Kenapa hasil cetak banner jadi pecah dan tidak jelas

Tips Trik

Spanduk dan banner merupakan salah satu media yang bisa dijadikan sebagai media promosi indoor dan outdoor untuk bisnis kita.

Melalui media ini kita bisa menyampaikan pesan iklan kepada calon konsumen sampai mereka mengetahui dan mengerti layanan yang kita tawarkan.

Hanya saja, terkadang hasil print banner tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Mulai dari gambar yang tidak jelas alias blur, banyak bintik-bintik dan lain sebagainya. Dan itu sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal yang sangat sepele.

Padahal jika diatasi dengan benar sejak awal, tentu ini bisa dihindari.

Beberapa penyebab umum gagalnya hasil cetak banner dibeberapa percetakan adalah file desain yang tidak sesuai serta percetakan yang tidak berpengalaman.

Mari kita bahas lebih detail

File desain

Perlu diketahui bahwa file desain yang akan dicetak haruslah memiliki format tertentu.

Biasanya berupa file dengan format warna CMYK dan resolusi setidaknya 180-200 dpi untuk cetak banner dan 300 dpi untuk cetak baliho dan media outdoor yang lebih besar.

Jika anda tidak ingin hasil print banner gagal, maka cobalah untuk memperhatikan beberapa hal yang kami sebutkan diatas. Jika anda tidak mampu membuat desain sendiri, sebaiknya serahkan langsung pada percetakan agar hasilnya maksimal.

Percetakan

Penyebab gagalnya hasil cetak banner juga disebabkan oleh percetakan. Ini bisa dilihat dari kurangnya komunikasi antara pemesan dan percetakan.

Seharusnya, jika kualitas gambar yang dikirimkan ke percetakan tidak memenuhi standar percetakan, sebaiknya mereka menghubungi konsumen. Sehingga bisa dilakukan perbaikan sebelum desain tersebut dicetak.

Pada intinya, kualitas desain yang dibuat akan berdampak sangat signifikan pada hasil print banner anda. Sehingga harus memberikan perhatian lebih pada bagian ini.

Untuk memastikan kesalahan diatas tidak anda lakukan, ada beberapa tips simple yang mungkin bisa anda perhatikan.

Pertama, serahkan proses desain pada ahlinya.

Ini tidak saja berlaku ketika anda ingin cetak banner, tapi juga saat ingin cetak stiker. Jangan tergiur oleh harga cetak stiker yang sangat murah. Banyak pemula yang terlena pada bagian ini.

Kedua, hindari mengirimkan file desain menggunakan whatsapp. Karena file yang dikirimkan melalui whatsapp secara otomatis akan dikompress oleh whatsapp sehingga mengurangi kualitas.

Ketiga, Sebaiknya Tanya standar gambar di percetakan, ini dilakukan jika anda melakukan desain sendiri atau membayar orang lain diluar percetakan untuk mendesainnya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar proses cetak banner hasilnya bagus, tidak pecah, blur dan kekurangan lainnya.