24/06/2021

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

16Kesalahan Renovasi Rumah yang Harus Dihindari

tips renovasi rumah untuk pemula

Ternyata banyak juga orang yang melakukan kesalahan saat merenovasi rumahnya. Padahal sudah menyiapkan dana yang tidak sedikit, tenaga dan bahkan waktu.

Bagi anda yang tidak ingin melakukan kesalahan yang sama, mungkin beberapa tips dibawah ini perlu untuk anda baca sebagai pelajaran.

  1. Menetapkan anggaran yang tidak realistis

Renovasi sering kali menghabiskan biaya lebih dari yang diharapkan. Bangun 20% ekstra untuk anggaran Anda agar lebih siap menghadapi kejutan apa pun.

Apalagi jika anda menyewa kontraktor yang kemampuan hitungnya tidak bagus. Seringkali budget yang dibutuhkan membengkak. Lebih besar, dan jarang sekali yang tambah kecil.

Agar ini tidak terjadi, anda harus menghitung anggaran renovasi rumah secara detail. Termasuk biaya bangun rumah per meternya. Agar tidak mengalami hal serupa.

  1. Tidak melengkapi gaya arsitektur aslinya

Penambahan tidak harus memiliki gaya yang sama dengan struktur aslinya. Namun, mereka perlu melengkapinya untuk membantu nilai jual kembali dan agar terlihat dan terasa hebat saat Anda tinggal di dalamnya.

Akan terlihat lucu jika rumah asli bergaya klasik dan tiba-tiba renovasi yang anda lakukan berubah menjadi gaya minimalis, ini nggak nyambung.

tips renovasi rumah untuk pemula

  1. Mengorbankan fungsi demi bentuk

Pikirkan tentang bagaimana Anda akan benar-benar tinggal di luar angkasa. Pertimbangkan penempatan pintu, jendela, dan outlet, serta pola lalu lintas di seluruh rumah.

Visual dari bangnan anda akan terlihat bagus sehari dua hari saja. Tapi, jika fungsinya tiak sesuai, maka akan menderita selamanya. Coba saja jika anda tidak percaya.

  1. Terlalu mengikuti tren

Tampilan yang segar dan diperbarui memang bagus, tetapi pertimbangkan juga  nilai jual kembali . Tren berumur pendek, sementara desain yang bagus bertahan selamanya. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan desainer jika Anda memiliki pertanyaan.

  1. Memasang peralatan baru terakhir

Pilih peralatan Anda terlebih dahulu untuk membantu memastikan keseluruhan desain mengakomodasi barang yang benar-benar Anda inginkan. Tapi tunggu untuk membelinya sampai Anda siap memasangnya.

  1. Membeli furnitur dan dekorasi rumah terlalu dini

Tunggu untuk membeli peralatan, lantai, furnitur, dan bahan lainnya yang sempurna sampai rencana proyek selesai dan proyek cukup jauh untuk pengukuran yang akurat. Jika tidak, Anda berisiko membeli bahan dalam jumlah yang salah atau memesan peralatan yang tidak sesuai.

Pertimbangkan untuk mengerjakan kembali karpet atau lantai Anda pada bulan November atau Desember. Banyak rantai perbaikan rumah menawarkan penjualan yang menarik sebelum liburan, dan kontraktor cenderung lebih bersedia untuk bernegosiasi selama waktu mereka yang lambat tahun ini.

  1. Fokus pada penampilan

Pastikan untuk mengatasi masalah struktural atau keselamatan apa pun , seperti memperbarui sistem kelistrikan atau memastikan fondasi dan subflooring baik-baik saja. Melakukannya akan membantu menghindari kerusakan hasil akhir yang baru dan indah untuk memperbaiki potensi masalah di kemudian hari.

  1. Tidak mempertimbangkan alur kerja

Ini sangat penting di dapur. Pertimbangkan “segitiga kerja” antara lemari es, wastafel, dan kompor untuk memastikan Anda menikmati fungsionalitas desain baru dan dapat menggunakan ruang secara efisien.

  1. Membeli bahan murah

Pilih bahan yang tahan lama dan berkualitas tinggi yang tidak perlu Anda ganti dalam beberapa tahun. Bahan bangunan bukanlah tempat untuk berhemat.

  1. Memperbarui hal-hal yang salah

Fokus pada elemen yang menambah nilai jangka panjang ke rumah Anda, seperti penyimpanan dan elemen yang tidak hanya kosmetik. Misalnya, memasang perawatan dinding yang mahal tetapi berhemat di lantai mungkin bukan pilihan terbaik.

  1. Mengabaikan detailnya

Pertimbangkan fitur spesifik yang dapat membuat renovasi bekerja untuk Anda. Meskipun penarikan pantry, penyimpanan toe-kick, dan fitur serupa yang membuat dapur Anda lebih efisien adalah hal-hal yang dapat Anda tambahkan nanti, ini dapat menyebabkan potensi kerusakan pada bahan yang telah Anda perbarui. Memasangnya selama renovasi rumah Anda saat ini dapat menghemat waktu dan uang Anda.

  1. Memilih kontraktor sesuka hati

Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk menyewa kontraktor. Wawancarai beberapa kontraktor dan hubungi referensi mereka dan klien sebelumnya. Pastikan setiap kontraktor memahami apa yang Anda inginkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada mereka tentang bahan, tata letak, dan proses konstruksi. Jangan memilih kontraktor Anda berdasarkan harga saja; membandingkan kutipan harga dan referensi, dan pastikan Anda dapat bekerja dengan mudah dengan mereka.

  1. Bukan konsultan profesional

Berkonsultasi dengan arsitek atau desainer untuk menyempurnakan rencana Anda sangat berharga dalam hal menemukan masalah yang mungkin Anda abaikan. Para profesional ini dapat membantu membuat rencana Anda lebih fungsional dan efisien.

  1. Mengabaikan pencahayaan

Spesialis pencahayaan dapat membantu Anda merancang rencana pencahayaan untuk menempatkan dan mengukur kombinasi pencahayaan umum, tugas, aksen, dan cerdas Anda. Ini menciptakan lingkungan yang cukup terang, ramah, dan dapat digunakan.

Itulah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat ingin melakukan renovasi pada rumah anda. Apalagi jika budget renovasinya cukup besar.

Jika anda tidak memiliki kemampuan yang mumpuni, sebaiknya memilih konsultan yang bisa membantu anda, anda bisa lihat detailnya disini, biayabangunrumah.com/renovasi-rumah