01/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Klub Internasional yang Pernah Bertanding dengan Klub Indonesia

2 min read

Ini 12 Klub Dunia yang Pernah Berkunjung ke Indonesia - Indonesia Bola.com

 

Jika kita membahas mengenai berita sepak bola, kualitas dari sepak bola Indonesia tentunya masih kalah jauh jika kita bandingkan dengan korea selatan atau juga jepang. Walupun begitu Indonesia harus tetap bangga terhadap fantisme para pendukung di tanah air, karena hal ini bisa menarik klub papan atas dunia untuk berkunjung ke indonesia dan melakukan pertandingan untuk pramusim. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas berita sepak bola tentang beberapa klub yang pernah berkunjung ke Indonesia:

  • PSV Eindhoven

Klub yang pertama ada PSV Eindhoven, klub yang satu ini pernah melakukan pertandingan di Idonesia sebanyak 3 kali. Pertandingan pertama di gelar pada tahun 1971, PSV Eindhoven ini datang ke negara Indonesia dan melakukan pertandingan dengan melawan Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan juga Timnas Indonesia.  Pada saat permainan PSV Eindhoven telah berhasil mengalahkan  PSMS dengan skor 4-0, mengalahkan Pesebaya dengan jumlah skor 8-1, dan mengalahkan Timnas Indonesia dengan jumlah skor 6-0. Pertandingan kedua berlangsung di tahun 1987 dengan melawan Persib bandung, dan jumlah skor yang di dapatkan adalah 6-0 menjadika persib bandung kalah telak. Pertandingan selanjutnya harya berselang setahun dengan kembali melawan persib bandung dengan jumlah skor 4-0.

  • Ajax Amsterdam

Klub yang selanjutnya ada Ajax Amsterdam, klub yang satu ini datang ke indonesia sebanyak 2 kali di tahun 1975 dan 2014. Pada pertandingan pertama Ajax Amsterdam ini berhasil mengalahkan Indonesia Tamtama dengan jumlah skor 4-1. Setelah itu Ajax Amsterdam ini melakukan  pertandingan kembali melawan juaran turnamen untuk PSSI wilayah satu. Hal yang cukup mengejutkan terjadi karena Ajax Amsterdam kalah di tangan PSSI Wilayah I dengan skor 2-4.  Ajax Amsterdam juga melakukan pertandingan melawan persija Jakarta dan mendapatkan jumlah skor seri yaitu 1-1. Untuk pertandingan terakhirnya Ajax Amsterdam melawan persebaya Surabaya dengan jumlah skor 3-2. Pada tahun 2014 tim ini datang lahi ke indonesia dan kembali berhasil mengalahkan persija Jakarta dengan jumlah skor 3-0. Pertandingan selanjutnya juga di lakukan dengan melawan persib bandung, jumlah skor yang didapat hasilya seri yaitu 1-1.

  • Manchester United

Klub yang selanjutny ada Manchester United, pastinya Anda tidak pernah menyangka kalau klub yang satu ini pernah datang ke Indonesia kan, Manchester United ini datang keindonesia pada tahun 1975. Manchester United ini datang karena ada pertandingan segituga dengan Indonesia All Star dan Ajax Amsterdam. Pada saat pertandingan Ajax Amsterdam berhasil menang melawan Manchester United dengan skor 3-2. Sedangkan saat melawan Indonesia All Star hasil pertandingannya imbang. Sebenarnya pada tahun 2009 Manchester United ini berencana datang lagi ke indonesia tapi hal tersebuh gagal karena adaanya terorisme pada hotel yang rencananya akan digunakan MU menginap.

  • Arsenal

Klub yang terakhir ada arsenal, klub yang satu ini pernah datang ke indonesia sebanyak 2 kali. Pertandingan yang dilakuan arsenal ini mendapatkan kekalahan saat dia melawan NIAC Mitra jumlah skor yang didapat adalah 0-2. Pada 30 tahun kemudian Arsenal kembalii datang ke Indonesia di tahun 2013, pada pertandingan  ini Arsenal mampu mengalahkan Indonesia IX dengan skor yang sangat telak yaitu 7-0. Permainan di langsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang ada di Jakarta.

Nah itu dia beberapa klub terkenal yang pernah berkunjung dan melakukan pertandingan di Indonesia. Terimakasih telah membaca artike ini hingga selesai!