29/01/2023

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

ilmuwan terbesar abad ke-20 | satuviral.com

2 min read

Satu Viral – Albert Einstein adalah seorang fisikawan, matematikawan, dan filsuf asal Jerman yang lahir pada 14 Maret 1879 dan meninggal pada 18 April 1955. Ia merupakan salah satu ilmuwan terbesar abad ke-20 dan diakui sebagai salah satu fisikawan terhebat dalam sejarah. Ia dikenal karena teori relativitas umumnya yang mengubah cara kita memahami ruang dan waktu, serta kontribusinya pada fisika kuantum dan mekanika kuantum.

 

Einstein memulai kariernya sebagai ilmuwan pada tahun 1902 saat ia bekerja sebagai teknisi di Kantor Paten Swiss. Namun, ia terus mengejar kariernya dalam ilmu pengetahuan dan mulai menulis artikel ilmiah pada tahun 1905, yang dikenal sebagai “Tahun Miraculous” Einstein, karena ia menerbitkan empat artikel yang akan mengubah dunia ilmu pengetahuan.

 

Pada tahun 1905, Einstein menerbitkan artikel yang menjelaskan teori relativitas umumnya, yang menyatakan bahwa ruang dan waktu relatif dan bahwa gravitasi merupakan gejala dari warping ruang-waktu. Teori ini mengubah cara kita memahami dunia fisik dan menyebabkan perubahan besar dalam fisika teoretis.

 

Pada tahun 1915, Einstein menyelesaikan teori relativitas umumnya dan menunjukkan bahwa benda-benda yang bergerak dengan kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya akan mengalami kontraksi panjang dan penyimpangan waktu. Teori ini diuji dan dibuktikan melalui berbagai eksperimen dan menjadi dasar bagi ilmu fisika modern.

 

Selain teori relativitas, Einstein juga membuat kontribusi besar pada fisika kuantum. Pada tahun 1905, ia menyatakan bahwa cahaya dapat dianggap sebagai partikel atau gelombang, yang dikenal sebagai “efek fotolistrik”, yang menjadi dasar bagi teori kuantum elektromagnetik. Pada tahun 1917, ia mengusulkan teori kuantum mekanika yang menjelaskan bagaimana partikel subatomik berperilaku.

 

Einstein juga terlibat dalam berbagai aktivitas sosial dan politik. Ia menentang perang dan imperialisme, dan menjadi aktif dalam gerakan perdamaian. Ia juga menentang penindasan rasial dan antisemitisme, dan menjadi pendukung hak asasi manusia. Pada tahun 1933, Einstein meninggalkan Jerman karena kebangkitan Nazi dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1940.

 

Einstein diakui sebagai salah satu ilmuwan terbesar dalam sejarah dan menerima berbagai penghargaan dan pengakuan atas kontribusinya pada ilmu pengetahuan. Ia menerima Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1921 karena kontribusinya pada efek fotolistrik. Ia juga menerima berbagai penghargaan lainnya, termasuk Medali Franklin, Medali Copley, dan Medali Max Planck.

 

Secara keseluruhan, Einstein diakui sebagai salah satu ilmuwan terbesar abad ke-20 dan kontribusinya pada fisika teoretis dan kuantum telah mengubah cara kita memahami dunia di sekitar kita.