28/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Pemasangan CCTV Di Lingkungan Rumah Apakah penting?

3 min read

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang CCTV, berikut ini ulasannya.

 

Pengertian CCTV

 

Closed Circuit Television (CCTV) merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengintai, mengawasi ataupun merekam keadaan di suatu tempat untuk keperluan keamanan.

 

Perangkat kamera ini biasanya di pasang di tempat yang membutuhkan pengawasan lebih. Adapun sinyal yang di tangkap oleh CCTV bersifat tertutup atau tidak di publikasikan layaknya yang terjadi pada televisi pada umumnya.

 

CCTV ada yang hanya bisa menampilkan situasi di tempat, ada juga yang bisa menyimpan rekaman kejadian yang terekam. Itu bisa di sesuaikan dengan keinginan pengguna.

 

Sejarah CCTV

 

CCTV ditemukan oleh seorang insinyur jerman yang bernama Leon Theremin. Tetapi untuk penggunaan CCTV di indonesia sendiri baru populer beberapa tahun lalu.

 

Leon Theremin adalah seorang ilmuwan fisika yang berasal dari rusia. ia mengenalkan CCTV pertama kali pada bulan juli tahun 1927. Dan penemuannya itu diminta oleh uni soviet untuk keperluan pertahanan.

 

Pada awal nya, sistem dalam CCTV harus dijalankan secara manual menggunakan scanning transmission camera. Sistem ini juga membutuhkan wireless gelombang pendek yang terdiri dari transmitter dan receiver.

 

Selain uni soviet, NAZI Jerman juga menggunakan CCTV pada tahun 1942. Sistem ini merupakan sistem yang diinstall oleh siemens AC dan juga test stand VII.

 

Lalu untuk penggunaan CCTV secara umum pertama dilakukan di amerika serikat pada tahun 1949 oleh perusahaan Vericon.

 

Fungsi CCTV

 

Pada dasarnya, CCTV adalah sebuah alat yang digunakan untuk merekam keadaan di suatu tempat. CCTV yang digunakan oleh publik bisa di gunakan di banyak area.

 

Penggunaan CCTV sebagai perangkat pribadi biasanya di gunakan untuk pengamanan di rumah, toko dan masih banyak lainnya. Penggunaan CCTV juga legal jika di pakai dengan ketentuan yang sudah berlaku.

 

Contohnya, penggunaan CCTV untuk pengawasan di rumah, toko atau instansi lainnya. Tetapi jika digunakan di dalam kamar hotel, maka dianggap ilegal.

 

Apakah penggunaan CCTV ini penting?

 

Penggunaan CCTV penting untuk kebutuhan secara umum misalnya pengawasan rumah, toko ataupun bisnis.

 

Selain itu, CCTV  sekarang dilengkapi dengan sensor gerak yang akan menambah keamanan pada rumah anda. Contohnya jika di sekitar rumah anda ada gerakan yang mencurigakan, keberadaan CCTV akan sangat menguntungkan untuk mencegah terjadinya kejahatan.

 

Jika di lingkungan bisnis, CCTV dapat untuk memonitor kerja para karyawan sehingga lebih produktif. Selain itu juga dapat mencegah kejahatan seperti pencurian terjadi.

 

Area yang memiliki kondisi padat biasanya di lengkapi dengan CCTV untuk memudahkan deteksi terjadinya tindak kriminal.

 

Untuk anda yang ingin menggunakan CCTV di rumah maupun properti pribadi anda, sekarang ini sudah banyak jasa pemasangan CCTV yang tersebar di seluruh wilayah indonesia. anda bisa mendatangi tempat langsung atau memesan melalui media online.

 

Jasa pasang CCTV Cilacap

Jenis-jenis CCTV

 

  1. CCTV analog

 

Adalah salah satu jenis CCTV  yang paling lama di pasaran. CCTV ini bekerja dengan cara manual.

 

Keunggulan dari CCTV ini adalah harga yang murah dan sistem kerja yang tidak rumit. Namun sayangnya, CCTV jenis ini rawan karena memory atau video simpanan bisa saja hilang dicuri.

 

Untuk informasi pembelian dan pemasangan produk bisa dilihat pada website CCTV Cilacap untuk anda yang berdomisili Cilacap dan sekitarnya.

 

2. CCTV dengan IP camera

 

Untuk jenis ini biasanya bekerja dengan sambungan internet. Hal ini berguna untuk keamanan penyimpanan CCTV agar lebih aman. Akan tetapi, untuk harga CCTV yang satu ini lumayan mahal.

 

Kelebihan yang lainnya yaitu kualitas video yang dihasilkan. Biasanya CCTV dengan IP camera ini menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi.

 

Cara kerja CCTV 

 

Cara kerja untuk CCTV jenis analog adalah dengan menyimpan video rekaman ke dalam memory yang tertanam pada CCTV. Sedangkan untuk jenis IP camera, menggunakan sambungan internet untuk media penyimpanannya.

 

Selain itu, CCTV IP camera diinstall dengan sistem yang besar dan tersambung antara satu dengan yang lainnya. Hal ini menyebabkan CCTV jenis ini banyak digunakan di perusahaan-perusahaan.

 

Itu saja beberapa ulasan kai tentang pengertian CCTV dan beberapa opsi penting lainnya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan membantu anda untuk memahami secara lengkap mengenai CCTV.

 

Untuk anda yang ingin menggunakan CCTV di rumah maupun properti pribadi anda, sekarang ini sudah banyak jasa pasang CCTV Cilacap yang menyediakan layanan di wilayah Cilacap. Anda bisa mendatangi tempat langsung atau memesan melalui media online.