04/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Kendala-Kendala Yang Sering Terjadi Saat Pembuatan Perseroan Terbatas

2 min read

Hambatan Yang Sering Terjadi Saat Pembuatan PT

Meskipun banyak diminati oleh pengusaha, tetapi nyatanya proses pembuatan PT (Perseroan Terbatas) tidaklah mudah. Beragam persyaratan wajib dipenuhi untuk beroleh perusahaan yang legal.

Dalam prakteknya, banyak pebisnis yang justru menemui rintangan ketika mengurus pendirian perusahaan.

Nah, selanjutnya ini adalah beberapa rintangan yang sering berjalan ketika mendirikan PT.

1. Modal.

Ketidaktahuan kuantitas modal dasar yang dibutuhkan kala mengakibatkan PT sanggup jadi hambatan. Sesuai UU Nomor 40 Tahun 2007, modal awal sedikitnya sebuah PT adalah Rp 50 Juta, dan pebisnis wajib menyetor 25 % dari dana tersebut.

Namun, ketetapan selanjutnya sudah diperbarui lewat PP Nomor 29 Tahun 2016. Sehingga modal awal bisa disesuaikan dengan kesepakatan para Pendiri.

2. Bidang Usaha.

Biasanya, pebisnis pemula sering bingung menentukan bidang usaha yang dambakan digelutinya. Bidang selanjutnya nantinya wajib sanggup dikategorikan dalam KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).

Dan terkecuali masuk dalam cakupan KBLI, maka pengurusan Izin dan dokumen legal perusahaan pun dapat jadi lebih mudah.

3. Nama.

Anda barangkali mengira bahwa mengakibatkan nama perusahaan adalah perkara yang mudah. Nyatanya, banyak pebisnis wajib menahan kecewa dikarenakan nama PT yang diajukannya ternyata ditolak.

Nah, untuk urusan penamaan, Anda sanggup mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011, perihal Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama PT.

4. Dokumen.

Ada banyak dokumen penting yang dibutuhkan sebagai syarat dari pendirian PT. Beberapa diantaranya adalah KTP, KK, NPWP, IMB, Surat Keterangan Domisili, Surat Sewa, dan terhitung bukti pelunasan pajak PBB terakhir.

Untuk itu, siapkanlah semua dokumen-dokumen selanjutnya untuk memperlancar proses pembuatan perusahaan Anda.

5. Izin Domisili Usaha.

Kejelasan alamat kantor dalam SKDP biasanya jadi persoalan bagi pebisnis kecil atau Startup yang belum memiliki kantor resmi.

Tapi Anda tak wajib khawatir, dikarenakan kini sudah ada jasa Virtual Office yang menyewakan alamat formal kantor, sehingga Anda sanggup mengurus izin domisili usaha. Salah satunya adalah Jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt jakarta murah. Kami siap mendukung pengurusan Izin Pembuatan PT Anda.

6. Waktu.

Untuk mendirikan sebuah PT, memerlukan kala yang lumayan lama. Untuk pembuatan Akta Pendirian PT dan penerbitan SK Kementerian Hukum dan HAM saja sanggup memakan kala beberapa hari. Bayangkan, terkecuali Anda wajib mengurus pendirian itu sendiri, pasti dapat semakin lama.

Itulah sebabnya mengapa Biro Jasa Pembuatan PT biasanya mematok kala kurang lebih 30 hari sampai perusahaan klien berdiri secara legal.

Demikian tadi beberapa rintangan yang biasa dialami pebisnis kala mengakibatkan PT. Alangkah baiknya tiap-tiap pebisnis mencermati hal-hal di atas, sehingga nantinya proses pendirian perusahaan yang diimpikan sanggup berjalan tanpa hambatan.