25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Contoh Perlengkapan Musik Gambang Kromong Berasal dari Daerah DKI Jakarta

2 min read
perlengkapan musik Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta

Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta yang digunakan selaku pengiring tari cokek, teater lenong, serta hiburan ataupun kesenian Betawi yang lain. Dalam penggunaannya, Gambang Kromong terdiri atas sebagian berbagai instrumen perlengkapan musik yang menunjang keselarasan pada game perlengkapan musiknya. Apa saja instrumen Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta?

Bila memandang wujudnya, Kromong sebagai salah satu gambang kromong berasal dari daerah Jakarta,berupa semacam Bonang yang terdiri dari 10 gong pecon perunggu ataupun kuningan serta disusun dalam rak kayu 2 baris. Pada rak tersebut ada rak- rak kecil yang digunakan buat menyimpan pecon dengan dilengkapi tali penyangga di bagian dasar.

perlengkapan musik Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta

1. Gambang– Contoh perlengkapan musik Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta yang berbentuk resonator

Gambang merupakan perlengkapan resonator yang menyamai perahu dengan bagian atas yang dipasang bilah- bilah kayu yang berupa persegi panjang. Jumlah bilah Gambang merupakan 18 buah yang dipecah jadi 2 oktaf ataupun gembyang. Nada paling tinggi merupakan siang( c) serta nada terendah merupakan liuh( a). Pada bilah gambang memiliki panjang dekat 29- 58 centimeter serta dikunci mengenakan paku di atasnya supaya tidak goyah.

Metode memainkan perlengkapan musik ini merupakan dengan dipukul dengan memakai 2 kayu yang panjangnya dekat 30- 35 centimeter. Kayu tersebut mempunyai ujung bundar serta berlapis kain dan dipukul dalam 2 tabuhan ialah dilagu serta dicaruk ataupun dikotek.

2. Kromong– Contoh perlengkapan musik Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta yang mirip semacam bonang

Bila memandang wujudnya, Kromong berupa semacam Bonang yang terdiri dari 10 gong pecon perunggu ataupun kuningan serta disusun dalam rak kayu 2 baris. Pada rak tersebut ada rak- rak kecil yang digunakan buat menyimpan pecon dengan dilengkapi tali penyangga di bagian dasar.

Pada masing- masing baris mempunyai 5 gong. Pada baris awal ataupun bagian luar memiliki nada siang– liuh– u– kong– che serta baris kedua ataupun bagian dalam memiliki nada che– kong– siang– liuh– u. Perlengkapan musik Kromong dimainkan dengan metode bertepatan baris luar serta baris dalam dengan mengenakan 2 kayu lonjong yang berbalut kain dalam 3 tabuhan. 3 tabuhan tersebut merupakan dilagu, dikemprang, serta dicaruk.

3. Kong- a- hian, Teh- hian, serta Su- kong– Contoh perlengkapan musik Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta yang mempunyai wujud sama

3 perlengkapan musik ini mempunyai wujud yang sama, cuma saja perbedaannya terletak pada dimensi resonator dan gagangnya pada perlengkapan musik ini. Dimensi sangat kecil merupakan kong- a- hian yang bernada liuh( a) serta che( d), teh- hian bernada siang€ serta liuh( gram), dan su- kong bernada su( a) serta kong( e). Perlengkapan musik ini merupakan instrumen yang dibunyikan dengan digesek memakai tongkat yang bersenar kenur ataupun plastik.

Demikian data lengkap menimpa sebagian berbagai perlengkapan musik yang digunakan pada Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta. Data ini bisa Kamu pakai buat menekuni Gambang Kromong berasal dari daerah DKI Jakarta.