25/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Persyaratan Pembuatan Izin Usaha Wisata Perjalanan

2 min read
Izin Usaha Wisata Perjalanan

Izin Usaha Wisata Perjalanan – Covid 19 di Indonesia menunjukkan angka penurunan yang sangat positif untuk perkembangan bisnis di sektor pariwisata seperti Biro Perjalanan Wisata, konsultan pariwisata, MICE, dan usaha restoran.

Membuka kembali peluang yang sebelumnya telah mati akibat virus dan banyak ditinggalkan oleh pebisnis di sektor wisata.

Jika Anda berminat untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata di bidang travel ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Oleh karena itu disini kita akan membahas tentang beberapa persyaratan dan ketentuan untuk mendirikan agen perjalanan paket wisata atau travel.

Izin Usaha Wisata Perjalanan

Izin Usaha Wisata Perjalanan adalah perizinan yang diperlukan untuk setiap pelaku bisnis yang bergerak di bidang pariwisata.

Untuk mengajukan izin ini Anda dapat mengajukan ke lembaga OSS sebuah lembaga pemerintah yang mengurus perizinan usaha baik komersial maupun non komersial.

Dengan memiliki izin sah dari lembaga tersebut akan mendapatkan beberapa manfaat seperti legalitas dan sekaligus menjadi sarana sponsor utama mendapatkan kepercayaan mitra usaha.

Persyaratan Pengurusan Izin Usaha Pariwisata

Menurut Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.85/HK.501/MKP/2010 Pasal 6 Ayat 1. untuk bisnis di bidang travel harus berbentuk badan hukum CV atau PT.

Adapun beberapa syarat administratif yang harus dipenuhi untuk mendapatkan surat izin usaha pariwisata yaitu:

  • Akta Perseroan Terbatas (Khusus Travel)
  • NPWP Perusahaan
  • Domisili Perusahaan
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  • Surat Izin Usaha Pariwisata
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Surat Izin Tetap atau Sementara untuk menjadi anggota ASITA

Selalu optimis bahwa sektor pariwisata di Indonesia nantinya akan pulih dan masih menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan banyak keuntungan.

Untuk itu dibutuhkan RIPPARDA yang merupakan susunan perencanaan pembangunan wisata yang disusun sedetail mungkin dalam upaya pengembangan sektor pariwisata daerah.

Jika Anda sedang mencari mitra bisnis di bidang pariwisata insanwisata.com yang bergerak di bidang konsultan pariwisata dan RIPPARDA siap menjadi mitra yang berkelanjutan untuk mewujudkan mimpi pembangunan sektor wisata yang menjajakan.