28/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasi Secara Alami

3 min read

10 Makanan yang Mampu Mengusir Bau Badan

Mempunyai masalah bau badan memang sangat mengganggu. Di samping dapat mengurangi rasa percaya diri, masalah ini juga bisa berdampak kurang baik pada kesehatan apabila dibiarkan. Karena itulah, Anda perlu mengetahui penyebab bau badan agar bisa menghindarinya. Dan Anda juga perlu mengetahui beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan mudah dilakukan ini agar dapat mengatasinya, baik itu secara alami maupun menggunakan metode medis!

Apa Sih Penyebab Bau Badan Menyengat?

Keringat kerapkali dituduh sebagai penyebab bau badan. Namun sebenarnya keringat merupakan cairan yang tidak berwarna dan berbau. Keringat memiliki komposisi yang terdiri atas air, garam, protein, dan minyak yang bukan merupakan zat-zat pemicu munculnya bau badan. Penyebab bau keringat, atau lebih sering disebut dengan istilah bau badan, sebenarnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri.

Dalam tubuh manusia, ada jutaan bakteri tidak berbahaya yang berdiam di permukaan tubuh dan berfungsi membantu pertahanan alami kulit. Bakteri-bakteri tersebut berkembang biak dan bertahan hidup di lingkungan yang lembab dan kaya nutrisi seperti pada daerah ketiak. Untuk dapat bertahan hidup, bakteri memakan keringat manusia dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka. Proses metabolisme tersebut menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang.

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan bau badan. Anda tidak perlu bersusah-susah, karena terdapat beberapa bahan alami yang mudah Anda temui sehari-hari yang ternyata juga bisa membantumu mengatasi masalah bau badan. Di bawah ini adalah sejumlah bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan badan:

  1. Daun Sirih

Daun sirih adalah bahan alami untuk mengatasi bau badan. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih yaitu dimulai dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air. Selanjutnya, setelah mendidih, tuang air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Gunakan air rebusan tersebut untuk mandi dua kali sehari.

  1. Cuka Sari Apel

Tidak lagi menjadi rahasia bahwa jika cuka sari apel dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Di samping itu, cuka sari apel bisa menghilangkan bau badan secara cepat. Cukup oleskan cuka sari apel ke ketiak dan lipatan-lipatan tubuh lainnya dan diamkan selama lima belas menit sebelum Anda mandi dengan sabun. Cara ini bisa Anda lakukan setiap sebelum mandi agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

  1. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat yang dapat menetralkan asam dan basa sehingga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Anda bisa mengaplikasikan baking soda langsung di bagian-bagian tubuh yang sering berkeringat. Caranya campurkan ΒΌ sendok the baking soda dengan sedikit air hangat, kemudian oleskan di area yang sering berkeringat terutama ketiak. Diamkan hingga kering lalu bersihkan dengan air. Perlu diperhatikan walaupun dapat menghilangkan bau badan, baking soda tidak cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitive.

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil mempunyai sifat antibakteri sehingg dipercaya bisa mengurangi bakteri penyebab bau badan di kulit. Anda bisa mengoleskan tea tree oil pada ketiak sebagai deodorant berbahan alami. Walaupun terdapat banyak cara untuk menghilangkan bau badan secara alami, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitas dan keamanan berbagai bahan alami tersebut untuk menghilangkan bau badan.

Anda dapat mencoba menerapkan berbagai cara menghilangkan bau badan yang telah diuraikan di atas. Tetapi, apabila bau badan tak kunjung hilang, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.