04/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Mengulik Perlengkapan Sound System, Jack Canon

2 min read

Mengulik Alat Standar Perlengkapan Sound System, Salah Satunya Konektor Jack Canon!

Bagi anda yang ingin berkecimpung di bidang musik, sangat penting untuk mengetahui alat standar apa saja dalam perlengkapan sound system. Karena alat alat ini akan sangat mendukung berbagai acara, baik itu sekadar acara kecil di rumah maupun acara besar seperti konser. Dalam hal ini, utamanya anda membutuhkan microphone dan jack canon serta speaker. Tapi bukan itu saja, berikut simak selengkapnya.

Alat Standar Perlengkapan Sound System

1. Speaker

Speaker merupakan peralatan yang akan menghasilkan suara, dan menjadi bagian akhir dari proses peningkatan suara. Adapun output yang dihasilkan oleh speaker tersebut adalah hasil dari proses antara komponen power amplifier, yang menguatkan sinyal suara, dengan komponen speaker yang menjadi media getaran dari sistem audio.

Cara kerjanya yaitu dengan mengubah sinyal listrik menjadi suara, sehingga memungkinkan sumber input seperti suara instrumen atau suara manusia menjadi output berupa suara yang lebih besar. Dengan fungsi dan cara kerja tersebut, tentu saja audio sound system selalu membutuhkan speaker. Dimana jenis speaker ini ada bermacam macam dengan fungsinya masing masing yang dapat disesuaikan kebutuhan.

2. Microphone dan Kabel Konektor

Selain speaker, anda membutuhkan microphone dan jack canon atau kabel konektor. Microphone adalah media yang dapat digunakan untuk menerima input suara, baik itu suara dari manusia maupun instrumen. Sementara konektor atau jack audio adalah port yang akan menghubungkan mic dengan perangkat sound system lainnya, baik itu mixer audio maupun speaker.

Kabel konektor tersebut memiliki peran yang penting, karena dapat mempengaruhi kekuatan sinyal yang dikirimkan dari input ke output. Itulah kenapa sebaiknya nada tidak secara sembarangan dalam memilih jack audio. Karena meskipun tampak sepele, nyatanya pengaruhnya cukup besar terhadap output audio yang dihasilkan.

3. Power Amplifier

Berikutnya, anda membutuhkan power amplifier sebagai alat standar perlengkapan sound system. Power amplifier ini adalah alat yang digunakan untuk meningkatkan suara pada speaker, sehingga audio yang awalnya berdaya rendah akan keluar dalam bentuk output suara yang besar. Di pasaran, kini anda bisa menemukan banyak sekali merk amplifier yang punya daya berbeda beda.

4. Mixer

Selain speaker, power amplifier, microphone dan jack canon, anda juga membutuhkan mixer. Dalam sound system, mixer audio mempunyai peran untuk mengelola atau mencampur suara. Itulah kenapa namanya disebut mixer, sehingga output audio nantinya mampu menciptakan hasil yang lebih harmonis ketika terdengar di telinga. Ketika anda memiliki siaran langsung, mixer ini sangat penting fungsinya.

Demikian alat standar perlengkapan sound system yang sebaiknya dimiliki sebagai permulaan apabila anda ingin terjun ke bidang musik. Dimana semua perlengkapan ini dapat ditemukan di Goshen Swara Indonesia. Goshen merupakan distributor sound system resmi di Indonesia yang menawarkan produk produk original. Sehingga anda dapat menemukan banyak merk ternama di sini.

Informasi lengkap mengenai produk terbaik kunjungi : www.goshen.co.id