23/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Oleh Oleh Khas Wonosobo Yang Wajib Anda Coba

3 min read

Oleh oleh khas Wonosobo terfavorit yang sering diburu oleh wisatawan sementara berkunjung ke sana bermacam-macam. Seperti yang diketahui, Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang cukup populer di provinsi Jawa Tengah. Daerah yang meraih julukan sebagai ‘kota bunga’ ini sebetulnya menaruh banyak sekali potensi wisata yang tidak kalah bersama tempat lainnya.

Selain tempat wisata yang dijamin keren, di Wonosobo terhitung banyak sekali dijumpai oleh oleh khas yang sering diburu untuk dijadikan buah tangan. Bagi Anda yang merencanakan untuk liburan ke Wonosobo di dalam sementara dekat ini, pastikan untuk belanja beberapa oleh-oleh favorit berikut. Langsung saja selanjutnya ini dapat di sediakan beberapa Info singkat seputar anjuran oleh-oleh khas Wonosobo yang sayang untuk dilewatkan.

1. Buah Khas Wonosobo Carica Sumbing Segar

oleh oleh khas Wonosobo

Sudah pernah lihat buah carica? Jika belum, Anda mampu berkunjung ke tempat Wonosobo untuk mampu melihatnya. Dilihat berasal dari bentuknya buah Carica merupakan sebuah buah yang sama bersama pepaya. Salah satu keunikan berasal dari buah ini yakni cuma mampu ditemukan di Dieng, Wonosobo. Tak heran jika banyak wisatawan berburu buah ini untuk dijadikan oleh-oleh keluarga tercinta.

2. Purwaceng Minuman Khas Wonosobo

Salah satu oleh oleh khas Dieng yang memiliki keunikan tersendiri gara-gara terbuat berasal dari akar tumbuhan khas Wonosobo. Purwaceng merupakan minuman yang mampu menaikkan gairah gara-gara memiliki khasiat afrodisiak.

Menurut beberapa sumber seperti wikipedia, purwaceng ini cuma tumbuh di Jawa. Terutama di dataran Tinggi dan salah satunya berada di Dieng. Bahkan di beberapa catatan istana di Jawa tumbuhan ini telah mulai digunakan gara-gara khasiatnya.

Ada beberapa varian olahan berasal dari tumbuhan khas ini mulai berasal dari kopi purwaceng, teh, hingga serbuk alami. Tak heran banyak yang minum product satu ini gara-gara salah satu khasiatnya untuk menghangatkan badan.

3. Mie Ongklok Instan

Jika kamu berkunjung ke Wonosobo bisa saja dapat mendapatkan salah satu kuliner di Wonosobo yakni mie ongklok. Perpaduan bumbu tradisional khas yang dicampur bersama kucai dan sayur kubis di sediakan bersama sate. Apalagi jika dinikmati bersama hangatnya tempe khas Wonosobo yakni tempe kemul.

Namun sekarang telah keluar beberapa product instan berasal dari mie ongklok ini. Jadi kamu mampu membawa pulang kuliner khas berasal dari Wonosobo untuk dimakan bersama keluarga dirumah.

4. Tempe Kemul

Tempe yang cuma kita temukan di Wonosobo adalah tempe kemul. Mungkin disebut kemul gara-gara di dalam arti Jawa yang bermakna diselimuti. Berbeda bersama gorengan berasal dari tempat lain, tempe khas Dieng kebanyakan sedikit renyah dan tersedia campuran kucai.

Dan sekarang telah tersedia tempe kemul cemilan atau di Kota dingin ini disebut bersama PETOS. Cemilan ini wajib kamu bawa pulang gara-gara keluarga di tempat tinggal terhitung wajib menicicipi keunikannya.

5. Geblek

Wah berasal dari namanya aja bisa saja kalian telah penasaran bagaimana wujud makanan ini. Geblek merupakan salah satu kuliner dan cemilan khas Wonosobo. Mungkin cuma terbuat berasal dari tepung seperti cemilan cilok tetapi ini lebih kering.

Enak di sediakan di dalam kondisi hangat apalagi dimakan bersama dinginnya Dieng dan terhitung panorama yang indah. Sangat sayang bila kamu berwisata ke Kota Wonosobo tetapi tidak mencicipi cemilan satu ini.

6. Teh Tambi Oleh Oleh Khas Wonosobo

Lahan teh di Wonosobo cukup luas sejak jaman penjajahan belanda dahulu. Karena pernah teh merupakan salah satu rempah yang diperdagangkan secara internasional. Salah satu product yang masik eksis hingga sekarang adalah teh berasal dari Perkebunan Tambi.

Teh ini populer berasal dari Dieng gara-gara rasanya yang enak dan terhitung kualitasnya mampu bersaing di kanca internasional. Rasa yang khas berasal dari teh yang ditanam di ketinggian 4.500 kaki di atas permukaan air laut.