11/08/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Pengertian Industri Hilir Migas

3 min read

Seperti yang udah kita ketahui, bahwa aktivitas industri migas terdiri dari dua aktivitas yakni industri hulu dan industri hilir (bisnis hulu dan bisnis hilir).

Pada artikel di awalnya kita suda membicarakan mengenai seluruh aktivitas yang meliputi industri hulu migas, supaya untuk melengkapinya maka artikel kali ini aku bakal coba membicarakan mengenai aktivitas industri hilir migas yang merupakan step ke dua dari seluruh aktivitas industri migas menggunakan Flow Meter supaya dihasilkan berbagai macam jenis product hasil olahan minyak bumi yang banyak digunakan oleh penduduk waktu ini.

Pengertian Industri Hilir Migas

Secara umum, bisnis hilir migas bisa diambil kesimpulan sebagai proses pengolahan minyak mentah maupun gas alam hingga terhadap step pemasaran hasil produksi, proses ini meliputi pengolahan, pengangkutan, penyimpanan dan niaga (pemasaran). Untuk lebih jelasnya selanjutnya penjelasan tiap-tiap proses tersebut:

 

1. Pengolahan

Tahap pertama terhadap bisnis hilir migas ialah step pengolahan, terhadap dasarnya proses pengolahan memiliki tujuan untuk memurnikan menyak mentah, beroleh bagian-bagian yang diinginkan dan mempertinggi mutu dan juga nilai malah fraksi minyak bumi maupun gas alam. Proses pengolahan minyak mentah ditunaikan terhadap area yang kerap disebut bersama kilang (Refinery Unit) yang terdiri dari berbagai macam jenis peralatan pengolahan dan juga teknologi di dalamnya. Proses pengolahan bakal membuahkan berbagai jenis product bahan bakar maupun product setengah jadi, selanjutnya contohnya:

Produk Bahan Bakar terdiri dari bensin, kerosen, minyak diesel, avtur, minyak bakar, LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan lebih dari satu product hasil olahan lainnya.

Produk setengah jadi atau kerap termasuk disebut product pada adalah bahan-bahan hasil olahan yang bisa digunakan sebagai bahan baku terhadap industri lain, jikalau saja industri petrokimia. Contoh product pada selanjutnya layaknya propilena, etilena, benzena, toluena, methanol dan sebagainya.

Peralatan utama terhadap proses ini yakni kolom destilasi yang berguna untuk menengahi fraksi-fraksi minyak mentah. lantas proses pemurnian yang memiliki tujuan untuk menghalau komponen-komponen yang tidak diinginkan layaknya mineral (garam), sulfur dan air, setelah itu proses konversi yang berguna untuk meningkatkan mutu product hasil olahan. Untuk lebih jelasnya silakan kamu baca terhadap artikel-artikel sebelumya.

 

2. Pengangkutan

Proses pengangkutan terhadap industri hilir migas merupakan aktivitas pemindahan minyak bumi dan gas bumi atau hasil olahan dari wilayah kerja baik itu pengolahan maupun dari area penampungan. Proses pengankutan biasanya memakai kapal atau lewat pipa transmisi dan distribusi. Apabila pemindahannya memakai pipa maka harus perhatian spesifik layaknya pemilihan jenis pipa yang cocok bersama karakteristik fraksi yang bakal dialirkan di dalamnya.

 

3. Penyimpanan

Kegiatan penyimpanan meliputi proses penerimaan, pengumpulan dan penampungan minyak bumi dan gas alam dan juga hasil olahan. Lokasi penyimpanan untuk hasil olahan bisa saja berada di bawah tanah maupun di atas permukaan bersama memakai tangki yang cocok bersama karakteristik fraksi di dalamnya.

 

4. Kegiatan Niaga (Pemasaran)

Kegaiatan pemasaran merupakan step akhir terhadap bisnis hilir/industri hilir migas dimana terdiri dari pembelian, penjualan, expor dan impor minyak bumi dan gas bumi dan juga hasil olahan lainnya. Kegiatan niaga bisa digolongkan di dalam dua anggota yakni bisnis niaga lazim dan bisnis niaga terbatas, selanjutnya penjelasannya:

Niaga lazim (whole sale)
Yaitu suatu aktivitas yang meliputi pembelian, penjualan, expor dan impor bahan bakar dan product lainnya di dalam skala yang besar bersama memakai fasilitas dan fasilitas niaga yang memadai. Perusahaan penerima mempunyai hak untuk untuk melaksanakan penjualan bersama memakai merek tertentu.

Niaga terbatas (trading)
Merupakan penjualan produk-produk niaga migas layaknya minyak bumi, bahan bakar gas maupun hasil olahan lainnya karena kurangnya fasilitas dan tidak mempunyai izin niaga.

Demikianlah pembahsan mengenai kegian industri hilir migas atau kerap termasuk disebut bisnis hilir migas. Sesuai dari pengamatan di di dalam mengisi artikel ini maka bisa kita simpulkan bahwa aktivitas hilir migas terdiri dari step pengolahan bahan baku jadi product jadi, pengangkutan, penyimpanan dan step pemasaran kepada konsumen.