06/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Masker Rambut Alami dari Bahan Alami yang Bagus

3 min read
Masker Rambut Alami dari Bahan Alami yang Bagus

Masker Rambut Alami dari Bahan Alami yang Bagus

Mempunyai rambut kering pasti jadi permasalahan tertentu. Selainnya mengusik performa, kesehatan rambut juga jadi terancam. Tidak boleh salah, menjaga rambut kering tidak selalu harus ke salon. Anda dapat menjaganya di dalam rumah dengan membuat sendiri masker rambut kering untuk kembalikan kelembapan rambut Anda. Berikut beragam masker rambut kering yang dapat Anda coba kerjakan di dalam rumah.

1. Yoghurt dan minyak

Gabungan yoghurt dan minyak bekerja bersama untuk membenahi rambut ringkih dan hancur. Kombinasi bahan ini akan bekerja baik sekali pada rambut kering Anda yang biasanya disebabkan karena pemakaian alat penata rambut yang panas seperti catokan, pengering rambut, atau pengeriting dan pangkas rambut.

Anda perlu memasukkan ke jus dan menambah seluruh bahan jadi satu. Sesudah tercampur, terapkan pada rambut yang sudah dibasahi. Selanjutnya tutup rambut dengan penutup kepala dan diamkan sepanjang 20 menit. Kemudian, basuh sama air hangat sampai bersih. Ulang dua sampai 3x satu minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Mayones

Masker rambut kering seterusnya adalah mayones. Diambil dari Livestrong, Greta Breedove penulis buku Herbal Treatments for Helathy Hair, mayones dapat dijadikan perawatan untuk rambut yang paling kering. Masalahnya mayones dibuat dari minyak, cuka, dan telur yang berguna untuk kesehatan rambut.

Langkah memakainya juga benar-benar gampang. Anda perlu ambil mayones seperlunya ke mangkok. Selanjutnya, basahi rambut lebih dulu dengan memakai air hangat. Seterusnya, terapkan mayones di kulit kepala dan lembaran rambut Anda secara rata. Pijatkan kadang-kadang supaya mayones bisa mempernyerap secara baik. Kemudian, tutup dengan penutup kepala dan biarkan sepanjang 30 menit.

Selanjutnya, tempatkan shampo pada tangan Anda dan gosokkan pada kepala tanpa menambah air lebih dulu. Ini dilaksanakan untuk merusak kandungan minyak dalam mayones pada rambut Anda. Seterusnya basuh rambut sama air dingin memakai shampo sampai bersih.

Anda bisa juga menambah beberapa tetes minyak zaitun dan sebutir telur ke mayones, agar rambut lebih halus dan lembap.

3. Alpukat, madu, dan minyak zaitun

Alpukat kaya vitamin, asam lemak fundamental, dan mineral yang menolong kembalikan kilau rambut Anda. Gabungan alpukat, madu, dan minyak zaitun sanggup membenahi rambut yang kering dan ringkih. Tidak itu saja, ke-3  bahan ini membuat perlindungan rambut dari kerusakan selanjutnya.

Lumatkan ke-3  bahan sampai seperti pasta. Selanjutnya, basahi rambut saat sebelum Anda mengimplementasikannya. Pijatkan secara halus kombinasi bahan ini ke kulit kepala dan rambut Anda. Selanjutnya, biarkan sepanjang 20 menit saat sebelum Anda basuh dengan shampo. Ulang penggunaannya tiap 1 minggu sekali untuk hasil optimal.

4. Pisang dan minyak kelapa

Kadang, beberapa orang yang malas untuk makan pisang yang telah benyek dan terlampau masak. Ini waktunya Anda manfaatkan buah pisang sebagai masker untuk menangani rambut kering Anda.

Kalium dan minyak alami dalam pisang menolong menghaluskan rambut dan membuat perlindungan fleksibilitas dengan menahan ujung rambut dari kerusakan. Menambah minyak kelapa ke masker pisang Anda bisa menolong melembutkan dan isi sela di lembar rambut yang hancur oleh panas dan cahaya matahari.

Anda perlu melembutkan sebuah pisang dan menambahkannya dengan 2 sdm minyak kelapa. Terapkan ke rambut yang basah dan biarkan sepanjang 30 menit supaya peresapannya optimal. Kemudian, janganlah lupa untuk mencuci rambut sampai bersih dengan memakai shampo.

Selainnya memakai beragam masker rambut kering, Anda pun perlu konsumsi cukup air untuk menolong jaga kelembapan rambut. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3 seperti alpukat, tuna, lele, dan kacang-kacangan menolong jaga rambut masih tetap sehat dan terbebas dari kekeringan.

Tidak lupa, jauhi pengaturan rambut berlebihan dengan uap atau panas yang bisa percepat kerusakan rambut Anda. Disamping itu, untuk menahan rambut Anda kering karena itu jauhi mencuci rambut dengan shampo tiap hari.