05/12/2020

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

MPASI 10 Bulan Yang Lezat Diberikan Untuk Anak Anda

MPASI 10 Bulan Yang Lezat Diberikan Untuk Anak Anda

Nutrisi merupakan salah satu komponen terpenting selama manusia hidup. Dimana nutrisi dapat memberikan kesempatan dan juga memberikan ruang kepada individu untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Memenuhi kebutuhan nutrisi dapat dilakukan dengan makan atau minum. Pada usia bayi, MPASI merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk memenuhi nutrisi lebih. Sehingga waktu MPASI pastikan makanan yang diberikan kaya akan nutrisi untuk bayi.

MPASI dimulai pada usia 6 bulan pasca kelahiran bayi. Pada usia ini, pencernaan bayi akan siap menerima makanan dan asupan dari luar. Beberapa tandanya adalah bayi akan mulai tertarik dengan makanan anda dan juga sudah dapat menegakkan kepala mereka. Sehingga pada usia ini memberikan makanan yang lembut dan mudah dicerna dalam bentuk puree merupakan hal yang benar. Menu MPASI 10 bulan akan berbeda dengan usia 6 bulan.

Pada MPASI 10 bulan, tekstur makanan bayi akan ditingkatkan. Dari yang awalnya berupa puree akan berubah sedikit kasar. Pada tahapan ini diharapkan bayi dapat mulai terbiasa dengan makanan yang bertekstur kasar. Sehingga kedepannya pencernaan bayi akan siap dengan beragam makanan yang akan dimakan bayi. Pada usia ini juga beberapa makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi bayi akan bertambah.

Pada MPASI 10 bulan, hal sering dialami adalah menyiapkan menu makanan bayi yang praktis, sangat sulit. Sehingga anda dapat membentuk menu makanan anak selama seminggu kedepan dan membeli bahan makanan sebelumnya. Hal tersebut dapat mempermudah anda dalam menyiapkan makanan anak. Kegiatan tersebut juga akan membuat anda menghemat waktu dalam menyiapkan makanan anak. Anda dapat melakukan pencarian dalam internet atau buku menu makanan anak.

Menu MPASI 10 bulan yang dapat dicoba adalah ayam ubi tumbuk. Dalam membuat makanan ini, sangat mudah dan cepat. Bahkan bahan yang digunakan sangat mudah yakni ayam kampung dan ubi kukus. Pertama – tama anda harus merebus ayam kampung hingga lunak lalu dicincang. Selanjutnya, ayam akan digiling bersama dengan ubi rebus agar mudah dimakan oleh bayi.

Menu MPASI 10 bulan selanjutnya yang kaya nutrisi adalah finger food sayur dan tahu. Pada menu ini, anak dapat memakan makanan ini sendiri dan mendorong kemampuan motorik anak. Bahan yang diperlukan pun mudah yakni kentang, wortel, buncis, tahu dan jagung manis. Makanan ini dapat dipotong sesuai ukuran lalu dikukus. Makanan ini dapat disajikan saat dingin pada bayi sebagai snack harian bayi.

MPASI 10 bulan menjadi lengkap dengan konsumsi susu formula. Dimana konsumsi susu dilakukan untuk menunjang perkembangan bayi dan kebutuhan nutrisinya. Susu SGM menjadi pilihan para ibu sebagai menu pelengkap MPASI 10 bulan bayi dalam menyediakan nutrisi.