Konsep Pendidikan Jasmani

Konsep Pendidikan Jasmani

Konsep Pendidikan Jasmani

Menurut Drs. Agus Mahendra, M.A. Filsafat Pendidikan Jasmani

Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan melalui kegiatan jasmani, permainan atau olahraga yang dipilih untuk mencapai tujuan pendidikan.

 

Menurut Panitia untuk Pendidikan Jasmani yang Diadaptasi 1952: 15

Pendidikan Jasmani adalah program beragam kegiatan pengembangan, permainan, olahraga dan ritme yang sesuai dengan minat, keterampilan, dan keterbatasan siswa penyandang cacat yang mungkin tidak dapat dengan aman atau berhasil berpartisipasi dalam partisipasi tanpa batas dalam kegiatan yang cukup berat. dari program pendidikan umum.

 

Menurut Bocher, 1979

Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari proses pendidikan melalui aktivitas fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan organik, neuromuskular, interaktif, sosial dan emosional.

 

Menurut Melograno, 1996

Pendidikan jasmani adalah proses pemuasan kebutuhan pribadi siswa, yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, yang secara eksplisit dapat dipenuhi oleh semua bentuk aktivitas fisik yang melibatkan mereka.

Pendidikan jasmani adalah suatu aspek dari keseluruhan proses pendidikan melalui kegiatan jasmani yang direncanakan secara matang yang dilakukan secara sadar dan terprogram untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan jasmani dan sosial, serta pengembangan kecerdasan.

 

Menurut Abdul Gafur, 1983: 6

Pendidikan jasmani adalah suatu proses pembentukan seseorang sebagai individu sekaligus anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematis melalui kegiatan jasmani yang intensif guna mencapai peningkatan kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan intelektual, dan pembentukan karakter. Sumber Rangkuman Terlengkap : KelasPJOK.Com