Daun Ketepeng Atasi Kurap Dan Panu

Kesehatan|Lifestyle|TipsTrik

Kemampuan Daun Ketepeng Dalam Mengatasi Kurap Dan Panu – Kurap dan panu merupakan masalah kulit yang biasa disebabkan oleh jamur bernama trichophyton, epidermophyton, dan microsporum (penyebabkurap), jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale (penyebab panu).

Jamur atau fungi tersebut menginfeksi kulit luar kamu dan tumbuh menyebar, walau masalah kulit satu ini bukan tergolong berbahaya, namun kehadiranya tidak di inginkan. Terlebih lagi jika keberadaan kurap dan panu berada di area terbuka seperti wajah, leher dan tangan. Tentunya hal ini bisa membuat kepercayaan diri menurun dihadapan banyak orang.

Mengapa? Hal ini dikarenakan kurap dan panu menimbulkan jejak alias bentuk yang buruk pada kulit, kulit yang terinfeksi kurap akan menjadi kering, bersisik, ruam lingkaran serta akan terasa gatal saat basah dan berkeringat. Dan sedangkan panu akan menimbulkan ruam belang putih dengan ukuran beragam.

Kurap dan panu sebenarnya bisa diatasi dengan mudah tanpa harus berobat ke dokter, namun perlu kamu ingat masalah kulit satu ini sangat mudah menular atau ditularkan kepada orang lain, baik itu melalui kontak langsung (sentuhan kulit) ataupun menggunakan barang yang sama, seperti memakai baju dan handuk yang sama.

Untuk itu jika teman kamu mempunyai masalah panu dan kurap yang berlebihan, hindari penggunaan barang yang sama. Dan jika kamu yang mengalaminya bainya cepat disembuhkan.

Kurap dan panu bisa disembuhkan dengan cara yang lebih alami, tanpa harus kedokter, karena ada banyak tanaman yang mampu mengatasinya.

Salah satu tanaman yang bisa mengatasi masalah kulit tersebut ialah tanaman ketepeng atau kaskado. Tanaman satu ini merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di semak-semak, tepian sungai, rawa-rawa dan persawahan.

Daun ketepeng mengatasi kurap panu

Ketepeng mengatasi kurap dan panu – Pemanfaatan tanaman satu ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi beberapa masalah luar tubuh, selain itu ketepeng juga sering diolah menjadi obat salep untuk mengatasi beberapa masalah kulit lainya seperti kudis, gatal-gatal, sariawan dan kutu air.

Kemampuan tanaman satu ini dalam mengatasi masalah kurap dan panu didasari dengan adanya kandungan senyawa yang bersifat antifungi, antibakteri, antimikroba serta antibakteri. Dari beberapa sifat yang terkandung didalamnya tentu bisa kamu gunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit diatas.

Caranya sederhana, cukup ambil beberapa lembar daun ketepeng, lalu tumbuk sampai halus. Setelah halus tempelkan pada kulit yang terdapat kurap dan panu lalu tutup menggunakan perban, kain atau daun ketepeng yang berukuran besar.

Adapun kamu bisa menggunakan bahan tambahan lainya seperti jahe dan lengkuas paru dalam mengatasi masalah panu dan kurap.

Nah itulah kemampuan daun ketepeng dalam mengatasi masalah kurap dan panu, tentunya cara satu ini bisa kamu gunakan sebagai cara tradisional atau cara alternatif. Semoga bermanfaat.

Sumber : Healty99.com