25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Harga Dan Spesifikasi Realme 3

3 min read

 

Realme 3 merupakan ponsel dengan kapasitas 4230mAh dan layar 6,2 inci, dilengkapi dengan kamera belakang 13+2MP, kerapatan piksel 27ppi, resolusi layar 720 x 1520 piksel, bobot 175g, dan delapan -prosesor inti. Tanggal rilis Realme 3: Maret 2019.

Realme kembali merilis smartphone terbarunya, realme 3. Meski entry level rendah, keunggulan realme 3 tidak kalah dengan kompetitor. Baca lebih lanjut tentang realme HP ini.

Spesifikasi realme 3 di Indonesia

  • Tanggal rilis: Maret 2019
  • Layar: 6,2 inci
  • Resolusi layar: 720 x 1520 piksel, rasio 19:9 (kepadatan ~270 ppi)
  • Sistem operasi: Android 9.0 (Pie), direncanakan untuk ditingkatkan ke Android 10.0; sistem operasi berwarna 6
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • CPU: Delapan inti (4×2,0 GHz Cortex-A73 & 4×2,0 GHz Cortex-A53)/(4×2,1 GHz Cortex-A73 & 4×2,0 GHz Cortex-A53)
  • Memori: RAM 32GB 3GB, RAM 64GB 3GB, RAM 64GB 4GB
  • Penyimpanan eksternal: microSDXC
  • Kartu SIM: kartu ganda (Nano-SIM, dual standby)
  • Berat: 175 gram
  • Kamera belakang: kamera ganda, 13 MP, f/1.8, 1/3.1″, 1,12µm, PDAF, 2MP (sensor kedalaman), fungsi night view
  • Kamera depan: 13 MP, f/2.0, (sudut lebar), 1/3,1″, 1,12µm
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Fitur: sidik jari (belakang), ruang permainan, buka kunci wajah, mode berkendara
  • Varian warna: hitam, hitam dinamis, biru cerah, merah berlian

Kelebihan realme 3

Desain Compact dan Minimalis

Realme 3 mengadopsi konsep one-piece moulding yang modern. Dirilis pada tahun 2019, HP realme ini ditujukan untuk pasar entry-level, dengan desain yang indah dan fitur yang kaya.

Dengan harga HP realme yang terjangkau saat ini, ponsel ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu dynamic black dan bright blue. Ponsel ini memiliki ukuran layar 6,2 inci, resolusi HD+ dan teknologi IPS, sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama.

Performa yang Mumpuni

Meski masuk dalam kelas harga bujet, performa HP ini dibekali chipset Helio P60. Dengan kartu grafis yang mumpuni, performa ponsel realme ini memang di atas rata-rata. Sangat cocok untuk mengakses beberapa aplikasi sekaligus bermain game ringan. Ini juga mendukung varian RAM dari 3 GB hingga 4 GB dan memori internal hingga 64 GB.

Daya Tahan Baterai yang Maksimal

Dari segi daya tahan baterai, patut disebutkan ponsel ini dibekali baterai berkapasitas super 4230 mAh yang mendukung spesifikasi ponsel ini.

Dual-Camera yang Canggih

Kamera ganda belakang memiliki resolusi 13MP+2MP. Hasil jepretan foto tidak hanya jernih, namun kontrasnya juga paling baik di antara ponsel sejenis. Sementara itu, bagi Anda yang hobi berfoto selfie, kamera selfie ponsel realme ini dibekali lensa 13MP yang dilengkapi berbagai fungsi untuk menghasilkan efek selfie terbaik.

Kamera ini memiliki dua fungsi keren, yaitu night scene dan chroma enhancement, cocok untuk penggemar fotografi mobile. Foto yang menggunakan fungsi ini lebih jernih, lebih sedikit noise, dan memiliki detail yang lebih kaya.

Kekurangan HP realme 3

Menggunakan Port Micro USB

Jika ponsel lain sudah menggunakan USB Type C untuk mendukung koneksi dan kecepatan pengisian, realme ini tidak mendukungnya. HP realme 3 hanya terhubung ke port micro USB. Cukup mengecewakan.

Pengisian Baterai Belum Mendukung Fast Charging

Meski dibekali baterai berkapasitas 4230 mAh, sangat disayangkan ponsel realme ini tidak dibekali teknologi fast charging. Ponsel ini merupakan salah satu dari sekian banyak ponsel yang dilengkapi dengan baterai besar namun tidak dapat mengisi daya dengan cepat.

Tidak tahan Air dan Debu

Salah satu aspek yang paling disesalkan dari seri realme ini adalah tidak tahan air dan tahan debu. Realme 3 tidak memiliki sertifikasi IP untuk tahan air dan tahan debu.

Pertanyaan Seputar HP realme 3

Berapa lama charger realme 3?

Dibutuhkan sekitar 2 jam 30 menit untuk mengisi penuh HP realme 3. Waktu pengisian yang lama disebabkan oleh baterai 4230mAh yang besar.

Perbedaan realme 3 dan 3 Pro

Ketika produsen ponsel pintar merilis ponsel pintar, mereka biasanya merilis beberapa seri seperti Pro dan Plus untuk ponsel Samsung. Meski masuk dalam seri yang sama, namun spesifikasi yang ditawarkan biasanya berbeda-beda berdasarkan kategori, termasuk merek realme.

Resolusi yang Berbeda

Ukuran layar kedua smartphone ini berbeda. Tidak hanya ukuran, resolusi yang digunakan juga berbeda, 3 Pro dibekali dengan resolusi Full HD+ dan proteksi Corning Gorilla Glass 5, sedangkan versi reguler masih menggunakan resolusi HD+ dan proteksi Gorilla Glass 3.

Chipset yang Digunakan Juga Berbeda

Sebagai versi dasar, ponsel ini dilengkapi dengan chipset kelas menengah MediaTek Helio P60, dan versi Pro dilengkapi dengan prosesor delapan inti Qualcomm Snapdragon 710 untuk kinerja yang lebih cepat. Sementara itu, untuk memori internal dan RAM, varian yang disediakan juga sangat beragam.

Kamera 3 Pro yang Lebih Unggul

Di bidang kamera, 3 Pro memiliki kamera yang lebih kompleks dari versi sebelumnya. Kamera ganda 16MP dan 5MP yang dipasang di belakang, efek kameranya cukup baik, terutama saat mengambil foto selfie dengan kamera depan 25MP.

Meski kamera 13MP dan 2MP masih mendukung realme 3 yakni kamera ganda dan kamera selfie 13MP. Sebagai pilihan pertama untuk ponsel pintar, karena harganya yang cukup terjangkau, kualitas kamera ponsel ini juga bagus.

Sumber : aekbila.com