11/08/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Karakteristik Teks Cerita Inspiratif & Fungsi Teks Cerita Inspiratif Adalah?

3 min read

 

Ciri-ciri Teks Cerita Inspirasi dan Fungsinya – Menurut KBBI, Teks Inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai inspirasi, ide atau gagasan untuk meningkatkan semangat mencapai tujuan yang diinginkan.

Dalam kisah-kisah inspiratif, terkandung nilai-nilai dewasa. Melalui nilai inilah banyak orang tergerak hati atau intuisinya ketika membaca teks cerita inspiratif.

Juga, melalui teks cerita inspirasional ini, seseorang menjadi termotivasi dengan membaca teks tersebut. Oleh karena itu, isi utama dari cerita motivasi adalah materi pembelajaran.

Menurut Praptomo (2017), pakar kasus tersebut, mengatakan bahwa kisah inspiratif datang dari masa lalu seseorang, yang dalam hal ini berarti pengalaman orang tersebut, diceritakan dalam format yang menarik.

Melalui bentuk mendongeng inilah tujuan dan fungsi teks cerita motivasi yang disampaikan dalam konteks ini adalah untuk menggugah atau mencerahkan pembaca.

Selain itu telah dijelaskan pula bahwa cerita inspirasional adalah cerita tentang peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan cerita inspirasional.

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal

Oleh karena itu, tidak jarang teks cerita inspiratif menjadi media dalam dunia pendidikan, mendekatkan diri dengan lingkungan siswa di sekolah, untuk mengenal lingkungan dan dirinya sendiri dengan membuat teks cerita inspiratif dari lingkungan.

Banyak orang mencari cara untuk membuat teks cerita inspiratif dan contoh teks cerita inspiratif yang banyak tersedia di internet.

Namun, bagi penulis sendiri, akan lebih baik lagi jika teks cerita inspiratif ini dapat dikatakan inspiratif jika dapat menceritakan kebenaran tentang kehidupan sehari-hari siswa.

Karena itulah tujuan teks cerita inspiratif dalam pendidikan Indonesia. Selain itu, melatih siswa untuk menulis teks cerita yang bagus dan menarik, yang walaupun kelihatannya sederhana, sangat sulit karena hanya penulis dan orang dewasa yang merasakan kesulitannya.

Melalui hal tersebut, penulis akan menginformasikan tiga hal berikut, yaitu struktur teks cerita inspirasional, fungsi teks cerita inspirasional, dan ciri atau ciri teks cerita inspirasional. Penjelasannya adalah:

Bagaimana struktur teks cerita motivasi?

Menurut strukturnya, teks cerita motivasi pada dasarnya diawali dengan bagian abstrak yang memuat latar belakang cerita yang diajukan. Selanjutnya adalah fase orientasi.

Struktur teks cerita inspirasional ini meliputi setting yang memperkenalkan tokoh, latar, waktu, ruang, dan suasana. Setelah bentuk terarah, urutan ketiga mengikuti, komplikasi.

Maksud atau isi dari tahap ini adalah rangkaian peristiwa yang mengarah pada cerita. Selanjutnya adalah tahap evaluasi, yang biasanya melibatkan konflik cerita, atau klimaks cerita.

Setelah konflik terjadi, fase resolusi menyajikan penyelesaian konflik yang telah terjadi, dan pada fase terakhir, bagian penutup sebagai bagian terakhir dari cerita, menyajikan pesan atau pesan moral yang akan disampaikan pengarang kepada pembaca. .

Apa peran teks cerita inspirasional?

Dari kompleksitas struktur teks cerita inspirasional, fungsi yang diperoleh dengan menulis teks cerita inspirasional juga luar biasa. Fungsi teks cerita inspirasional adalah untuk menginspirasi pembaca dan pendongeng.

Selain bersifat inspiratif, fungsi teks cerita inspiratif tidak sebatas pada hal-hal yang lucu atau menghibur, membuat penonton tertawa, tetapi juga harus memperhatikan nilai edukasinya. Oleh karena itu, fungsi teks cerita inspiratif adalah menghibur sekaligus mendidik.

Apa ciri-ciri teks cerita inspirasional?

Berdasarkan penjelasan di atas dan data yang dikumpulkan oleh penulis, penulis merangkum ciri-ciri teks cerita inspirasional:

  1. Mengandung makna yang dalam, dan tentunya juga menyentuh hati masyarakat.
  2. Beritahu seseorang
  3. Sebagai panduan motivasi dalam bentuk teks
  4. Pesan moral yang bisa kita petik dari cerita ini
  5. Gaya bahasanya mudah dimengerti

Untuk memahami ciri-ciri teks cerita inspirasional dan fungsi teks cerita inspirasional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Itu saja, terima kasih. Salam berbagi teman.