21/10/2020

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Manfaat yang Dimiliki Deposito Sebagai Investasi Pilihan

Kondisi keuangan merupakan salah satu hal penting untuk menjalani kehidupan. Banyak orang yang berusaha untuk menjaga kondisi keuangan mereka agar selalu stabil hingga hari tua nanti. Salah satu cara agar memiliki kondisi keuangan yang stabil adalah dengan melakukan investasi. Investasi sendiri dapat dipilih adalah beberapa jenis. Semua jenis investasi tentunya memiliki risiko dan keuntungannya masing-masing. 
Salah satu jenis investasi dengan risiko yang sangat rendah dan cocok untuk dicoba oleh investor pemula adalah deposito. Produk keuangan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin memulai investasinya. Daya tarik yang dimiliki oleh jenis investasi yang satu ini adalah suku bunga deposito
Hal tersebut dikarenakan suku bunga dari deposito ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis tabungan pada umumnya. Selain itu ada banyak manfaat yang dimiliki oleh deposito yang bisa dinikmati oleh para investor. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dimiliki oleh deposito sebagai investasi pilihan.

1.  Bunga lebih kompetitif

Bunga deposito lebih kompetitif jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Tak heran rasanya jika banyak orang yang mau menyimpan uangnya dalam produk keuangan yang satu ini. Umumnya tabungan biasa akan memberikan bunga yang tidak terlalu besar dan akan habis untuk biaya administrasi saja. Berbeda dengan deposito yang bunganya lebih tinggi dari tabungan biasa.
Suku bunga yang dimiliki oleh deposito sendiri dapat mencapai 7,5%. Jelas jumlah tersebut lebih tinggi dari tabungan biasa yang rata-rata bunganya mencapai 2,05% saja. Tak heran rasanya jika deposito berhasil menarik perhatian para investor pemula.

2.  Risiko rendah

Ini merupakan salah satu hal yang membuat deposito disebut sebagai investasi yang tepat untuk para investor pemula. Selain menawarkan bunga yang kompetitif, tingkat risiko yang dimiliki oleh deposito yang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya. 
Nilai yang dimiliki oleh deposito cenderung lebih stabil dan hampir terbebas dari gangguan pasar yang biasa memengaruhi instrumen investasi lain. Inilah manfaat unik yang dimiliki oleh deposito sebagai jenis investasi yang paling digemari oleh para pemula.

3.  Keamanan terjamin

Kehadiran deposito tentunya memberikan jaminan keamanan yang sangat diinginkan oleh para investor. Pasalnya uang yang diberikan oleh para investor ke dalam rekening deposito mereka telah terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga jika terjadi kondisi yang tak terduga seperti bank yang mengalami kebangkrutan, maka dana deposito tetap akan diterima kembali oleh para investor.
Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri dari deposito untuk para investornya. Bahkan LPS menjamin dana hingga 2 miliar rupiah dengan suku bunga yang maksimal jika terjadi hal-hal yang tidak terduga.