Deretan 5 Gunung di Indonesia yang Tergolong Aktif

Info Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Gunung Rinjani di Lombok

Jumlah wisata gunung di Indonesia sangatlah banyak jenisnya. Negara Indonesia mempunyai kurang lebih sebanyak 400 jenis gunung dan juga pegunungan. Namun dari jumlah tersebut sekitar 127 gunung tergolong aktif. Apakah Anda ingin mengetahui beberapa gunung yang tergolong aktif di Indonesia? Simak ulasan berikut.

  • Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat

Bentang alam yang satu ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan salah satu highest mountains in Indonesia. Tinggi dari gunung ini adalah 3.762 mdpl. Secara administratif, Gunung Rinjani terletak di Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat.

Puncak Rinjani merupakan puncak yang banyak dipilih pendaki karena keindahan yang disuguhkan oleh gunung ini. namun perlu diingat bahwa gunung ini termasuk kedalam gunung aktif di Indonesia. Gunung ini memiliki Gunung Barujari yang menyebabkan banjir lahar dingin pada tahun 1994.

  • Gunung Gamalama di Maluku Utara

Gunung Gamalama terletak pada Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Gunung Gamalama memiliki ketinggian sebesar 1.715 mdpl. Gunung ini ditutupi dengan Hutan Montane pada ketinggian 1.200 hingga 1.500 m. Serta Hutan Ericaceous pada ketinggian lebih dari 1.500 m.

Gunung Gamalama mengalami erupsi pertama kali pada tahun 1538. Dan semenjak itu, sudah mengalami erupsi lebih dari 60 kali. Empat dari sekian banyak erupsi gunung ini menjatuhkan korban jiwa. Namun korban jiwa terbanyak terjadi pada tahun 1775.

  • Gunung Kerinci di Jambi dan Sumatera Barat

Gunung di Indonesia yang tergolong aktif selanjutnya yaitu Gunung kerinci. Gunung ini mempunyai nama lain yang biasa disebut dengan Gunung Gadang. Gunung ini disebut sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia dan puncak tertinggi di Indonesia. Puncak dari gunung ini memiliki nama Puncak Indrapura. Gunung ini terletak pada perbatasan antara Provinsi Jambi dan Sumatera Barat.

Gunung Kerinci ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Pemandangan yang sangat luas dapat terlihat di puncak gunung ini. Sebagai gunung berapi, gunung ini pertama kali meletus pada tahun 1838. Dan terakhir mengalami erupsi pada tahun 2019 tepatnya pada 31 Juli 2019.

  • Gunung Rokatenda di Nusa Tenggara Timur

Gunung Rokatenda dapat disebut juga sebagai Gunung Paluweh. Gunung ini terletak di Pulau Palu’e, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 875 mdpl. Sebagai gunung berapi, gunung ini tergolong kedalam gunung tipe strato atau kerucut. Dimana letusannya akan terjadi secara terus menerus dan bergantian.

Gunung ini mengalami letusan terhebat pada tahun 1928, tepatnya pada 4 Agustus hingga 25 September 1928. Dengan ini mengakibatkan terjadinya tsunami dan kemudian disusul gempa vulkanik. Letusan selanjutnya terjadi pada tahun 1985, kemudian 2005 dan yang terakhir 2013. Namun gunung ini aktif hingga saat ini.

  • Gunung Sinabung di Sumatera Utara

Gunung Sinabung merupakan salah satu gunung di Indonesia yang berada di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung ini disebut dengan gunung tertinggi di Indonesia dengan tinggi 2.460 meter. Gunung Sinabung ini tercatat tidak pernah meletus sejak tahun 1600 M.

Namun pada tahun 2010, tepatnya 27 Agustus 2010 gunung ini mendadak dinyatakan aktif dan meletus. Semenjak itu, Gunung Sinabung tercatat sering mengalami erupsi. Terakhir erupsi pada 2 Maret 2021 dengan tinggi kolom abu melebihi 5000 meter.

Itulah beberapa gunung di Indonesia yang tergolong masih aktif. Walaupun tergolong aktif, namun deretan gunung tersebut mempunyai keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tidak heran apabila tempat ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tempat wisata alam.