Kepulauan Natuna, Pulau Elok di Ujung Indonesia

Kepulauan Natuna sebagai salah satunya daerah tepian paling luar Indonesia. Terletak yang bersebelahan langsung dengan perairan Vietnam, Kamboja, Singapura, dan Malaysia ini rupanya mempunyai banyak kekuatan rekreasi dunia. Namanya yang dari kata “Natunae” dengan bahasa Belanda yang memiliki arti alami menunjukkan begitu menariknya panorama alam kepulauan ini.

1. Alif Stone Park

Tujuan ini sebagai spot nomor top yang perlu didatangi jika ke Kepulauan Natuna. Icon wilayah ini jadi museum alam dengan beribu bongkah batu megalith di atas keelokan dan kejernihan pantai. Daya tarik rangkaian batu granit yang menyebar di sejauh pantai ini akan membuat berliburmu sulit dilalaikan. Nama Alif Stone Park ini rupanya datang dari ada salah satunya batu yang berdiri tegak sama alif dalam aksara Arab di tengah-tengah laut. Wah, unik ya!

2. Gunung Gundul

Tidak cuman rekreasi bahari, kamu bisa juga kagum pada panorama hijau Natuna dari daratan tinggi. Saat mendaki ke pucuk Gunung Gundul, pengunjung dapat rasakan kesejukan ciri khas pegunungan. Ada gazebo yang menjadi lokasi istirahat dari kepenatan kegiatan rutin beberapa hari kerja. Tempat ini sering jadi lokasi perkemahan Pramuka karena disokong oleh tanah lapangnya. Untuk rekreasi, tentu menarik!

3. Rimba Mangrove Penadah

Jika kamu sukai kegiatan susur sungai dengan rimba bakau, bertandang ke teritori rekreasi mangrove Penadah di Natuna tentulah membahagiakan. Tujuan pembelajaran dan pelestarian bakau ini akan tawarkan pengalaman menanam langsung dan belajar lebih dalam mengenai ekosistem mangrove. Spotnya yang instagramable jadikan Rimba Mangrove Penadah sebagai tempat hunting photo yang bagus.

baca : Gunung Raung, Pendakian Penuh Mistik ke Pucuk Sejat

4. Pantai Batu Kasah

Pantai Batu Kasah atau disebutkan Pantai Cemaga kerap dipandang seperti salah satunya pantai paling indah di Natuna. Predikat itu tidak terlalu berlebih karena daya tarik pantai yang banyak jejeran pohon kelapa dan tebaran bebatuan granit. Kamu dapat duduk santai di bibir pantai sejauh 5 km dengan pasir putih. Air lautnya yang jernih jadi tujuan bagus untuk sekedar berenang, snorkeling, atau diving. Sekali tiba kesini, kamu akan kerasan untuk berlibur di Pantai Batu Kasah.

5. Pantai Sahi

Pantai ini sebagai salah satunya tujuan rekreasi terkenal di Kepulauan Natuna. Jaraknya sekitaran 25 km dari pusat perkotaan Kabupaten Ranai, hingga kamu dapat terhubung pantai ini dengan naik motor sepanjang kurang dari 1 jam. Ada landmark pantai yang menjadikan unik, yakni pulau batu di tengah-tengah laut. Jika sedang kering, kamu juga dapat jalan kaki ke arah pulau itu. Tetapi saat pasang, waktumu tidak percuma karena pantai ini tawarkan kegiatan bermain air yang hebat.

6. Pantai Segi

Bentangan pasir pantai yang putih bercahaya jadikan Pantai Segi pantas jadi object lawatan berlibur. Walau harus tempuh perjalanan laut sepanjang 10-12 jam, usaha itu akan lunas terbayar saat menginjakkan kaki di pantai ini. Karena, kamu akan dimanja dengan panorama menarik dan orisinalitas rekreasi yang belum terlampau disentuh pelancong. Berasa seperti berada di pantai individu, dech!

7. Pantai Tanjung

Pantai Tanjung populer sebagai spot rekreasi bahari yang paling pas untuk santai. Sepoi-sepoi angin yang terhembus dengan pemandangan bawah lautnya yang eksotik jadikan wilayah ini sebagai surga tropis terbaik. Belum juga, pantai pasir putih ini tawarkan panorama Gunung Ranai yang terlihat agung. Jika ingin lama-lama, kamu dapat sewa pondok-pondok kecil untuk santai sekalian nikmati daya tarik pantai ini.

baca : 10 Tempat Liburan Cirebon Terhebat yang Lagi Hits

8. Pantai Teluk Buton

Usai minggu di Pantai Teluk Buton pasti jadi waktu terbaik. Karena keelokan bawah airnya, teritori pantai ini bahkan juga sudah didatangi oleh team Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan dalam usaha penskalaan Cagar Budaya Bawah Air. Patut dech jika pantai ini selalu ramai oleh pelancong lokal atau luar negeri. Oh iya, pantai ini menghadap Laut Cina Selatan sebagai rebutan banyak negara.

9. Pulau Senoa

Pecinta kegiatan snorkeling benar-benar direferensikan melaut ke Pulau Senoa. Opsi itu benar-benar bagus karena pulau ini mempunyai wilayah perairan yang demikian jernih dan teritori terumbu karang yang memesona. Tidak itu saja, kamu bisa juga rasakan pengalaman terkesan karena Pulau Senoa sebagai salah satunya pulau paling luar Indonesia yang bersebelahan dengan Malaysia sisi Timur. Ngomong-ngomong masalah nama Senoa yang memiliki arti wanita memiliki badan dua, wujud Pulau Senoa juga benar-benar unik karena seperti ibu hamil. Buruan tiba langsung untuk tunjukkan.

10. Pulau Tiga

Kamu pasti susah tidak untuk berdecak takjub jika ada di Pulau Tiga. Masalahnya pulau ini bukan hanya dengan modal pemandangan alam yang menarik. Tetapi, teritori perairan di pulau ini kaya dengan hasil lautnya. Untuk datarannya, Pulau Tiga mempunyai perkebunan cengkeh dan karet. Disamping itu, pulau ini ditempati oleh warga Natuna yang kaya budaya. Hingga, pengalaman berlibur akan demikian komplet dan bermacam sepanjang habiskan saat liburan di Pulau Tiga.

baca lagi : pulau papatheo jakarta

11. Tanjung Senubing

Tanjung Senubing sebagai pantai berbukit sebagai lokasi terbaik untuk melihat matahari keluar dan tenggelam. Pantai di teritori ini dikitari oleh beberapa ratus batu granit raksasa seperti beberapa pantai Belitung. Kekhasan batu-batuan di sini karena subur banyak tanaman rambat hingga munculkan kesan-kesan lebih eksotik. Bahkan juga, ada batu raksasa yang seukur dengan gedung lima lantai dan jadi icon ciri khas pantai ini. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat perkotaan Ranai juga jadikan Tanjung Senubing sebagai lokasi untuk berlibur yang gampang dijangkau di Kepulauan Natuna.

12. Air Terjun Gunung Ranai

Tidak hanya pantai, rekreasi air di Kepulauan Natuna dapat dijelajahi dengan bertandang ke Air Terjun Gunung Ranai. Pengalaman damai dan tenang akan kamu alami jika merendam di air terjun ini karena lokasinya yang masih lumayan terselinap. Untuk pecinta penjelajahan, Air Terjun Gunung Ranai harus masuk ke itinerary. Kamu akan memotong rimba dan naiki bukit-bukit lewat jalan sempit yang curam saat sebelum betul-betul nikmati surga alam ini. Air terjun perawan ini akan bayar rasa capek dengan kesejukan dan suara gemericik airnya.

Nach, tidak boleh nantikan semakin lama kembali ya untuk liburan ke Kepulauan Natuna. Bisa dibuktikan memang jika wilayah ini pantas jadi teritori Taman Bumi atau GeoPark Nasional.