Pengertian Leadership dan Unsur Utamanya

Saat mendengar kata pelatihan, apa yang akan Anda pikirkan? Pelatihan umumnya akan dilakukan oleh karyawan yang bekerja dalam perusahaan. Salah satu jenis pelatihan yang paling banyak diperlukan adalah pelatihan leadership. Untuk itu, pastikan mengetahui pengertian leadership dan unsur utamanya.

Pengertian Leadership dan Unsur Utamanya

Pengertian Leadership

Leadership atau yang lebih dikenal dengan kepemimpinan adalah sebuah proses maupun kemampuan dalam mempengaruhi serta mengarahkan orang lain. Agar mereka dapat lebih patuh, percaya diri, serta setia dalam berbuat sesuatu sesuai dengan target atau tujuan yang sudah ditetapkan.

Perlu diketahui bahwa istilah leadership sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya kepemimpinan. Kata leader memiliki arti pemimpin. Sedangkan kata to lead yakni berjalan di awal, bergerak lebih awal, atau mengambil langkah awal. Tidak heran jika semua arti tersebut berhubungan dengan sosok pemimpin.

Jika diartikan lebih umum, maka leadership merupakan sebuah proses mempengaruhi orang lain agar mereka setuju dengan apa yang harus dilakukan. Adapun kegiatan kepemimpinan tersebut dilakukan agar mencapai tujuan utama. Tidak jarang pula individu akan mendapatkan fasilitas untuk mencapai tujuan.

Unsur Utama Leadership

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pemimpin dalam divisi atau bidang tertentu, maka jangan ragu untuk mengikuti berbagai training leadership yang saat ini sudah banyak diadakan. Seorang pemimpin atau leadership ini sendiri menempati posisi yang cukup strategis serta tanggung jawab yang besar.

Pasalnya, berhasil atau tidaknya sebuah tim akan ditentukan dari kepemimpinan yang dilakukan itu sendiri. Lantas apa unsur utama leadership atau kepemimpinan tersebut. Terdapat beberapa unsur yang bisa Anda ketahui. Diantaranya seperti follower atau pengikut.

Adanya kepemimpinan tersebut awalnya disebabkan adanya pengikut. Dengan begitu, terdapat orang lain yang mengikuti kehendak pemimpin. Unsur selanjutnya adalah tujuan kepemimpinan. Tujuan tersebutlah yang menyebabkan timbulnya kerja sama dan kegiatan untuk mengatur dan mempengaruhi bawahannya.

Itulah berbagai informasi menarik mengenai pengertian leadership yang bisa diketahui. Sangat penting bagi pemimpin untuk memiliki skill yang baik dalam memimpin bawahannya. Sebelum memimpin, maka pastikan untuk memenuhi beberapa unsur utama yang disebutkan di atas.