Kesalahan dalam Persiapan Laporan Keuangan UMKM

Lifestyle

Membuat akuntansi keuangan perusahaan sangat penting untuk dilakukan. Dokumen ini akan berguna dalam pengembangan perusahaan dan melihat status bisnis perusahaan. Sayangnya, pemain UMKM pemula sering membuat kesalahan dalam menyiapkan laporan ini. Berikut adalah 5 kesalahan dalam persiapan laporan keuangan UMKM yang harus dihindari:

  1. Jangan mencatat secara terus menerus

Salah satu kesalahan yang sering adalah pemain korporat yang tidak merekam laporan keuangan berkelanjutan. Laporan keuangan awalnya disiapkan agar tidak mencatat semua perincian pengeluaran dan pendapatan yang terjadi. Jika rekaman ini tidak dilakukan secara permanen, mungkin ada transaksi yang terlewat dan tak terhitung jumlahnya.

  1. Lewati detail transaksi

Nilainya tidak hanya harus dicatat. Saat menyiapkan laporan keuangan perusahaan harus dicatat secara rinci. Misalnya, tanggal transaksi harus direkam dengan benar. Setiap jenis transaksi juga harus ditulis yang merupakan tujuannya. Penting untuk membuat untuk memfasilitasi evaluasi nanti. Jika ada biaya yang berlebihan, Anda dapat mengetahui mana yang merupakan penyebabnya.

  1. Tidak disertai dengan bukti

Pendaftaran laporan keuangan keuangan harus disertai dengan bukti. Setiap jenis transaksi harus bukti dan termasuk dalam laporan. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi lebih mudah. Selain itu, jika ada kesalahan atau penyimpangan perhitungan, mudah untuk menggambar dengan mudah karena ada bukti yang tepat.

  1. Tidak ada analisis

Banyak perusahaan yang mengkompilasi laporan keuangan hanya menulis angka. Jika hasil laba rugi telah diperoleh, tidak ada analisis atau penelitian mendalam. Meskipun harus ada analisis tentang bagaimana hal itu dapat diperoleh dengan laba rugi. Ini akan menjadi data yang menopang tahap selanjutnya dari perusahaan.

  1. dibuat secara manual

Pada saat-saat canggih seperti sekarang, sangat disarankan untuk menggunakan teknologi untuk menjaga keakuratan pelaporan keuangan. Kemungkinan akan ada kesalahan perhitungan jika itu akan dilakukan secara manual. Oleh karena itu sangat disarankan agar Anda mengatur akuntansi ini menggunakan banyak aplikasi yang dikembangkan untuk menjaga akurasi.

Ini adalah 5 kesalahan yang harus dihindari selama kompilasi buku-buku UMKM. Pastikan laporan keuangan ini dengan hati-hati dan akurat, dapat membawa manfaat optimal untuk pengembangan bisnis. Cobalah untuk mengambil langkah yang tepat sesuai dengan hasil laporan keuangan sehingga perusahaan dapat berkembang dengan lancar.