Manfaat Live Chat Yang Perlu Anda Ketahui

Fakta telah membuktikan bahwa Live Chat adalah perangkat lunak paling kuat untuk profesional bisnis di era digital. Terutama untuk interaksi antar pelanggan. Pada tahun 2020, manfaat Live Chat meningkat, dan perangkat lunak terus berkembang dari saluran dukungan ke platform dinamis untuk meningkatkan penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan.

Layaknya gerbong kereta, Live chat menjadi wahana khusus para pebisnis untuk mengoptimalkan interaksi langsung dengan pelanggan. Efisiensi membuat para pebisnis mulai banyak menggunakannya, karena manfaatnya yang begitu nyata.

Manfaat Menggunakan Live chat

Penyedia obrolan langsung kini telah mengembangkan fitur otomatis yang dapat membantu Anda memenuhi permintaan konsumen yang lebih besar untuk jawaban yang lebih cepat. Kehadiran otomatisasi dalam software ini akan memudahkan Anda untuk berorientasi pada solusi, sehingga lebih dari sekedar jawaban.

Obrolan real-time juga terus berkembang, memungkinkan para profesional bisnis di era digital untuk melihat peluang besar di masa depan. Jadi, apakah menurut Anda ini adalah solusi yang tepat untuk bisnis Anda? Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan dari live chat di tahun 2020.

#1 Berpotensi Mendatangkan Lebih Banyak Calon Pelanggan

Tentunya tim sales biasanya bercerita tentang kendala yang sering mereka temui saat membimbing calon pelanggan menjadi pelanggan formal, apalagi membimbing mereka melalui demo produk yang sudah tersedia. Meskipun bidang web telah dilengkapi dengan berbagai jenis formulir dan tombol permintaan presentasi, sulit untuk mengarahkan pelanggan ke tahap ini.

Terkadang proses yang panjang, seperti bolak-balik melalui email dan panggilan telepon, juga dapat membuat calon pelanggan bosan dan kehilangan minat untuk pindah ke tahap berikutnya. Kabar baiknya adalah dengan mengintegrasikan live chat langsung ke Google Calendar, Anda dapat lebih mudah menentukan jadwal rapat dan presentasi dengan calon prospek.

Dengan ini, tim Anda dapat lebih fokus pada masalah demonstrasi produk tanpa harus disibukkan dengan penjadwalan, karena perangkat lunak akan menyederhanakan dan memberi tahu Anda tentang jadwal acara.

Yang penting, 38% pelanggan menyatakan bahwa mereka membeli produk hanya karena mereka sangat menyukai sesi obrolan dalam obrolan waktu nyata.

#2 Mempermudah Untuk Merespons Pelanggan

Tahukah Anda bahwa 21% percakapan obrolan langsung atau obrolan tidak dijawab? Tidak dapat disangkal bahwa terkadang karena keterbatasannya, sulit untuk menjangkau setiap pengguna. Kami juga memahami bahwa percakapan yang tidak terjawab dapat membuat pelanggan atau pengguna layanan Anda tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, ada solusi sederhana sekarang: bot obrolan.

Diperkirakan sekitar 85% percakapan layanan pelanggan pada tahun 2021 akan dilakukan melalui chatbots. Jadi, apakah Anda sudah memahami manfaat mengintegrasikan bot ke dalam live chat? Melalui integrasi, ini tentu saja merupakan solusi dua sisi – di satu sisi untuk mengotomatiskan pertanyaan reguler, di sisi lain untuk mentransfer ke agen ketika jawabannya tidak diketahui dalam obrolan waktu nyata.

Karena responnya instan, dan setiap pengunjung di website Anda bisa menggunakan live chat untuk mendapatkan lebih dari sekedar dukungan, tentunya lebih masuk akal bagi pengunjung atau calon pelanggan Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang mengapa chatbots penting untuk melakukan bisnis di era digital!

#3 Mengatasi Hambatan Mengenai Bahasa

Jika 74% pelanggan mengetahui bahwa mereka menerima dukungan purna jual dalam bahasa asli mereka, kemungkinan besar mereka akan membeli produk tersebut. Terkadang, bagi mereka yang masih beroperasi dalam skala kecil, hal ini sulit diatasi.

Namun jangan khawatir, Live chat saat ini memiliki pilihan yaitu memilih terjemahan langsung, sehingga masalah bahasa ini dapat teratasi. Modelnya sangat sederhana. Live chat akan langsung terintegrasi dengan Google Translate. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda untuk mengobrol dengan pelanggan dari wilayah geografis yang berbeda.

Terjemahan langsung semacam ini juga memungkinkan Anda untuk menyediakan layanan di satu tempat, sementara Anda menyediakan fungsi layanan dalam skala global. Ini juga akan menciptakan kemungkinan bagi Anda untuk mengirim tanggapan percakapan kepada pelanggan dalam bahasa sehari-hari mereka.

#4 Mengarahkan Pengguna Dengan Navigasi Yang Jelas

Obrolan langsung pertama akan dapat mengumpulkan informasi langsung dari pengunjung dan kemudian memberikan bantuan langsung kepada pelanggan. Semuanya dimulai dengan widget web. Untuk memastikan bahwa pengguna mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan, penting untuk mempertimbangkan navigasi situs web. Ini juga membantu untuk memahami kemungkinan niat pengunjung dan mempersonalisasi widget untuk membantu pengguna menentukan langkah logis berikutnya.

Dalam hal ini, penyedia live chat dapat langsung menghabiskan banyak waktu untuk membuat antarmuka pengguna (UI) lebih jelas.

#5 Dapat Menciptakan Kedekatan Yang Intens Terhadap Pelanggan

48% pelanggan menyukai perusahaan yang sangat proaktif, atau dalam arti tidak harus menunggu pelanggan datang terlebih dahulu.

Selain bisa memasuki ruang yang paling dekat dengan calon pelanggan, bagaimana cara terbaik untuk lebih proaktif dalam mencari calon pelanggan?

ingat! Aplikasi perpesanan seperti Facebook Messenger dan WhatsApp kini digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Kabar baiknya, mengintegrasikan live chat ke dalam dua aplikasi ini pasti akan memudahkan Anda dalam menjangkau pelanggan. Tidak perlu menunggu mereka mengunjungi website Anda terlebih dahulu.

Meski begitu, Anda tidak perlu menggunakan cara ini hanya sebagai support system saja. Aplikasi Messenger ini dapat secara aktif menarik calon pelanggan ke website Anda.

Aplikasi ini juga dapat merekam pengunjung yang berbeda selama periode waktu tertentu melalui pengiriman pesan yang lebih efisien dan sederhana—juga menarik untuk menghemat pengeluaran perusahaan.

Ikhtisar Saat Menggunakan Obrolan Langsung

Saat ini, lebih dari 30% pelanggan mengharapkan widget obrolan langsung di setiap situs web. Sejak awal, software pasti akan menjadi solusi tercepat, sehingga memudahkan pelanggan untuk memahami tim dan produk Anda.

Agar fitur obrolan langsung ini berfungsi dengan baik, proses ini harus diotomatiskan ke dalam bisnis secara teratur. Dengan mendorong otomatisasi, tim akan dapat memecahkan masalah di tingkat yang lebih tinggi daripada berkutat dengan kompleksitas setiap masalah.

Sumber