20/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh ban bridgestone

3 min read

Perlu diketahui beberapa keunggulan ban Bridgestone, karena akan mempengaruhi kenyamanan berkendara. Bridgestone sendiri merupakan ban yang terkenal dengan kualitasnya. Ban besutan pabrikan asal Jepang ini juga memiliki banyak keunggulan, di antaranya daya cengkeram dan daya tahan yang baik.

Seperti yang kita ketahui bersama, ban Bridgestone dapat memberikan stabilitas yang cukup untuk kendaraan. Jarak pengereman juga dikatakan lebih dekat dengan penggunaannya. Namun yang lebih penting, ban Bridgestone memiliki beberapa keunggulan yang membuat pemilik mobil semakin menyukainya.

Kelebihan ban Bridgestone

Teknologi yang digunakan ban Bridgestone tentunya tidak lepas dari keunggulan yang diberikannya. Oleh karena itu, pengemudi menjadi lebih percaya diri saat menggunakan ban tersebut. Selain itu, ban Bridgestone tetap bisa memberikan grip yang baik meski dalam kondisi basah.

Untuk informasi lebih detail mengenai kelebihan ban Bridgestone, silahkan simak komentar di bawah ini.

  1. Hemat bensin

Menurut ulasan dari situs liputan.co, Salah satu pilar produsen ban Bridgestone adalah kemampuannya dalam menghemat bahan bakar. Ya, ini bukan fiktif, apalagi ban Bridgestone Ecopia bisa dipasang di berbagai mobil low MPV.

Ban terbuat dari teknologi komposit Nano Pro Tech, yang dapat mengurangi koefisien rolling resistance dengan mengurangi kehilangan energi di bagian atas material komposit saat ban berputar.

Pabrikan mengklaim bahwa, dibandingkan dengan ban Bridgestone lainnya, Bridgestone Ecopia secara khusus menjanjikan peningkatan efisiensi bahan bakar sebesar 3%. Masalah aliran juga sangat efektif dalam memecah genangan air, sehingga cocok digunakan di negara dua musim.

  1. Dapat diandalkan di dua musim

Jika Indonesia tidak bisa menghasilkan ban yang kuat dalam dua musim, itu bukan Bridgestone.

Rahasianya terletak pada desain alur yang disematkan pada ban tersebut. Dilihat dari tampilannya, ban ini memiliki celah alur yang lebar, sehingga efektif memecah genangan air dan mencegah selip saat musim hujan.

Pada saat yang sama, di musim panas, kandungan silika di alur dan bentuk blok segitiga dapat menjaga stabilitas, dan traksi ban tidak mudah tergelincir. Selain itu, karena permukaan kontak tanah yang rata (FCP), deformasi atau keausan ban dapat dengan mudah dikurangi, sehingga meningkatkan masa pakai ban.

  1. Lebih stabil ketika menikung

Selain itu, ban Bridgestone juga aman saat diajak meratakan tikungan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Apalagi jika menggunakan ban Bridgestone Potenza. Karena rahasianya terletak pada alur yang dibuat oleh pabrikan.

Keunggulan ban Bridgestone adalah desain tiga alur dan dua tulang dalam. Sehingga pada saat berbelok dapat menjaga traksi ban sekaligus meningkatkan tingkat kestabilan karena mampu menahan gaya lateral saat berbelok pada kecepatan sedang dan tinggi.

  1. Jarak pengereman yang baik

Selain beberapa jenis ban, Bridgestone juga memiliki ban yang menjamin efek pengereman yang baik.

Ban Bridgestone Techno ini cocok untuk mobil hatchback, terutama ban yang dilengkapi turbocharger. Tentunya selain membutuhkan stabilitas ban yang tinggi juga harus mampu memperpendek jarak pengereman.

  1. Tahan lama

Ban Bridgestone tipe Ecopia juga memiliki keunggulan lain, yakni mampu bertahan hingga 75.000 kilometer penggunaan atau rentang 2,5 hingga 3 tahun. Bukan tidak beralasan jika pabrikan berani melontarkan klaim tersebut, karena ban Ecopia ini sudah diuji ribuan kilometer di berbagai jalan sebelum diluncurkan.

Tapi ingat, umur ban yang panjang bukan tanpa perawatan. Pemilik ban juga harus merawatnya, mulai dari memutar ban secara teratur dan menjaga tekanan ban dalam kondisi normal, hingga rajin membersihkan batu-batu kecil yang menempel di lekukan ban.