Mengenal Search Engine Marketing dalam Pemasaran Digital

SEM , atau, pemasaran mesin telusur, adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin telusur seperti Google, dan menarik lalu lintas berkualitas ke situs web Anda. Berinvestasi dalam SEM adalah cara yang bagus bagi Anda untuk menumbuhkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan.

Definisi Search Engine Marketing

SEM adalah jenis strategi pemasaran digital yang berfokus untuk menempatkan perusahaan atau klien Anda di halaman pertama, jika bukan posisi pertama, hasil mesin pencari. Tujuannya jika untuk mengarahkan volume lalu lintas yang lebih tinggi ke situs Anda, yang kemudian dapat Anda konversi.

Apa itu Pemasaran Mesin Pencari?
Pemasaran mesin pencari mencakup semua alat, teknik, dan strategi yang membantu mengoptimalkan visibilitas situs web dan halaman web di mesin pencari seperti Google dan situs serupa lainnya.

Ada dua cara utama untuk muncul di bagian atas hasil.

Hasil organik atau alami biasanya ditampilkan di tengah halaman dan dipilih oleh algoritme Google. Algoritme ini menilai relevansi situs web (kualitas konten dan sejauh mana responsnya terhadap pencarian tertentu) dan otoritas situs web (tautan dari halaman lain).

Hasil berbayar juga ditampilkan di bagian atas halaman tetapi di kolom di sebelah kanan. Tidak seperti hasil organik, di sini pengiklan harus membayar jumlah tertentu untuk setiap klik pada iklan mereka. Untuk membeli ruang iklan di mesin pencari, perlu menggunakan platform seperti Google Ads.

Secara teori, pemasaran mesin pencari mencakup kedua jenis hasil. Namun dalam praktiknya, teknik yang ditujukan untuk meningkatkan pemosisian organik termasuk dalam kategori SEO dan teknik yang ditujukan untuk tampil di antara hasil berbayar dikategorikan sebagai SEM. Untuk menghindari kebingungan, kami akan menggunakan istilah SEM atau pemasaran mesin pencari hanya untuk nanti.

Oleh karena itu, pemasaran mesin pencari terdiri dari serangkaian alat, teknik, dan strategi yang bertujuan untuk mengoptimalkan iklan mesin pencari, muncul di posisi teratas, mendapatkan biaya per klik yang lebih rendah, dan memaksimalkan konversi dari iklan tersebut. Platform SEM yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Google Ads, tetapi ada solusi lain, seperti Bing Ads, misalnya.

Konsep Pemasaran Mesin Pencari
Kata kunci: ini adalah istilah yang dimasukkan pengguna ke mesin telusur yang meminta iklan atau hasil penelusuran tertentu ditampilkan. Mereka tidak harus menjadi kata-kata individu. Sebenarnya, penggunaan kelompok kata atau frasa adalah hal yang umum, seperti “beli sepatu Nike” atau “perangkat lunak akuntansi apa yang terbaik”.
Kesesuaian: saat menyiapkan kampanye di Google Ads, Anda perlu menentukan tingkat kesesuaian antara kata kunci yang telah Anda pilih dan istilah yang digunakan orang saat mengetik kueri ke mesin telusur. Ini dikenal sebagai “konkordansi.” Misalnya, jika Anda memilih pencocokan luas, iklan akan ditampilkan saat pengguna menelusuri sinonim atau istilah yang mirip dengan kata kunci. Jika Anda memilih pencocokan tepat, iklan hanya akan muncul saat pengguna memasukkan kata kunci tertentu di mesin pencari.

Iklan teks: ini adalah jenis iklan standar yang ditampilkan di mesin pencari, meskipun saat ini ada berbagai pilihan seperti iklan belanja. Iklan teks biasanya menyertakan judul, URL yang terlihat yang dapat disesuaikan, dan deskripsi singkat.
Grup iklan: di Google Ads, grup iklan terdiri dari beberapa iklan yang menampilkan kata kunci yang sama. Dengan cara ini, Anda dapat melihat mana yang paling efektif.

Kampanye: di Google Ads, kampanye seperti “payung” yang mengatur berbagai grup iklan dengan tujuan yang sama. Misalnya, jika Anda menjual perlengkapan sekolah secara online, satu kampanye dapat menyertakan grup iklan yang menampilkan buku teks, kampanye lain dapat memiliki ransel, dan kampanye ketiga dapat berfokus pada materi menggambar.

Halaman arahan: ini adalah halaman web yang diarahkan pengguna setelah mengklik iklan. Untuk mencapai hasil yang baik dengan pemasaran mesin pencari, halaman ini harus dioptimalkan untuk mendapatkan konversi dan mendorong pengguna untuk mengambil tindakan tertentu (seperti mengisi formulir untuk mengunduh ebook). Kata kunci, iklan yang ditampilkan, dan halaman arahan semuanya harus selaras untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik.

Jaringan Penelusuran: ini adalah tempat iklan Anda muncul. Opsi yang paling umum ada di bagian atas dan kanan halaman hasil, tetapi Anda juga dapat menampilkannya di situs lain seperti YouTube.
Tayangan: ini mengacu pada berapa kali iklan ditampilkan.
Klik: adalah berapa kali iklan diklik
RKT: adalah persentase klik pada total tayangan.
BPK: adalah biaya rata-rata per klik.
Skor Kualitas: ini adalah skor yang diberikan Google kepada iklan dan kata kunci yang memengaruhi biaya per klik Anda. Skor ini ditentukan berdasarkan relevansi iklan, persentase klik yang diperoleh, dan pengalaman halaman arahan. Tujuan dari sistem ini adalah agar iklan dengan kualitas lebih tinggi menempati posisi yang lebih tinggi dan memiliki biaya per klik yang lebih rendah.

Nilai apa yang ditambahkan SEM ke Y Bisnis kita?
Menghasilkan Lalu Lintas yang Sangat Berkualitas
Menghasilkan lalu lintas secara organik bisa menjadi proses yang sangat panjang dan membosankan di mana hasilnya hanya terlihat dalam jangka panjang. Pemasaran mesin pencari memungkinkan Anda untuk mempercepat proses ini dan mengarahkan pengguna ke situs web Anda dari awal. Selain itu, Anda dapat yakin bahwa pengguna ini tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, karena mereka sendiri telah mencarinya.

Menghasilkan Visibilitas
Muncul di hasil teratas Google dan mesin telusur lainnya mengaitkan merek Anda dengan kebutuhan khusus bahkan jika pengguna tidak mengeklik saat pertama kali melihatnya.

Menghasilkan Konversi
Tujuan akhir Google Ads dan alat pemasaran mesin telusur lainnya adalah untuk meningkatkan hasil bisnis. Untuk melakukan ini, Anda perlu membuat halaman arahan yang dioptimalkan yang menempatkan pengguna di jalur menuju konversi.

Dapatkan Hasil Maksimal dari Anggaran Anda
Salah satu keuntungan besar pemasaran mesin pencari adalah bahwa itu adalah solusi yang cocok untuk perusahaan dari semua ukuran, karena investasi minimum sangat terjangkau. Di sisi lain, jika merek Anda berkembang, Anda dapat meningkatkan investasi dan kompleksitas kampanye Anda untuk menjaga momentum Anda. Juga, karena Anda hanya membayar jika Anda mendapatkan hasil (dalam bentuk klik), Anda dapat yakin bahwa anggaran Anda digunakan secara efektif.

Mendapat Hasil Terukur
Solusi pemasaran mesin telusur seperti Google Ads menyediakan banyak metrik pada kampanye dan memberi tahu Anda apa yang terjadi setiap saat. Dengan cara ini, sangat mudah untuk memperbaiki kursus jika diperlukan dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Pemasaran mesin pencari atau SEM memiliki potensi besar untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka dengan cara yang cepat dan terukur. Untuk memaksimalkannya, sangat ideal untuk memiliki pakar yang memiliki pengalaman luas dalam memposisikan merek di Google.

Temukan informasi menarik lainnya di blog digital marketing