28/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Harapan untuk Memperluas Gaya Hidup Hemat Air

1 min read

Kalangan pelaku industri dan masyarakat sama-sama mempunyai harapan untuk memperluas model hidup hemat air agar ketersediaan air bersih tetap tetap terjaga. Pesan ini mengemuka saat Lotte Foundation bekerja serupa dengan Rumah Zakat (RZ) meluncurkan program pembangunan sarana air bersih atau water well, kemarin.

Ihwal air bersih yang masuk didalam program layanan sanitasi bagi masyarakat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) didalam catatannya tunjukkan bahwa pada 2019 target berikut baru terpenuhi 100 persen.

Dana yang dibutuhkan capai Rp 380 triliun. Program yang digelar adalah Program Percepatan Pembangunan Sanitasi (PPSP) dan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK). Pada perwujudannya, tiap tiap kabupaten/kota kudu menyusun SSK.

Kini berasal dari 520 kabupaten/kota, yang sudah miliki SSK baru 349 kabupaten/kota. Saat ini baru tersedia 224 kabupaten/kota yang sudah mendeklarasikan peduli sanitasi. Pemerintah kabupaten/kota itu dapat mengalokasikan dananya sebesar 2 % berasal dari anggaran.

Sementara itu, pada program kali ini, Lotte Foundation dan RZ membangun lima sarana air bersih pada lima wilayah yang berbeda dengan Water Meter BR, yaitu Gandaria, Taman Surya, Kuningan City, Kelapa Gading, dan Pakuwon Surabaya. Dalam peluang yang sama, Lotte Foundation terhitung menggelar layanan kebugaran gratis yang diikuti oleh 200 penerima manfaat. Tidak cuma itu, penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat oleh tim Medis RZ digelar pada peluang ini.