08/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Melakukan Push Up Setiap Hari, Apa Saja Manfaatnya?

2 min read
Ragam Manfaat Push Up Setiap Hari

Salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam penerapan pola hidup sehat adalah olahraga. Ya, dengan berolahraga, maka tubuh akan menjadi lebih sehat serta cenderung lebih tahan serangan penyakit.

Berbincang tentang olahraga demi upaya menjaga kesehatan, tentu Anda akan menemukan banyak sekali ide olahraga yang bisa dilakukan. Nah, salah satu jenis olahraga yang cukup simple dan mudah dilakukan demi menjaga kondisi kesehatan tubuh adalah push up. Anda tentu sudah familiar dengan olahraga ini, bukan?

Push up menjadi olahraga yang cukup disarankan untuk menjadi menu untuk menjaga kesehatan. Selain tidak memerlukan alat apapun, ada beragam manfaat dari olahraga ini terutama jika dilakukan setiap hari.

Ragam Manfaat Push Up Setiap Hari

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak manfaat push up jika dilakukan setiap hari. Untuk gambaran, beberapa manfaat dari melakukan push up setiap hari diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melatih otot

Salah satu manfaat terbesar dari push up adalah melatih otot, terutama otot tubuh bagian atas. Dengan melakukan push up secara teratur, maka otot yang ada di bagian tangan, bahu dan juga ada akan cenderung lebih terlatih dan terbentuk.

Tidak hanya itu, apabila push up dilakukan dengan benar, maka otot di bagian punggung bawah serta perut pun akan cenderung lebih kuat. Dengan otot yang lebih kuat, maka Anda akan memiliki penopang sendi dan tulang yang lebih kuat serta tidak mudah terjadi cedera.

  • Mencegah pelemahan tulang

Manfaat lain dari push up adalah mencegah pelemahan tulang. Perlu diketahui bahwa semakin bertambahnya usia, maka kepadatan tulang akan cenderung berkurang. Jika tidak ditanggulangi, tentu saja masalah pada tulang akan cenderung lebih muda terjadi dan tentu tubuh Anda akan terkena dampak yang cukup serius.

Nah, push up bisa dijadikan salah satu cara untuk mencegah pelemahan tulang. Hal ini dikarenakan gerakan push up yang dilakukan dengan benar secara konsisten akan menambah kekuatan tulang sehingga Anda pun cenderung memiliki risiko cedera yang kecil.

  • Menjaga berat badan ideal

Untuk Anda yang ingin menjaga berat badan agar senantiasa ideal, maka push up adalah pilihan yang tepat. Olahraga yang satu ini bisa diandalkan untuk menjaga berat badan dan bentuk tubuh agar cenderung lebih baik.

Pasalnya, dengan melakukan push up, maka metabolisme tubuh akan cenderung meningkat. Nah, peningkatan metabolisme tubuh ini sejalan dengan pembakaran kalori yang terjadi di dalam tubuh. Oleh karenanya, lemak di dalam tubuh akan runtuh dan berat badan Anda akan cenderung lebih ideal.

Beberapa hal di atas adalah ragam manfaat push up setiap hari yang bisa Anda dapatkan. Tentu, dengan melakukan push up setiap hari, Anda pun pasti akan mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar. Semoga bermanfaat.