28/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Khasiat Buah Matoa

2 min read

 

Manfaat buah matoa ini mungkin belum diketahui oleh orang banyak. Padahal, buah asli Papua ini memiliki kekayaan akan senyawa polifenol yang dikenal dapat mengatasi berbagai masalah pada kesehatan.

Buah matoa atau bisa di sebut Pometia pinnata, masih satu keluarga dengan leci dan kelengkeng juga. Buah ini memiliki aroma yang sangat harum, tekstur yang kenyal, serta rasa yang merupakan perpaduan antara kelengkeng, durian, dan juga rambutan.

Buah matoa juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Papua. Sayangnya, pemanfaatan buah matoa ini baru dilakukan oleh masyarakat lokal.

Bahkan, banyak masyarakat yang mungkin belum pernah menikmati buah unik yang satu ini. Jika kamu tertarik mencobanya, simak beberapa manfaat buah matoa yang bisa kamu dapatkan.

3+ Khasiat Buah Matoa

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah matoa dalam menjaga kesehatan jantung kini hadir berkat kandungan antioksidan polifenol yang ada di dalamnya.

Polifenol diketahui juga mampu mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Mengonsumsi buah matoa secara teratur juga diduga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular lho, seperti gagal jantung, serangan jantung, dan juga stroke.

  1. Membantu Mencegah Penyakit Kronis

Khasiat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi matoa yaitu menurunkan risikonya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan juga kanker.

Hal Ini karena buah matoa yang kaya akan zat tanin merupakan antioksidan.

Antioksidan juga berfungsi melawan efek dari radikal bebas. Radikal bebas sebenarnya merupakan reaksi yang sangat lazim terjadi di dalam sel-sel tubuh. Tetapi, reaksi ini juga menyebabkan kerusakan pada banyak sel yang bisa berujung menjadi berbagai penyakit kronis.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat yang tak terduga lainnya dari buah matoa yaitu membantu mengontrol tekanan darah.

Bahkan, bukan hanya daging buahnya saja, tetapi ekstrak biji dan daunnya juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Karena Ekstrak buah matoa mengandung zat yang bersifat diuretik, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

Ketika tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan (termasuk dari pembuluh darah), tekanan darah akan berangsur menurun.

baca juga: Manfaat Buah Nangka Sabrang