Pentingnya Skill Komunikasi untuk Kesuksesan dalam Dunia Kerja

Komunikasi merupakan suatu aktivitas membagikan dan menerima informasi baik melalui tulisan, suara, maupun media lainnya. Semua orang bisa melakukan komunikasi, bahkan seorang bayi menangis untuk memberi tahu bahwa ia lapar adalah bentuk komunikasi. Namun tidak semua orang pintar dalam melakukan komunikasi. Padahal skill komunikasi penting dalam setiap fase kehidupan Anda, dimanapun Anda berada, termasuk ketika Anda bekerja. Berikut pentingnya skill komunikasi dalam dunia kerja.

1. Pentingnya skill komunikasi untuk menghindari konflik

Perbedaan pendapat ketika Anda bekerja dalam tim adalah hal yang biasa. Akan tetapi, hal yang membedakan adalah bagaimana Anda bisa menyampaikan perbedaan pendapat serta kritik terhadap kolega. Skill komunikasi yang buruk bisa membuat kolega Anda salah paham dan merusak hubungan kerja.

Sebaliknya, dengan skill komunikasi yang mumpuni, Anda akan dapat menyampaikan ketidaksetujuan dengan baik. Proses komunikasi yang lancar akan berbanding lurus dengan keberhasilan tim dalam mengejar tujuannya.

2. Dihargai oleh kolega

Bayangkan jika Anda memiliki gagasan yang brilian untuk tim Anda, tapi Anda menjelaskannya dengan berputar-putar. Apakah atasan Anda akan tertarik dengan ide tersebut? Mungkin Anda sudah gagal bahkan sebelum tim Anda mendiskusikannya.

Pentingnya skill komunikasi dalam dunia kerja adalah juga membuat kolega Anda mau mendengarkan apa yang Anda sampaikan. Terlebih jika Anda adalah orang yang memiliki jabatan di kantor. Skill komunikasi turut menentukan seberapa terlihat berwibawa nya Anda di depan para staf.

3. Pentingnya skill komunikasi untuk meyakinkan klien atau konsumen

Pentingnya skill komunikasi dalam dunia kerja selanjutnya terkait dengan klien atau konsumen. Dengan skill komunikasi yang mumpuni, Anda akan terlihat berwibawa bagi mereka. Selain itu, Anda juga dapat meyakinkan klien atau konsumen mengenai apa yang Anda tawarkan. Skill komunikasi yang buruk akan membuat calon klien tidak yakin bahwa Anda adalah seorang profesional yang layak untuk diajak bekerjasama. Pada akhirnya, keberhasilan kontrak akan menjadi prestasi Anda di tempat kerja. Sangat berpengaruh bukan skill yang satu ini dalam dunia kerja?

4. Membuat Anda bertahan pada dunia kerja

Saat ini, banyak kantor yang sudah terbuka pada diversitas karyawannya. Karyawan dengan berbagai perbedaan latar belakang, baik ras, suku, negara, dan lainnya berkumpul dalam satu kantor. Perbedaan latar belakang tersebut membuat setiap orang memiliki cara komunikasi yang berbeda. Namun dengan skill komunikasi yang bagus, Anda dapat beradaptasi dengan perbedaan  tersebut.

Jika Anda memiliki lingkungan kantor yang demikian, tipsnya adalah Anda mempelajari bahasa dan budaya rekan kerja, terutama rekan kerja satu tim. Misalnya Anda memiliki kolega dari China, Anda bisa mengikuti kursus mandarin. Tidak hanya untuk beradaptasi dengan rekan kerja, pentingnya skill komunikasi dengan bahasa asing juga untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Sebab, dewasa ini, salah satu unsur yang penting dalam skill komunikasi memang adalah kemampuan berbahasa asing. Oleh karenanya, belajar bahasa asing adalah keputusan yang benar, seperti misalnya ikut kursus mandarin online. Ketika belajar bahasa asing, Anda otomatis juga mempelajari budayanya. Sehingga Anda akan tahu cara berkomunikasi dengan orang yang berbeda latar budayanya.

Kesimpulan

Nah itu beberapa poin yang menunjukkan pentingnya skill komunikasi dalam dunia kerja. Banyak orang belum sadar pentingnya skill komunikasi, karena menganggap komunikasi di dunia kerja sama dengan berbicara saja. Padahal, komunikasi memiliki teori dan seninya tersendiri. Skill komunikasi yang baik akan mendukung kesuksesan Anda dalam dunia kerja. Yuk asah skill komunikasi Anda sejak sekarang!