Pengertian nikah siri menurut Agama

Pada dasarnya pernikahan siri ini di sebabkan untuk pernikahan yang tidak dicatat di kantor urusan agama melainkan hanya menurut agama saja. Namun pernikahan siri ini juga biasa dilakukan oleh beberapa agama lain yang melangsungkan pernikahan menurut agama mereka atau adat istiadat setempat.

Pernikahan siri sendiri sudah bukan menjadi rahasia bagi masyarakat Indonesia sendiri dan umum terjadi dan dinikahkan di tempat seperti jasa nikah siri Bogor, seperti yang sedang ramai pernikahan antara artis Lesti Kejora dan Rizki Billar mengumumkan sebelumnya telah menikah secara siri pada awal tahun 2021. Lalu, apa nikah siri?

Pengertian nikah siri

Pengertian nikah siri merupakan nikah yang tak dicatatkan di pemerintah, dalam hal ini Kantor Urusan Agama (KUA). Sehingga, tidak mempunyai kekuatan hukum terlebih pada ibu dan anaknya.

Namun demikian pernikahan siri ini adakalanya perlu atau harus dilakukan karena adanya sebab-sebab tertentu pernikahan ini terjadi misalnya dikarenakan salah satu calon mempelai masih dibawah umur atau masih sekolah, mempelai pria yang menginginkan dua istri tapi belum mendapatkan restu dari istri, sudah bercerai tapi belum mengurus perceraian secara hukum, kepergok berhubung dengan kekasih dan di nikahkan oleh warga.

Dari beberapa hal tersebut pernikahan siri ini dilakukan menjadikan beberapa sebab diatas pernikahan siri ini dilakukan.

Jika masih ingin lebih jauh tentang apa itu nikah siri dan syarat apa yang harus di penuhi untuk melakukan pernikahan siri menurut agama silahkan hubungi Jasa Nikah Siri Bogor untuk berkonsultasi lebih lanjut.