19/06/2021

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Melirik Keseruan Permainan Kasti

Permainan Kasti

Permainan Kasti

Permainan kasti merupakan salah satu permainan cukup tradisional yang hingga kini masih banyak dimainkan oleh sebagian besar orang. Merupakan jenis permainan beregu, para pemain yang bertugas pun memiliki tugas masing-masing di dalam permainan kasti itu. Umumnya, permainan kasti merupakan sebuah permainan yang biasa dijadikan sebagai salah satu olahraga di intansi pendidikan. Baik jenjang Sekolah Dasar hingga jenjang Sekolah Menengah Atas.

Karena permainan kasti adalah permainan antar regu atau tim, maka kerja sama tim juga harus kompak. Karena, hal tersebut juga berpengaruh terhadap menang atau tidaknya sebuah regu. Oleh karena itu, strategi yang digunakan untuk bermain permainan kasti tidak hanya strategi individu melainkan kelompok. Strategi tersebut harus dibuat sesempurna mungkin agar memaksimalkan kemungkinan tim akan menang.

Manfaat Permainan Kasti

Biasanya, permainan kasti tidak hanya di berlakukan di intansi pendidikan saja. Namun, di beberapa lembaga atau perlombaan akan diadakan permainan kasti sebagai sebuah permainan yang meningkatkan kerja sama tim. Tidak hanya itu, manfaat dari bermain permainan kasti lainnya adalah melatih kebugaran jasmani karena diharuskan berlari agar tidak gugur dalam permainan.

Selain itu, manajemen waktu dalam membuat keputusan antara bergerak maju atau tidak juga merupakan salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika bermain permainan kasti. Tak lupa juga, kamu akan dapat menguasai teknik-teknik pukulan, pertahanan, dan menggugurkan lawan, ketika bermain permainan ini.

Aturan Bermain dalam Permainan Kasti

Sedikit berbeda dengan permainan lainnya, permainan kasti memiliki sedikit aturan yang harus dipatuhi. Seperti, pukulan yang tepat masuk ke dalam area lawan, pukulan yang gagal tiga kali dinyatakan gugur, lari yang cepat agar tidak terkena pukulan bola kasti yang menandakan pemain gugur, dan masih banyak lainnya.

Tata cara bermain permainan kasti juga cukup mudah. Setelah dibagi menjadi dua kelompok bagian, para pemain yang menang akan bergantian memukul bola kasti. Sedangkan tim yang kalah harus menjaga area dan siap untuk menangkap bola. Strateginya, persebaran anggota tim yang kalah harus benar dan tepat. Agar kemanapun bola melambung, dapat ditangkap dengan mudah.