28/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Faktor Penting Dalam Pengoperasian Turbine Flow Meter

1 min read
Untuk memperoleh hasil output yang maksimal dari turbine flow meter maka terdapat beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan, misalnya saja aliran yang sangat rendah dapat mempengaruhi hasil bacaan pada sensor karena karena adanya hambatan pada rotor (gaya dorong yang kurang). Sebaiknya jangan mengoperasikan meter turbin dalam kecepatan tinggi karena dapat menyebabkan keausan dini pada bantalan, atau bahkan dapat memicu kerusakan.
Perlu juga diketahui bahwa jenis cairan tertentu dapat menjadi pelumas bagi bantalan, misalnya saja minyak. Namun apabila cairan yang dialirkan tidak mendukung terjadinya pelumasan maka sebaiknya kita waspada terhadap keausan bantalan, karena keausan bantalan dapat menurunkan akurasi. Dalam beberapa aplikasi, penggantian bantalan secara rutin perlu untuk dilakukan namun tentu juga akan meningkatkan biaya perawatan.
Aplikasi untuk cairan kotor sebaiknya dihindari, terlebih bila cairan tersebut korosif karena dapat merusak bantalan. Singkatnya, Kalibrasi Flow Meter memiliki komponen yang bergerak yang dapat mengalami degradasi seiring waktu penggunaan.
Selain itu, adanya transisi cairan dari cair ke gas secara mendadak harus dihindari karena secara mekanis dapat menekan flow meter, menurunkan akurasi, dan bahkan dapat merusak flow meter. Kondisi ini biasanya terjadi ketika mengisi pipa dan di bawah kondisi slug flow (aliran siput). Kondisi aliran dua fase juga perlu dihindari karena bisa menyebabkan turbine flow meter menghasilkan output yang tidak akurat.