 miliar tahun. Sebagai salah satu material paling keras, berlian hanya bisa dihancurkan dengan berlian lainnya.  

  1. Colorless

Berlian memiliki karakter colorless yang mana warna berlian ini memiliki nilai yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan perhiasan memiliki warna netral sehingga fleksibel jika dipadukan dengan berbagai penampilan dan warna lainnya secara keseluruhan.

Karakter Batu Mulia

Setelah memahami karakter berlian, selanjutnya Anda juga harus tahu karakter baru mulia supaya bisa membandingkan mana yang lebih baik diantara keduanya. Berikut adalah karakteristik batu mulia:

  1. Warna Bervariasi

Yang pertama, batu mulia mempunyai warna yang lebih bervariasi dibandingkan berlian yang hanya memiliki satu warna saja. Masing-masing warna batu mulia memiliki karakter sifat dan juga simbolismenya masing-masing.

  1. Elegan dan Gemerlap

Selain warnanya yang bervariasi, batu mulia juga memiliki standar cut, clarity, dan transparansi yang membuatnya terlihat elegan dan gemerlap ketika terkena cahaya. Apalagi jika ditambah dengan standar karat, ini akan membuat nilai batu mulia lebih tinggi.

  1. Warna yang Disarankan

Meskipun ada banyak warna, namun hanya ada tiga warna yang disarankan sebagai cincin tunangan. Yaitu warna batu safir, batu ruby, dan batu emerald. Hal ini karena tekstur ketiga warna ini cukup keras dan punya ketahanan tinggi.

Jadi, mana yang lebih baik antara berlian dan batu mulia? Nah, Anda bisa memilih berlian jika menginginkan kilauan yang indah dan tetap bernilai meskipun zaman berubah. Untuk batu mulia, Anda bisa memilihnya apabila menginginkan cincin yang bisa menghasilkan kilau warna unik.